Skema Kelistrikan Kulkas 2 Pintu Polytron

1 min read

skema kulkas 2 pintu polytron

Kulkas ada yang memiliki 1 pintu dan juga 2 pintu, tentunya keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing masing. Salah satu merek kulkas yang memiliki 2 pintu ialah Polytron. Di bawah ini terdapat skema kulkas 2 pintu Polytron yang perlu Anda ketahui supaya apabila terjadi masalah, Anda bisa mengidentifikasinya.

Skema Kulkas 2 Pintu Polytron

Baca Dulu : Cara Membaca Kode Kompresor Kulkas

Skema Kulkas 2 Pintu Polytron

Di bawah ini merupakan diagram kelistrikan kulkas 2 pintu pada merek Polytron. Langsung saja lihat gambarnya di bawah ini.

Skema Kulkas 2 Pintu Polytron

Skema Kulkas 2 Pintu Polytron

Bagian Skema Kelistrikan Kulkas 2 Pintu

Ketika Anda sudah mengetahui skema kulkas 2 pintu Polytron di atas, Anda pun harus mengetahui juga komponen komponen atau bagian yang terdapat di dalamnya. Berikut merupakan pemaparannya untuk Anda.

1. Thermostat

Thermostat

Thermostat merupakan sensor yang digunakan untuk mengetahui suhu ruangan lemari pendingin. Pada diagram timer kulkas Polytron 2 pintu, ada skala 1 sampai 4 yang sangat berhubungan. Jika salah satunya rusak, maka sangat berakibat fatal pada kulkas.

2. Kompresor

Kompresor

Kompresor adalah pompa listrik yang berguna menghisap dan mengalirkan gas freon ke dalam pipa pendingin. Letak dari kompresor ini terdapat di bagian be;akang kulkas dan memiliki bentuk tabung yang tertutup rapat.

Semua bagian kompresor terletak di dalam tabung tersebut dan terendam ke dalam minyak pendingin. Jika Anda akan melakukan perbaikan, maka Anda harus membuka tabung tersebut terlebih dahulu dengan menggunakan mesin pemotong.

Artikel Terkait :

3. PTC

judul gambar

PTC Kulkas

Bagian komponen dari skema kulkas 2 pintu Polytron selanjutnya adalah PTC. Komponen ini sejenis resistor yang memiliki nilai hambatan berubah ubah sesuai dengan perubahan suhu resistor. Nilai hambatan PTC dapat makin tinggi seiring dengan kenaikan suhu pada badan resistor.

PTC memiliki fungsi mengalirkan arus listrik ke kumparan bantu kompresor ketika kompresor menyala pertama kali. Kumparan bantu ini diperlukan untuk membantu kumparan utama kompresor supaya dapat memutar rotor.

4. Thermofuse

Thermofuse Kulkas

Thermofuse memiliki fungsi mencegah agar heater tidak menghasilkan panas yang berlebihan. Ini adalah pengaman jika termostat mengalami kerusakan yang mana bisa menyebabkan arus listrik mengalir ke heater terus menerus.

Biasanya, batas maksimum termofuse adalah 72 derajat celcius. Yang mana artinya jika suhu heater lebih tinggi dari batas maksimum, maka fuse akan terputus dan menyebabkan arus listrik ke heater juga turut terputus.

5. Kipas Evaporator

Kipas Evaporator

Letak dari kipas evaporator ini adalah di dekat evaporator. Fungsi kipas yang satu ini yaitu untuk menghembuskan udara dingin dari evaporator menuju ruangan dalam kulkas, terutama pada bagian freezer box.

Tidak hanya itu saja, kipas evaporator juga hanya dimiliki kulkas yang menggunakan sistem defrost untuk menghilangkan bunga es di dalam freezer. Daya kipas ini cukup kecil, yaitu sekitar12 watt saja dengan arus maksimum 0,7 A.

6. Thermo Defrost

Thermo Defrost

Thermo defrost memiliki fungsi untuk mengaktifkan heater setiap 7 jam sekali supaya tidak terjadi pembentukan bunga es yang dapat menutupi evaporator. Ketika suhu freezer mencapai 13 derajat celcius, maka thermo defrost akan menghubungkan heater menuju arus listrik yang berasal dari timer defrost.

Ketahui :

Dari uraian di atas, kini Anda sudah mengetahui skema kulkas 2 pintu Polytron seperti apa dan juga komponen pendukungnya. Ketika salah satu mengalami masalah, maka Anda harus segera memperbaikinya agar tidak menimbulkan masalah baru yang lainnya yang dapat menyebabkan kulkas semakin rusak atau bahkan tidak berfungsi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *