Skema Diagram Kelistrikan Kulkas 2 Pintu Toshiba

1 min read

skema kelistrikan kulkas 2 pintu toshiba

Salah satu brand elektronik yang memproduksi kulkas yaitu Toshiba. Toshiba menawarkan produk kulkas 2 pintu yang sangat berguna untuk kebutuhan rumah tangga. Jika Anda sedang mencari informasi skema kelistrikan kulkas 2 pintu Toshiba, maka Anda membaca artikel yang tepat.

Skema Kelistrikan Kulkas 2 Pintu Toshiba

Di bawah ini terdapat gambar dan penjelasan lengkap mengenai skema kelistrikan dari kulkas Toshiba 2 pintu.

Baca Dulu : Skema Kulkas 2 Pintu Polytron

Skema Kelistrikan Kulkas 2 Pintu Toshiba

Di bawah ini merupakan skema kulkas 2 pintu pada merek Toshiba. Langsung saja lihat gambarnya di bawah ini.

Skema Kelistrikan Kulkas 2 Pintu Toshiba

Skema Kelistrikan Kulkas 2 Pintu Toshiba

Cara Kerja Rangkaian Kelistrikan Kulkas 2 Pintu Toshiba

Ketika kulkas diberi tegangan listrik yang sesuai dan posisi freezer thermostat dalam keadaan mati, maka aliran listrik akan menjadi seperti gambar berikut ini.

Cara Kerja Rangkaian Kelistrikan Kulkas 2 Pintu Toshiba

Sistem tersbut masih dalam kondisi mati. Apabila Anda mengukur dengan menggunakan alat voltmeter pada kedua kaki kontak termostat, maka akan terbaca tegangan sesuai dengan yang telah diinput, contohnya 220VAC.

Dalam posisi tersebut, maka hanya akan ada satu komponen saja yang dapat aktif, komponen ini yaitu lampu penerangan ruang kulkas. Apabila pintu kulkas dibuka maka lampu akan menyala, hal ini karena kulkas mendapat suplai tegangan penuh sekitar 220VAC.

Ketika pintu kulkas ditutup lagi, maka lampu interior di ruang kulkas akan mati. Setelah itu, jika posisi termostat diubah menjadi posisi 3, misalnya posisi itu adalah rentang minus 15 derajat hingga minus 20 derajat celcius, maka aliran listriknya berubah.

judul gambar

Skema Kulkas 2 pintu 1-3

Artikel Terkait :

Skema kulkas 2 pintu 1 -3 pun hampir sama seperti yang telah dicantumkan di atas.Sementara itu, di bawah ini merupakan diagram timer kulkas 1-4.

Diagram Timer Kulkas 1-4

 

Pada skema kelistrikan kulkas 2 pintu Toshiba, ketika kontak freezer termostat terhubung, maka timer motor, kipas evaporator motor, kompresor, running kapasitor, starting kapasitor, dan juga PTC, akan bekerja sesuai dengan fungsinya masing masing.

Lalu, setelah putaran motor kompresor sudah mencapai angka 75% putaran maksimumnya, PTC Starter akan memutus arus listrik yang melalui rangkaian Start Capacitor, hal tersebut karena torsi yang dibutuhkan tidak lagi terlaly besar.

Walaupun demikian, kumparan bantu masih bisa mendapat arus yang melalui Running Capacitor dengan torsi yang nilainya sedikit lebih kecil. Ketika kompresor bekerja, maka suhu dalam ruangan pelan pelan akan turun dari 30 derajat celcius sampai ke suhu yang sesuai dengan pemasangan.

Ketika suhu ruang kulkas turun, perlahan posisi damper pada termostat juga akan menutup saluran udara yang masuk menuju ruang kulkas. Setelah itu barulah akan menutup sempurna ketika temperatur di ruangan kulkasnya mencapai 2 derajat celcius. Lalu, dipastikan tidak lagi ada aliran udara yang masuk ke dalam ruang refrigerator tersebut.

Sementara suhu ruang kulkas telah mencapai yang diinginkan, kompresor masih akan bekerja agar mendinginkan ruang freezer. Ketika temperatur di evaporator mencapai suhu minus 2 derajat celcius, maka kontak poin pada defrost thermo akan menutup.

Dalam setiap skema kelistrikan kulkas, terdapat komponen komponen yang sangat penting dalam menunjang fungsinya. Berikut merupakan komponen komponennya.

  • Kompresor
  • PTC
  • Door switch refrigerator
  • Door switch freezer
  • Overload protektor
  • Thermofuse
  • Kipas evaporator
  • Lampu
  • Heater
  • Thermo defrost
  • Timer defrost, dan
  • Thermostat

Ketahui :

Dari penjelasan di atas, kini Anda sudah mengetahui skema kelistrikan kulkas 2 pintu Toshiba lengkap dengan cara kerjanya. Selain itu, ada juga komponen komponen kulkas yang memiliki fungsi dan perannya masing masing yang tak kalah penting.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *