Cara Mengetahui Tanda Baterai Kipas Angin Mini Penuh, Tahan Berapa Jam?

2 min read

cara mengetahui baterai kipas angin mini penuh

Kipas angin menjadi perangkat yang keberadaannya sangat dibutuhkan, terlebih ketika musim panas tiba. Pasalnya selain dapat memberikan angin sejuk, perangkat ini juga tidak memakan banyak daya listrik layaknya AC. Salah satu jenis yang banyak digunakan karena praktis menggunakan baterai adalah mini fan. Namun bagaimana cara mengetahui baterai kipas angin mini penuh?

cara mengetahui baterai kipas angin mini penuh

Mungkin tak sedikit yang baru membeli perangkat ini untuk menyejukkan ruangan. Meskipun mini, namun angin yang dihasilkan terbilang cukup kencang. Ukurannya yang ringkas pun membuat perangkat ini bisa diletakkan dimana saja. Namun ketika baterai habis, tentu Anda perlu mengecas agar dapat digunakan kembali. Lantas bagaimana tanda baterai kipas angin portable penuh?

1. Cara Mengecas Kipas Mini Doraemon dan Lainnya

Cara Mengecas Kipas Mini Doraemon

Mini fan menjadi perangkat penyejuk dimana mengandalkan baterai sebagai sumber daya utamanya, sehingga tidak menggunakan kabel dan colokan listrik ketika ingin menggunakannya. Sifat portabelnya pun membuatnya dapat dibawa ke mana saja dengan mudah.

Nantinya ketika daya habis, Anda hanya perlu mengecas menggunakan kabel USB yang dipasangkan ke colokan listrik ataupun powerbank. Berikut langkah-langkahnya!

  • Siapkan powerbank beserta kabel USB khusus untuk mengisi daya
  • Jika tidak ada powerbank, siapkan kepala charger beserta kabel USB untuk mengecas
  • Masukkan kabel USB ke port yang terdapat di kipas
  • Sambungkan dengan powerbank atau kepala charger untuk selanjutnya dicolokkan ke sumber listrik

Baca Juga :

2. Cara Mengecas Kipas Angin Mini Fan

Tak jauh berbeda dengan jenis Doraemon, mini fan ini juga umumnya memanfaatkan baterai sebagai sumber daya utamanya. Sehingga baik mini fan genggam dapat berdiri, atau mini fan dapat diletakkan di permukaan layaknya kipas pada umumnya, juga mengandalkan kabel USB untuk mengisi daya.

judul gambar
  • Siapkan powerbank beserta kabel USB khusus untuk mengisi daya
  • Jika tidak ada powerbank, siapkan kepala charger beserta kabel USB untuk mengecas
  • Masukkan kabel USB ke port yang terdapat di kipas
  • Sambungkan dengan powerbank atau kepala charger untuk selanjutnya dicolokkan ke sumber listrik

3. Berapa Lama Ngecas Kipas Angin Mini Fan?

Pertanyaan kerap muncul ketika melakukan pengecasan baterai mini fan atau portable fan adalah berapa lama waktu pengisian daya?

Waktu pengecasan yang diperlukan untuk setiap model dan merk tentu berbeda. Tak sedikit yang dapat terisi penuh hanya dalam waktu kurang dari 2 jam, namun tak jarang pula model dan merk tertentu yang memakan waktu lebih lama hingga terisi penuh.

Selain itu, faktor lain yang menyebabkan waktu pengecasan berbeda satu sama lain adalah daya yang tersisa dari perangkat tersebut. Jika daya benar-benar habis tak bersisa, waktu pengisian tentu lebih lama. Namun jika masih tersisa daya baterai, maka pengisian dapat dilakukan lebih cepat.

4. Cara Mengetahui Baterai Kipas Angin Mini Fan Penuh

Untuk dapat mengetahui kapasitas daya di dalam baterai, beberapa merk mini fan menghadirkan indikator yang bisa dilihat di bagian depan.

Untuk model tersebut, terdapat beberapa mode yang tertera mulai dari mode Charging, 1, 2, 3, dan seterusnya. Ketika melakukan pengisian pertama kali dalam kondisi daya benar-benar habis, lampu di mode charging dan 1 akan menyala. Nantinya ketika telah terisi penuh, lampu di angka 3 akan menyala hijau.

Namun di model dan merk lain juga ada yang tidak memperlihatkan indikator. Ketika melakukan pengisian daya, lampu indikator akan menyala merah. Ketika baterai telah terisi penuh, maka lampu indikator akan berubah warna menjadi hijau.

5. Kipas Angin Mini Tahan Berapa Jam?

Kipas Angin Mini Tahan Berapa Jam?

Ketahanan baterai dari setiap model dan merk juga berbeda. Jika digunakan terus menerus secara nonstop tanpa henti, tentu baterai akan cepat terkuras habis dalam waktu kurang dari satu jam. Namun jika tak terlalu sering digunakan, baterai dapat bertahan lama hingga berjam-jam.

Ada baiknya untuk memperhatikan intensitas penggunaan kipas jenis ini. Pasalnya tak seperti kipas berdaya listrik yang dapat digunakan hingga berjam-jam tanpa henti, kipas portable baterai cenderung lebih rentan untuk mengalami kerusakan jika digunakan secara nonstop terus menerus.

Baca Juga :

Itulah cara mengetahui baterai kipas angin mini penuh, sehingga tidak akan terjadi overcharging yang berdampak pada kerusakan perangkat. Semoga informasi di atas bermanfaat!

judul gambar

Leave a Reply

Your email address will not be published.