Cara Memperbaiki Kipas Angin Tanpa Thermofuse

1 min read

Memperbaiki Kipas Angin Tanpa Thermofuse

Bagi Anda yang menggunakan kipas angin di rumah, mungkin Anda pernah mendapati kipas angin Anda rusak. Pada pembahasan kali ini ada cara memperbaiki kipas angin tanpa thermofuse dengan mudah. Langsung saja simak penjelasannya berikut ini.

Memperbaiki Kipas Angin Tanpa Thermofuse

Baca Dulu : Cara Memperbaiki Kipas Angin Miyako KST 18 RC

Memperbaiki Kipas Angin Tanpa Thermofuse

Anda perlu mengecek kondisi thermofuse kipas angin terlebih dahulu. Anda harus menggunakan akat multimeter atau multitester. Berikut merupakan pemaparannya.

  • Pertama, silakan pilih selektor OHM pada multimeter
  • Lalu, lakukan kalibrasi nol pada jarum multimeter
  • Jika sudah, hubungkan probe pada multimeter ke kaki kaki komponen thermofuse. Thermofuse ini tidak ada polaritas pada kaki komponennya
  • Apabila jarum pada multimeter bergerak menunjukkan angka, maka thermofuse tersebut masih bagus dan kondisinya tidak putus. Namun, jika jarum multimeter tidak bergerak, berarti thermofuse tersebut putus.

Jika thermofuse sudah ditemukan terputus, maka Anda harus segera menggantinya. Cara mengganti thermofuse yaitu carilah komponen pengganti yang sama dengan aslinya terlebih dahulu. Perhatikan nilai Ampere dan juga suhu yang tertera di komponen tersebut. Ganti juga dengan nilai yang sama.

Apabila komponen pengganti yang sudah dibeli nilainya lebih kecil atau lebih besar, maka hal tersebut dapat menimbulkan masalah baru. Jadi, pastikan Anda memilih pengganti yang tepat dan sesuai.

Baca Juga :

Apa Itu Thermofuse?

Apa Itu Thermofuse?

judul gambar

Thermofuse adalah suatu komponen listrik yang memiliki fungsi sebagai pengaman apabila terjadi beban daya berlebih (panas) pada kipas. Biasanya thermofuse digunakan untuk mengamankan komponen lainnya agar tidak terbakar atau mengalami kerusakan yang lebih parah.

Letak thermofuse kipas angin biasanya ada di sekitar gulungan coil motor dinamo listrik. Ini dipasang dengan coil supaya dapat benar benar terputus ketika terjadi panas yang berlebih pada kipas. Apabila thermofuse rusak, maka Anda harus mencari pengganti thermofuse kipas angin yang baru.

Thermofuse dan kapasitor dalam kipas angin menjadi komponen yang sangat penting. Cara memperbaiki kipas angin tanpa thermofuse hampir sama dengan cara memperbaiki kipas angin tanpa kapasitor.

Ukuran thermofuse berbeda beda tergantung pada fungsi pengamanan yang sedang dibutuhkan peralatan listrik. Ukuran spesifiknya dari thermofuse yaitu Anda bisa melihatnya pada nilai yang tertulis di bagian bodi komponen. Penggantian komponen thermofuse ini harus sama dengan spesifikasi yang sudah ditentukan sebelumnya oleh pembuat kipas angin.

Sebagai contoh, ada thermofuse memiliki batas suhu hingga 100 derajat celcius, thermofuse kedua memiliki batas suhu 115 derajat celcius dam tegangan 250 V. Lalu, ada juga yang thermofuse dengan spesifikasi batas suhunya 135 derajat celcius dengan tegangan 250 V dan arus listrik 2A.

Harga Thermofuse

Perlu Anda ketahui bahwa thermofuse memiliki harga yang murah dan tidak terlalu mahal. Thermofuse bisa Anda peroleh hanya dengan harga mulai dari 2 ribu hingga 10 ribu rupiah. Harga ini untuk jenis thermofuse berbentuk kotak atau tabung keramik.

Sementara itu, untuk harga tjermofuse dengan bahan logam seperti aluminium, harganya akan sedikit lebih mahal. Anda dapat membeli komponen thermofuse dengan mudah di sejumlah toko peralatan elektronik.

Anda dapat menemukannya di toko elektronik secara offline langsung datang ke toko, atau membelinya secara online.

Ketahui :

Dari uraian di atas, memperbaiki kipas angin tanpa thermofuse sangat sederhana. Anda harus mencari pengganti thermofuse yang baru dengan nilai yang sama. Perlu diingat juga bahwa ketika Anda mencari penggantinya, pilihlah produk yang berkualitas namun dengan harga yang terjangkau.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *