Urutan Warna Kabel Skema Dinamo Kipas Angin Cosmos

1 min read

Urutan warna kabel Kipas angin Cosmos

Urutan warna kabel kipas angin Cosmos banyak dipelajari oleh banyak orang terutama bagi pemula atau orang awam. Tujuan dari mempelajari warna kabel tersebut adalah agar mereka dapat mengetahui lebih jelas akan fungsi  dari masing-masing kabel. Setiap kabel yang ada nantinya akan terhubung dengan salah satu komponen yang ada pada kipas angin Cosmos.

Urutan warna kabel Kipas angin Cosmos

Dinamo merupakan komponen kipas angin yang kelak akan berkaitan dengan kabel. Pengetahuan akan skema dinamo kipas angin 4 kabel memudahkan masyarakat untuk melakukan pemasangan kabel. Masyarakat bahkan mampu mengetahui dengan pasti akan cara menyambung kabel kipas angin 4 kabel jika paham akan peranan dari masing-masing kabel yang melekat pada kipas.

Urutan warna kabel skema dinamo Kipas angin Cosmos 4 Kabel

Untuk menghindari terjadinya kerusakan atau kebakaran mesin, kita perlu mengenal dengan baik akan keberadaan dan peranan dari setiap kabel yang dimiliki oleh kipas angin Cosmos. Berikut urutan warna 4 kabel yang dimiliki oleh kipas angin Cosmos:

  1. Kabel berwarna hitam menyambungkan kipas dengan sumber listrik secara langsung
  2. Kabel merah menghubungkan saklar berkecepatan tinggi dengan dinamo
  3. Kabel berwarna putih menghubungkan saklar berkecepatan sedang dengan dinamo
  4. Kabel berwarna biru menghubungkan dinamo dengan saklar berkecepatan rendah

Urutan warna kabel kipas angin Cosmos yang benar nantinya membuat kipas angin bekerja dengan semestinya. Kesalahan pemasangan kabel mampu menimbulkan kerusakan pada kipas angin hingga menimbulkan kebakaran pada mesin.

Urutan warna kabel Kipas angin Cosmos

Skema dinamo kipas angin 4 kabel Cosmos cukup sederhana dan dapat dipahami dengan mudah. Hal tersebut disebabkan oleh kipas angin yang hanya dilengkapi dengan komponen dasar yang sering kita jumpai. Pada umumnya, kipas angin hanya menggunakan kabel yang kelak akan dihubungkan dengan sumber listrik dan saklar. Ada tiga kabel yang dihubungkan dengan saklar. Ketiga kabel dihubungkan dengan saklar yang kecepatannya berbeda-beda. Ada yang dihubungkan dengan saklar berkecepatan tinggi, sedang dan rendah. Ketiga kabel tersebut berwarna merah, putih dan biru.

judul gambar

Baca Juga:

Cara Menyambung Kabel Kipas Angin 4 Kabel yang Tepat

Cara menyambung kabel kipas angin 4 kabel dapat dilakukan dengan mudah ketika kita memahami seluk beluk dari kabel itu sendiri. Kabel harus dihubungkan dengan komponen yang tepat guna menghindari hal-hal yang tidak kita inginkan. Untuk kabel berwarna hitam misalnya, kabel tersebut hanya dapat kita hubungkan dengan sumber listrik guna mendapatkan daya listrik. Jika dilakukan dengan cara yang salah, kipas angin dapat terbakar dan rusak.

cara menyambung kabel kipas angin 4 kabel

Urutan warna kabel kipas angin Cosmos yang terhubung dengan saklar juga harus benar-benar dilakukan dengan cara yang tepat. Kabel dengan warna merah digunakan pada saklar berkecepatan tinggi, kabel putih untuk menghubungkan saklar berkecepatan sedang dan kabel dengan warna biru untuk saklar dengan kecepatan rendah. Urutan warna kabel tersebut tidak boleh saling tertukar sehingga kipas angin dapat bekerja dengan baik.

Skema dinamo kipas angin 4 kabel dapat bekerja jika komponen tersebut sudah berada dalam keadaan panas. Kipas angin nantinya dapat langsung berputar ketika dinamo telah merasakan panas. Kesemua kabel nantinya akan saling menumpuk ke dinamo.

Baca Juga:

Dari sinilah, kita dapat mengatur kecepatan kipas angin melalui perangkat saklar yang telah dihubungkan dengan kabel. Jika salah satu kabel tidak tersambung dengan dinamo, maka kecepatan perputaran kipas yang diinginkan tidak dapat dilakukan. Kecepatan kipas hanya dapat diopersikan dengan baik ketika kabel dan dinamo saling berhubungan satu sama lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close
Alternative Text