Penyebab TV Sharp Alexander Mati Total Lampu Indikator Tidak Menyala

2 min read

TV Sharp mati total lampu indikator tidak menyala

Televisi menjadi media telekomunikasi dimana berfungsi sebagai penerima siaran gambar, sehingga kerap digunakan untuk memutar acara TV, film, hingga memainkan permainan seru. Terdapat banyak merek TV yang dijual di pasaran, salah satunya Sharp. Namun ketika TV Sharp mati total lampu indikator tidak menyala, apa yang harus dilakukan?

TV Sharp mati total lampu indikator tidak menyala

Pasalnya permasalahan ini kerap terjadi, sehingga tak jarang banyak orang membagikan pengalaman mereka terkait memperbaiki TV rusak dan bagian indikator mati. Tak perlu bingung, ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk memperbaiki perangkat TV yang rusak.

1. Penyebab Umum TV Sharp Rusak

Terdapat beberapa penyebab televisi Sharp tidak dapat menyala atau mati total, diantaranya:

  • Kerusakan di bagian resistor jenis NTC
  • Kerusakan di bagian Elco 450V yang berada di dekat regulator primer
  • Kaki regulator kurang merekat, sehingga harus dilakukan penyolderan ulang

Baca Dulu :Cara Menghidupkan TV Sharp Aquos Tanpa Remote

2. Cara Memperbaiki TV Sharp Mati Total Lampu Indikator Tidak Menyala

Cara Memperbaiki TV Sharp Mati Total Lampu Indikator Tidak Menyala

Berikut langkah memperbaiki kerusakan TV Sharp yang umum terjadi, diantaranya:

  • Lihat Pengukuran Elco 450V

Langkah pertama untuk mengatasi permasalahan ini adalah mengetahui penyebab televisi rusak dan indikator mati. Anda dapat melakukan pengukuran Elco 450V yang terletak di sekitar regulator primer. Lakukan pengukuran komponen menggunakan bantuan multitester.

  • Lakukan Pengecekan Komponen

Setelah itu lakukan pengecekan di beberapa komponen televisi yang terletak di sekitar regulator, terlebih pada komponen resistor start dengan nilai 22 kilo ukuran 3 watt.

Namun tak jarang pula beberapa model yang tidak menggunakan resistor start, melainkan menggunakan resistor NTC. Jika tidak ditemukan kerusakan pada komponen tersebut, lakukan pengecekan di bagian penguat regulator apabila televisi tersebut menggunakan transistor.

Jika Anda menemui penguat regulator atau komponen panel mengalami kerusakan, disarankan jangan langsung menggantinya. Lakukan pengecekan kembali pada komponen yang terhubung dengan panel tersebut.

  • Lakukan Resolder

Langkah terakhir adalah mencoba melakukan penyolderan ulang atau resolder di bagian kaki regulator. Namun sebelum itu periksa kabel AC-nya terlebih dahulu, apakah dalam keadaaan terputus atau masih tersambung.

Baca Dulu:

judul gambar

3. TV Sharp Alexander Mati Total Lampu Indikator Tidak Menyala

tv sharp alexander mati total lampu indikator tidak menyala

Umumnya model Alexander yang mengalami kerusakan total disebabkan oleh power supply bagian utamanya, yakni pada STR-nya. Sementara pada bagian sekunder disebabkan oleh dioda RU 4A bagi B+ 125v.

Sehingga hal pertama yang dipastikan adalah apakah regulator mengalami permasalahan atau tidak. Jika regulator memang benar mengalami permasalahan, nantinya dapat lebih mudah menemukan permasalahan lainnya.

TV Sharp Q Vision Mati Total

tv sharp q vision mati total

Selanjutnya terdapat model Q Vision yang mengalami mati total. Cara untuk memperbaikinya cukup mudah, ikuti langkah-langkah di bawah ini!

  • Buka tutup belakang televisi lalu cabut kabel yang terhubung dengan mesin televisi. Namun sebelumnya tak lupa buang sisa setrum yang masih tersisa di komponen kabel
  • Bersihkan komponen mesin dari debu
  • Jika masalahnya terletak pada power supply, gunakan obeng untuk membuka pengikat IC power supply
  • Setelah itu lepas dengan menggunakan solder dan sedotan timah
  • Lakukan penggantian IC
  • Pasang kembali televisi

5. TV Sharp Universe Lampu Indikator Mati

tv sharp universe lampu indikator mati

Ketika kerusakan disertai lampu indikator mati, maka kemungkinan penyebabnya adalah tidak adanya supply tegangan ke rangkaian. Anda bisa mencoba menyalakan televisi lalu lakukan pengecekan seluruh tegangan output regulator. Setelah itu periksa seluruh dioda dan elco regulator, serta trafo regulator bagian sekunder dan primer.

Baca Juga :

Tak lupa periksa sekering dan IC. Jika IC mengalami kerusakan, Anda dapat menggantinya dengan yang baru. Jika telah dilakukan penggantian IC namun tegangan belum keluar, periksa resistor apakah mengalami kerusakan atau tidak.

Itulah cara mengatasi TV Sharp mati total lampu indikator tidak menyala. Semoga membantu!

judul gambar

Leave a Reply

Your email address will not be published.