Warna Kabel & Skema Kipas Angin Regency Serta Cara Memperbaiki Saat Rusak

2 min read

skema kipas angin regency

Skema kipas angin regency merupakan bentuk yang menggambarkan suatu susunan baik dari segi body, kelistrikan, ataupun mesin kipas angin. Warna kabel kipas angin regency tornado berbeda-beda dengan fungsi yang berbeda-beda pula. Jika terjadi kerusakan, cara memperbaiki kipas angin regency tornado  hamper sama dengan kipas angin merk lain pada umumnya. Cara pasang kapasitor kipas angin regency juga mudah. Anda hanya tinggal melihat wiring diagram kipas angin.

Warna Kabel & Skema Kipas Angin Regency

Berikut ini adalah warna kabel dan skema kipas regency yang bisa kita amati bersama:

skema kipas angin regency

 

skema kipas angin regency

warna kabel kipas angin regency

 

cara memperbaiki kipas angin regency tornado

judul gambar

Baca Juga: Skema Modul Kipas Angin Remote

Cara Memperbaiki Kipas Angin Regency Tornado

Kipas angin yang rusak tentu diperlukan keterampilan untuk memperbaikinya. Memperbaiki kipas angin tidak dilakukan secara sembarangan. Berbeda tingkatan kerusakan berbeda pula cara penangannya.

Kipas angin Regency Tornado mempunyai berbagai macam keunggulan dibandingkan dengan produk yang lain. Kipas angin ini sudah dilengkapi dengan berbagai macam fitur yang canggih dan juga modern. Selain itu, ini juga mempunyai kualitas yang cukup mumpuni dibandingkan dengan yang lainnya. Spare partnya pun juga mudah untuk ditemukan jika terjadi kerusakan.

Cara Memperbaiki kipas angin regency tornado yang rusak ringan dapat dilakukan dengan mengecek kondisi kipas angin bagian dalam dan bagian luar kipas angin. Pengecekan dapat dilakukan sendiri di rumah dengan cara berikut ini:

  1. Membongkar perangkat kipas angin

Cara memperbaiki kipas angin regency tornado yang pertama adalah dengan membongkar terlebih dahulu perangkat kipas angin regency bagian luar dengan bantuan solder, kunci pas, ataupun obeng.

  1. Mengecek kondisi kapasitor dan dinamo

Kapasitor dan dinamo dapat dilihat apakah ada kotoran yang menempel atau tidak. Jika terdapat banyak kotoran bisa dibersihkan terlebih dahulu dengan menggunakan bensin, oli, ataupun bahan pelumas yang lain.

  1. Mengecek kondisi kapasitor dan Thermostat

Kipas angin yang rusak bisa disebabkan karena kapasitor kipas angin rusak atau sudah tidak layak untuk dipakai. Tanda-tanda kapasitor kipas angin rusak adalah sebagai berikut:

  • Kipas angin berjalan lambat dan hanya mengeluarkan suara dengungan.
  • Perlu bantuan alat atau tangan untuk memancing daun kipas angin agar mau berputar.
  • Kipas Angin mati total

Baca Juga:

Cara Pasang Kapasitor Kipas Angin Regency dengan Simple

Cara pasang kapasitor angin regency relatif mudah. Berikut ini beberapa cara  untuk memulai pemasangan kapasitor kipas angin regency:

  • Bukalah terlebih dahulu mesin pada kipas angin menggunakan alat bantuan obeng.
  • Potonglah kabel pada sambungan terminal baterainya, kemudian singkirkan dulu baterai tersebut.
  • Pasanglah kapasitor baru dan sambunglah dengan kabel yang sudah dipotong tadi.
  • Jangan lupa untuk membungkus kabel sambungan. Anda bisa menyambung kabel dengan menggunakan plaster atau isolatip.
  • Tutuplah mesin kipas angin dan jangan sampai sekrupnya kendor.

Cara memperbaiki kipas angin regency tornado yang mati total memang sedikit berbeda dengan penanganan kipas angin rusak ringan. Penanganan kipas angin regency tornado yang mengalami kerusakan berat dapat dilakukan dengan cara berikut ini:

  1. Bongkarlah terlebih dahulu komponen kipas angin bagian luar dengan alat bantuan seperti obeng atau solder.
  2. Periksalah kondisi kabel jalur listrik AC untuk melihat apakah terdapat goresan dalam kabel tersebut atau tidak.
  3. Periksalah casing dinamo, lihat pada bagian thermo fuse. Normalnya jarum berada pada posisi 0 ohm. Namun jika jarum tidak bergerak sama sekali, maka sebaiknya dinamo segera diganti, karena itu adalah tanda dinamo kipas angin mengalami kerusakan.
  4. Pasang kembali komponen kipas angin yang dibongkar tadi. Kemudian cobalah untuk menyalakan kipas angin. Apabila tidak mau menyala juga, maka kipas angin bisa dikonsultasikan ke tukang servis kipas angin terdekat.

Cara memperbaiki kipas angin regency tornado cukuplah mudah. Namun perbaikan tidak dapat dilakukan dengan sembarangan. Beda tingkat kerusakan, berbeda pula cara penanganannya. Jika sudah diperbaiki, namun masih saja tetap tidak menyala maka perlu dikonsultasikan kepada pihak servis kipas angin.

Baca Juga:

Cara memperbaiki kipas angin regency tornado pada dasarnya sama dengan cara memperbaiki kipas angin biasa yang rusak. Perbedaan kipas angin regency dengan kipas angin biasa terletak pada bagian skema kipas angin tersebut. Kipas angin regency akan menyala lebih kencang dibanding dengan kipas angin biasa.

judul gambar

Leave a Reply

Your email address will not be published.