Skema Motor Fan Indoor AC Daikin & Cara Memperbaiki Motor Fan Indoor yang Rusak

1 min read

Skema motor fan indoor AC

Skema motor fan indoor AC menjadi salah hal yang penting yang perlu diketahui ketika Anda mempunyai AC yang dipasang di bagian indoor.  Ini berguna untuk mengetahui segala masalah yang terjadi pada AC ketika mengalami kerusakan. Selain itu, Anda juga harus memahami cara memperbaiki motor fan indoor AC. Ada berbagai macam jenis motor fan indoor yang perlu diketahui salah satunya adalah motor fan indoor Daikin.  Skema indoor AC brand ini mudah untuk dipelajari,

Skema motor fan indoor AC

Cara memperbaiki motor fan indoor AC yang sudah mati akan dibahas secara lengkap pada kesempatan kali ini. Akan tetapi Anda perlu mengetahui mengenai fungsi dari motor fan AC ini.

Baca JugaCara Mengatur Suhu dan Menyalakan AC LG Tanpa Remote

Fungsi Motor Fan Indoor AC Daikin

Motor fan indoor AC Daikin

Motor fan indoor AC Daikin mempunyai fungsi untuk jalan tempat penghembusan udara dingin yang berasal dari proses evapurator. Ini juga digunakan untuk proses penyedotan udara panas yang ada di ruangan. Jika fan motor ini mati, maka sangat jelas sekali akan mengalami kerusakan pada AC. AC tidak akan bisa dingin dan tidak akan berfungsi dengan baik,

Cara memperbaiki motor fan indoor AC yang mati

Ketika menemui masalah AC tidak dingin dan AC mati hidup sendiri dalam tempo yang relatip singkat mungkin sekitar 3 s/d 5 menit, ada banyak sekali penyebabnya,dan salah satu penyebabnya adalah fan motor AC mati atau tidak berputar.

Skema indoor AC Daikin ini juga berperan besar dalam mengecekan kondisi dari AC tersebut. Jika skema menurun maka bisa dipastikan kondisinya baru mengalami penurunan. Sementara itu, apabila skema naik maka bisa dipastikan keadaan AC cenderung normal.

Baca Dulu

Cara Memperbaiki Motor Fan Indoor AC Daikin

Cara Memperbaiki Motor Fan Indoor Ac Daikin

judul gambar

Motor fan indoor AC Daikin yang rusak atau tidak berfungsi biasanya disebabkan oleh kotornya bagian AS pada motor AC. Ini disebabkan oleh debu dan juga sarang semut.

1. AS motor fan Ac kotor karena debu atau ada sarang semut

Penyebab yang satu ini serng terjadi. Ini kemungkinan karena AC sudah uzhur atau ac yang sering dipakai di tempat-tempat yang berdebu.

Cara memperbaiki motor fan indoor AC yang rusak karena sarang semut bisa dilakukan dengan berbagai macam cara. Caranya sangat mudah dan bisa dilakukan sendiri di rumah. Berikut ini adalah penjelasannya, yaitu:

  1. Langkah pertama adalah dengan membuak cassing indoor
  2. Copotlah bagian PCB indoor yang mana akan membuat motor fan indoor bisa dikeluarkan dengan sangat mudah
  3. Bukalah bagian penutup pada motor fan dengan menggunakan obeng min yang berukuran kecil
  4. Keluarkanlah bagian AS motor fan AC
  5. Perisalah bagian rumah rotor
  6. Jika bagian rotor ada yang kotor, maka segera bersihkan dengan menggunakan lap bersih dan pastikan benar-benar sudah bersih.
  7. Tambahkan sediikit pelumas pada bagian rumah rotor dengan tujuan agar putaran pada as lancar dan tidak mengalami kendala
  8. Setelah selesai, lakukan pengecekan pada bagian motor menggunakan multi tester
  9. Jika sudah dirasas bagus maka pasanglah kembali di tempatnya
  10. Lakukan pengecekan pada ac dengan cara mengetes AC terlebih dahulu untuk memastikan AC bisa bekerja dengan normal

2. Kabel ada yang putus

Kabel fan indoor AC Daikin putus

Andai ada kabel yang putus, cobalah disambung lagi dan cobalah dicek dengan multitester. Setelah semuanya beres, pasang kembali motor fan indoor dan cobalah indoor AC dihidupkan.

Ketahui :

Cara memperbaiki motor fan indoor AC yang mati harus dilakukan dengan hati hati agar tidah merusak komponen yang lain.

judul gambar

Leave a Reply

Your email address will not be published.