Letak, Cara Cek Timer & Ciri Kulkas 2 Pintu Rusak

2 min read

Cara cek timer kulkas 2 pintu

Kulkas memiliki timer yang tentu berfungsi dalam pengoperasiannya. Baik itu kulkas satu pintu atau dua pintu pasti memiliki fitur timer. Lalu, apa itu timer pada kulkas? Bagaimana cara cek timer kulkas 2 pintu dan letak timer kulkas 2 pintu? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, sebaiknya simak ulasannya berikut ini.

Cara Cek Timer Kulkas 2 Pintu

Baca Dulu : Penyebab Oli Kompresor Kulkas Naik

Cara Cek Timer Kulkas 2 Pintu

Cara cek timer kulkas 2 pintu yaitu dengan mengetahui terlebih dahulu letak timernya. Umumnya, letak dari timer kulkas 2 pintu berada di belakang kulkas, lebih tepatnya di pojok kulkas sebelah kiri kompresor, namun ada juga yang terletak di dalam lemari kulkas pada bagian pintu bawah.

Untuk mengecek timer kulkas, Anda harus melepas atau mengeluarkan timer terlebih dahulu dari dudukannya dan mengeluarkan dari kotaknya. Lalu, perhatikan posisi kulkas apakah sudah dalam posisi kompresor hidup atau defrost.

Setelah itu, dilakukan cara memutar timer kulkas 2 pintu. Gunakan obeng minus kecil dan putar lubang kecil di timer berlawanan dengan arah jarum jam sampai terdengar bunyi klik. Perhatikan kembali apakah kulkas dalam posisi standby atau defrost.

Dalam posisi tersebut, maka timer harus dalam kondisi hidup atau berjalan dan artinya timer masih bagus. Apabila timer tidak berjalan, maka timer tersebut sudah rusak. Timer akan berhenti apabila bimetal terhubung.

Baca Juga :

Ciri Timer Kulkas Rusak

Ciri Timer Kulkas Rusak

Di bawah ini ada beberapa ciri timer kulkas rusak yang harus Anda ketahui. Langsung saja simak ulasannya berikut ini.

1. Kulkas Tidak Bisa Menyala

judul gambar

Jika kondisi switch yang ada di dalam timer mengalami kerusakan, maka aliran listrik tidak bisa terhubung ke mesin kulkas. Dengan begitu akan mengakibatkan kulkas tidak bisa beroperasi sebagaimana seharusnya. Walaupun Anda menghubungkan colokan ke sumber arus listrik, tetapi tetap tidak mengalami proses pendinginan.

Anda bisa mengecekna dengan menggunakan alat ampere meter agar bisa mengetahui apakah lemari es tersebut bekerja atau tidak. Pada konsisi timer kulkas, maka ampere meter tidak akan bisa mengukur daya listrik sama sekali.

2. Kulkas Tidak Dingin

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, bahwa jika Anda sudah menghubungkan kulkas ke arus listrik selama beberapa jam namun kulkas tak kunjung ingin, hal itu disebabkan ada kerusakan pada timer kulkas. Umumnya karena switch di dalam timer tidak bisa berfungsi dengan normal.

Switch berfungsi untuk menghubungkan arus litsrik ke kompresor kemungkinan tidak berfungsi, dengan begitu kompresor tidak akna mendapatkan pasokan listrik. Akibatnya, tidak akan terjadi proses pendinginan.

3. Timbul Bunga Es di Kulkas

Cara cek timer kulkas 2 pintu yang rusak bisa dilihat dari muncul atau tidaknya bunga es. Bunga es yang muncul disebabkan karena kondisi suhu yang sangat dingin. Sehingga akan mengakibatkan kandungan air di udara membeku dan menempel pada bagian dinding kulkas.

Maka dari itu, diperlukan defrost yang berfungsi untuk mencegah terjadinya bunga es. Kinerja defrost dikendalikan oleh timer kulkas sama halnya dengan kompresor. Apabila switch timer yang menghubungkan listrik dengan defrost mengalami kerusakan, maka kinerja defrost akan terganggu bahkan tidak bekerja sama sekali.

4. Kompresor Selalu Menyala

Kinerja kompresor dikenadlikan oleh timer kulkas. Timer akan mengatur kapan waktunya kompresor kulkas akan beroperasi dan kapan waktunya berhenti sejenak. Cara cek timer kulkas 2 pintu untuk cek kompresor ini ialah dengan menyambung atau memutuskan aliran listrik yang menuju ke kompresor.

Apabila terjadi kerusakan pada timer kulkas, maka bisa saja menyebabkan kompresor terus menerus bekerja tidak sesuai dengan yang seharusnya. Dengan begitu nantinya suhu di dalam ruang kulkas akan bisa sangat dingin dan menimbulkan bunga es yang tebal.

Ketahui :

Dari penjelasan di atas, kini Anda sudah mengetahui bagaimana cara cek timer kulkas 2 pintu dan apa saja penyebab timer bisa rusak. Sebaiknya Anda segera mengecek timer kulkas jika ditemukan beberapa masalah pada kulkas yang tidak biasanya terjadi. Bisa jadi ada masalah pada timer, kompresor, atau defrostnya, sehingga harus segera menggantinya dengan komponen yang baru agar kulkas bisa kembali berfungsi dengan normal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *