Letak & Cara Memutar Timer Kulkas Sharp 2 Pintu, Berapa Lama Timer Bekerja?

1 min read

cara memutar timer kulkas 2 pintu

Di setiap jenis dan merek kulkas, pasti ada yang namanya timer. Timer ini memiliki fungsi dan peran yang sangat penting agar kulkas berfungsi dengan baik. Berikut ini terdapat pembahasan mengenai timer kulkas dan cara memutar timer kulkas 2 pintu.

cara memutar timer kulkas 2 pintu

Baca Dulu : Cara Cek Timer Kulkas 2 Pintu

Cara Memutar Timer Kulkas Sharp 2 Pintu

Timer pada kulkas tidak hanya mengendalikan elemn panas untuk dapat mencairkan es saja, tetapi juga mengendalikan motor kompresor. Ketika Anda menggunakan defrost timer, maka kompresor akan dijaga dalam keadaan tidak menyala pada saat proses defrost sedang berlangsung.

Hal ini bertujuan untuk mengoptimalkan kinerja defrost, karena jika ketika proses defrost berlangsung dan kondisi kompresor hidup, maka kinerja antara elemen panas dan dingin akan beryabrakan. Elemen panas akan memanaskan evaporator dan kompresor akan mendinginkannya.

berapa lama timer kulkas bekerja
Berapa lama timer kulkas bekerja?

Proses defrost juga dapat dipercepat tanpa harus menunggu siklus terlebih dahulu. Caranya, yaitu dengan memutar bagian tombol searah dengan jarum jam sampai terdengar suara klik sampai dua kali.

Suara klik yang pertama akan menghentikan kompresor dan proses defrost dimulai, sementara itu pada suara klik kedua, akan menghentikan proses defrost kemudian menyalakan kompresor lagi. Pada instalasi unit kulkas, defrost timer yang satu ini tidak bekerja sendiri, tetapi dengan menggunakan defrost thermostat.

Timer 1 hingga 3 berarti terminal 1 dan 3 merupakan selenoid pada timer. Maka dari itu, kedua terminal ini akan terhubung dengan sumber arus listrik. Sementara itu, 2 terminal lainnya akan terhubung ke kompresor dan sistem defrost pada kulkas.

Berbeda halnya dengan timer 1 hingga 3, selenoid pada timer kulkas 1 hingga 4 terletak pada terminal nomor 1 dan juga 4. Jadi, Anda harus menghubungkan sumber arus listrik ke terminal tersebut. Lalu, untuk terminal 2 dan 3, masing masingnya akan terhubung ke kompresor dan kulkas.

judul gambar

Demikian cara memutar timer kulkas 2 pintu lengkap dengan penjelasan lainnnya yang berhubungan dengan timer kulkas. Dapat disimpulkan bahwa timer kulkas ini sangat penitng untuk menjaga kestabilan dan keseimbangan kinerja setiap komponen yang tersusun pada suatu kulkas.

Artikel Lainnya :

Penjelasan Timer Kulkas

Pengertian Timer Kulkas

Timer kulkas merupakan suatu alat yang digunakan untuk mengatur kapan mesin komresor akan bekerja dan juga kapan mesin kompresor akan berhenti atau stand by. Fungsi timer kulkas yaitu mengatur waktu secara otomatis kapan kompresor, fuse panas, dan fuse dingin akan bekerja, selain itu juga mengatur kapan semua alat bekerja secara bergantian.

Cara memutar timer kulkas 2 pintu adalah tentu Anda harus mengetahui cara kerjanya terlebih dahulu. Saat pertama kali kulkas dicolokkan ke arus listrik, timer akan mengatur aliran listrik ke mesin kompresor agar bekerja untuk mendinginkan ruangan.

Berapa lama timer kulkas bekerja? Timer kulkas memiliki interval waktu yang ditentukan yaitu 6, 8, 10, atau 12 jam. Waktu akan terus berjalan selama kulkas dihubungkan dengan sumber tegangan listrik. Pada sejumlah defrorst timer, interval waktu pencarian dapat Anda lihat pada badan defrost timer.

Letak timer kulkas 2 pintu umumnya ada di sisi belakang lemari es dekat dengan kompresor, begitu pula dengan letak timer kulkas Sharp 2 pintu. Timer menjadi komponen pertama yang penting untuk mengatur aliran arus listrik ke kompresor dan defrost.

Ketahui :

Maka dari itu, Anda harus mengetahui berapa lama timer bekerja pada kulkas agar mengetahui juga berapa lama komponen lainnya bekerja dalam sistem pendingin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *