Kode Error AC Sharp H6, U8, F0 & Penyebab AC Sharp Tidak Mau Terbuka

2 min read

kode error ac sharp h6

Kode error AC sharp h5 pastinya sudah tidak asing buat pengguna  AC Sharp. Ini bisa digunakan untuk   mengetahui penyebab kerusakan AC hanya melalui kode erorr. Misalnya saja AC sharp tidak mau terbuka.  Banyak kode erorr AC Sharp yang memiliki arti berbeda beda. Kode erorr AC  sharp h6 disebabkan  karena kipas out door yang rusak.

Permasalahan  ini berhubungan dengan sensor kecepatan motor, micom bekerja mendeteksi bahwa motor tidak berputar,maka sensor ini akan membaca kecepatan montor dengan prinsip De Effecto Hall. Ada juga kode error AC sharp u8, h3 dan kode error AC sharp f0

kode error ac sharp h6

Baca Juga : Kompresor AC Mati Tapi Kipas Hidup

Macam – Macam Kode Erorr AC Sharp  yang Menyebabkan AC Sharp Tidak Mau Terbuka

Kode error  yang mendapat muncul pada AC karena adanya kerusakan pada salah satu komponen AC baik itu unit outdoor atau unit indoor. Berikut beberapa  kode erorr pada AC Sharp yang umum ditemukan.

  • Kode erorr F5 AC Sharp disebabkan karena malfungsi sensor ruangan pada modul display.
  • Kode erorr u8 AC Sharp menandakan bahwa ada kerusakan pada sirkuit inspection/kipas montor IDU.
  • Kode erorr AC Sharp h3 terjadi karena ada permasalahan pada suhu dan temperatur yang tinggi.

AC Rumah Muncul Kode Erorr AC Sharp F0, Apa yang Harus Dilakukan?

Ac Rumah Muncul Kode Erorr AC Sharp F0

Kode  erorr  F0  muncul karena termistor coil tidak mendeteksi dingin dan pcb melakukan protect.Akan tetapi jika AC di rumah mengalami masalah seperti ini,berikut langkah langkah yang wajib di coba untuk memperbaiki. Cara mengatasinya adalah sebagai berikut, yaitu:

1. Mencabut aliran listrik

AC sharp yang muncul kode error bisa diatasi dengan mencoba  cabut colokan dari aliran listrik  atau turunkan mcb listrik selama 5 menit lalu nyalakan AC kembali.

Ketahui :

2. Pastikan kode F0 tidak muncul

judul gambar

 kode error F0 muncul kembali matikan AC tunggu kurang lebih 5 menit. Setelah itu hidupkan kembali dan cek out door.

3. Cek tekanan freon

Cek tekanan freon

Ac sharp tidak mau terbuka karena adanya tekanan freon Jenis r32 normalnya sekitar 150 psi jika tekanan kurang  bisa di tambahkan.Akan tetapi jika tekanan freon di bawah 60 psi kemungkinan terjadi kebocoran.Untuk mengukur tekanan freon diperlukan alat yang bernama mainflod ac tester.Langkah langkah melakukan pengecekan AC:

  • Pastikan kedua kran dalam kondisi tertutup rapat.Tujuannya untuk memastikan,putaran kran searah jarum jam.
  • Tancapkan selang high warna merah ke niple high pressure hose.
  • Saat ac di nyalakan,kedua tekanan akan stabil.Tetapi jika salah satu jarum tidak bergerak mengindikasikan adanya hambatan /kebocoran di salah satu sistem ac.
  • Nyalahkan sistem ac dan lihat tekanan freon pada high pressure gauge.
  • Lihat tekanan maksimal yang di capai high pressure dan bandingkan dengan spesifikasinya.Jika kurang dari spesifikasi nya anda bisa melakukan pengecekan kebocoran.

4. Mengecek ampere kompresor pada out door.

AC yang bermasalah biasanya dilakukan kesalahan pada saat akan mengisi freon.Alat alat yang diperlukan berupa:Obeng,kunci Inggris dan tang ampere. Langkah langkah yang dilakukan:

  • Nyalahkan AC.
  • Setelah menyalah out door,buka tutup panel kelistrikan.
  • Posisikan tang ampere pada posisi 2k ampere
  • Pasang tang amper/clamp meter pada kabel listrik.
  • Sesuaikan nilai ampere yang tertulis pada tang ampere dengan ampere yang tertulis pada unit outdoor dan indoor.
  • Jika ampere masih jauh tambahkan freon.

5. Mencari kebocoran

Mencari kebocoran

Ketahui :

AC sharp tidak mau terbuka disebabkan karena kebocoran pada freon memiliki beberapa ciri ciri misalnya adanya bunga es yang menempel, ac meneteskan air, ac tidak bekerja secara optimal,suhu udara meningkatkan,freon cepat habis, ac sering hidup dan mati sendiri dan lampu indikator akan berkedip. Jika sudah di ketahui terjadi kebocoran segera lakukan perbaikan ke servis ac terdekat. Jika dengan melakukan cara di atas tetap masih muncul kode F0 kemungkinan besar terjadi kerusakan pada modul/PCB.Untuk itu perlu dilakukan pengantian.

judul gambar

Leave a Reply

Your email address will not be published.