Cara Memperbaiki Kipas Angin Mini yang Tidak Bisa Berputar

1 min read

cara memperbaiki kipas angin mini tidak berputar

Kipas angin beralih menjadi salah satu kebutuhan rumah tangga yang harus ada terlebih di saat musim panas. Selain bentuknya yang praktis, perangkat ini juga tidak menghabiskan banyak daya listrik. Bahkan kini beberapa merek memproduksi kipas mini berdaya baterai. Namun ketika mengalami kerusakan, bagaimana cara memperbaiki kipas angin mini tidak berputar?

cara memperbaiki kipas angin mini tidak berputar

Kipas yang rusak tentu cukup merepotkan, karena Anda tidak dapat merasakan sejuknya angin dari perangkat ini. Untuk itu perbaikan harus dilakukan dengan segera, agar dapat kembali digunakan seperti sedia kala. Namun tak perlu dibawa ke ahlinya, karena Anda bisa memperbaiki sendiri di rumah. Bagaimana caranya?

1. Cara Memperbaiki Kipas Angin Tidak Berputar

Cara Memperbaiki Kipas Angin Tidak Berputar

Tak perlu repot membawa ke tukang reparasi, karena jika mengikuti langkah-langkah di bawah ini dengan benar Anda dapat memperbaiki sendiri di rumah.

Baca Juga :

  • Dengarkan Suara Mesin

Langkah pertama untuk memastikan apakah mesin masih dalam kondisi baik adalah dengan menyalakan dan mendengarkan suara mesinnya. Jika tidak terdengar suara mesin, maka bisa dipastikan mesin telah aus. Namun jika suara mesin masih terdengar, lanjutkan ke langkah selanjutnya berikut ini.

  • Bongkar Perangkat

Setelah itu lepaskan kabel dari colokan listrik, lalu bongkar perangkat secara hati-hati. Lepaskan sangkar atau penutup, agar Anda dapat mengakses bagian dalamnya dengan mudah. Buka penutup dengan mencungkil menggunakan kuku atau obeng.

  • Bersihkan Kotoran

Jika sangkar telah terbuka, langkah selanjutnya adalah membersihkan kotoran atau debu yang menempel di baling-baling. Perhatikan bantalan dan motor yang terhubung dengan baling-baling. Pasalnya lokasi ini umumnya mengumpulkan banyak kotoran yang mengendap di bagian belakang. Sehingga tak heran jika bantalan kerap tersumbat oleh debu atau kotoran dan tidak dapat berputar.

judul gambar

Anda dapat membersihkan bantalan dengan menggunakan lap bersih atau cotton bud. Pastikan debu dan kotoran benar-benar hilang dari bantalan tersebut. Ketika telah bersih, pasang kembali dan perhatikan apakah sudah dapat bergerak.

Apabila telah menyala, masalah telah selesai. Namun jika perangkat belum juga menyala, lanjutkan ke tahap selanjutnya.

  • Lepaskan Topi Baling-baling

Lepaskan topi atau tutup tengah dari baling-baling yang umumnya terbuat dari bahan plastik. Gunakan obeng berkepala datar untuk melepaskannya.

  • Berikan Pelumas

Setelah bagian topi terlepas, Anda dapat menyemprotkan pelumas logam ke dalam nosel kaleng. Caranya mudah, kocok kaleng beberapa kali kemudian masukkan ujung sedotan ke sisi tengah baling-baling. Semprotkan pelumas beberapa kali, lalu putar baling-baling dengan menggunakan bantuan tangan. Apabila perangkat belum dapat menyala, maka kerusakan mungkin terjadi di bagian bantalan internal.

2. Cara Memperbaiki Kipas Angin Portable yang Tidak Bisa Berputar

Cara Memperbaiki Kipas Angin Portable yang Tidak Bisa Berputar

Kipas portable berukuran lebih kecil dari kipas pada umumnya. Jika Anda memiliki perangkat ini di rumah dan baling-balingnya tidak bisa berputar, berikut cara memperbaikinya.

  • Bongkar Perangkat

Langkah pertama bongkar perangkat dengan membuka mur kecil yang terletak di bagian belakang menggunakan obeng.

  • Lepaskan Baterai

Sebelum melangkah ke cara selanjutnya, lepaskan baterai terlebih dahulu agar tidak terjadi konslet.

  • Perhatikan Kabel

Umumnya permasalahan baling-baling tidak berputar di kipas portable adalah karena terdapat kabel yang terlepas. Jika terdapat kabel yang terputus, gunakan solder untuk memasang kembali kabel.

3. Cara Memperbaiki Kipas Angin Portable Tanpa Baterai

Untuk langkah-langkah memperbaiki kipas portable yang tidak menggunakan baterai sebagai sumber dayanya, caranya tak jauh berbeda dengan memperbaiki kipas portable pada umumnya. Sehingga Anda bisa mengikuti tutorial di atas untuk mengatasi permasalahannya.

Baca Juga :

Demikianlah cara mudah mereparasi kipas angin tidak berputar yang wajib dicoba. Semoga bermanfaat!

judul gambar

Leave a Reply

Your email address will not be published.