Cara Memperbaiki Kipas Indoor AC Tidak Berputar

2 min read

kipas indoor ac tidak berputar

Kipas indoor AC tidak berputar tentunya akan merugikan pengguna. Tak hanya itu, apabila kipas outdoor AC tidak berputar ikut bermasalah, maka pengguna tidak dapat menikmati ruangan yang dingin. Rusaknya kipas indoor dan juga outdoor tersebut mengakibatkan AC akan kehilangan fungsinya sebagai pendingin ruangan. Pengguna pun diharuskan mengetahui cara memperbaiki  kipas indoor ac tidak berputar ini.

kipas indoor ac tidak berputar

Cara memperbaiki kipas AC tidak berputar bisa dilakukan dengan berbagai macam cara.  Salah satunya dengan cara test motor fan indoor ac untuk kembali menikmati ruangan yang dingin.

Cara test motor fan indoor AC pun perlu dilakukan sebelum memperbaikinya. Peran spesifik dari kipas atau blower indoor AC adalah menyedot udara dari dalam ruangan dan meniupkan kembali dalam kondisi bersih dan dingin sehingga sirkulasi ruangan terjaga. Sedangkan, kipas outdoor AC berperan penting dalam menjaga kondensor untuk tetap dingin dan mengurangi pressure pada refrigerant.

Baca Juga : AC Yang Kuat Untuk Daya 450 Watt

Cara memperbaiki kipas indoor AC tidak berputar dan juga kipas outdoor perlu dilakukan setelah test terhadap fan. Sebelum memahami cara memperbaiki tidak berputarnya kipas indoor dan outdoor tersebut tentunya pengguna harus mengetahui penyebabnya. Penyebabnya antara lain as motor kotor, kabel putus, arus listrik bermasalah, baut longgar, kompresor yang terlalu panas, kerusakan pada thermistor, hingga malfungsi kapasitor. Akibatnya AC tidak berjalan maksimal akan tetapi tagihan listrik akan terus bertambah.

Cara Memperbaiki Kipas Indoor AC Tidak Berputar

Cara Memperbaiki Kipas Indoor AC Tidak Berputar

Cara memperbaiki kerusakan pada kipas indoor AC tidak berputar ini cukup mudah, antara lain:

  1. Membongkar AC dan mengeluarkan kipas indoor AC. Kemudian as motor dibersihkan dari debu, kotoran, dan juga karat yang menempel. Mesin harus diberi pelumas agar dapat berjalan normal.
  2. Mengecek kabel-kabel yang ada di kipas. Bila terdapat kerusakan seperti putus maka harus segera disambungkan.
  3. Mengetes putaran kipas, jika putarannya lemah dan harus dibantu dengan tangan agar berputar kencang maka kapasitor pada mesin harus diganti. Tak lupa pengguna harus memilih kapasitor yang tepat dan daya yang sesuai untuk perangkat AC.
  4. Test motor fan indoor AC dengan cara menyalakan AC terlebih dahulu sebelum membongkarnya untuk melihat kinerja dari kipas indoor perangkat tersebut.

Baca Dulu : 

judul gambar

Cara Memperbaiki Kipas Outdoor AC Tidak Berputar

Cara Memperbaiki Kipas Outdoor AC Tidak Berputar

Kipas outdoor AC tidak berputar biasanya disebabkan adanya kerusakan pada kompresornya. Jika mengalami hal tersebut maka Anda perlu mengikuti beberapa langkah berikut, yaitu:

  1. Mengecek kinerja kabel dengan menggunakan tespen. Bila tidak terdapat tegangan maka dipastikan ada kabel yang putus sehingga perlu disambung.
  2. Memastikan seluruh baut pada mesin terpasang dengan sempurna sehingga tidak ada kelonggaran yang menyebabkan mesin tidak berjalan.
  3. Mengecek kapasitor dalam unit outdoor dan kompresor. Jika memang tidak berfungsi maka harus dilakukan penggantian kapasitor.
  4. Memastikan pipa-pipa kondensor dan juga kisi-kisinya bersih agar kompresor tidak bekerja terlalu berat dan kemudian mati.
  5. Menggunakan stabilizer untuk mengecek daya listrik di rumah atau bangunan tempat AC terinstal. Hal ini dilakukan untuk memastikan adanya stabilisasi arus atau arus tidak fluktuatif.
  6. Mengecek thermistor apabila suhu yang disetel pada pendingin tidak sesuai dengan kondisi suhu ruangan. Jika rusak, maka harus segera diganti.

Cara test motor fan indoor AC tersebut perlu dipahami. Ini  diharapkan pengguna dapat lebih berhati-hati dalam menggunakan perangkat. Hal tersebut dilakukan untuk menghemat tagihan listrik yang besar karena kerusakan pada perangkat pendingin ruangan.

Ketahui :

Cara memperbaiki kipas outdoor AC tidak berputar dan juga kipas indoor ini harus dilakukan oleh teknisi ataupun orang yang memiliki pengetahuan mengenai mesin. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir adanya kerusakan tambahan komponen lain sehingga daya dari pendingin ruangan dapat dioptimalkan serta juga memperpanjang masa penggunaan.

judul gambar

Leave a Reply

Your email address will not be published.