Warna Jalur Kabel Kipas Outdoor AC Panasonic

1 min read

warna kabel kipas outdoor ac

Warna kabel kipas outdoor AC Panasonic. Baik dari warna kabel kipas outdoor AC hingga jalur kabel kipas AC. Ini menjadi salah satu hal yang perlu Anda ketahui.

Warna Kabel Kipas Outdoor AC

Warna kabel kipas outdoor AC Panasonic relatif sama dengan merek yang lain. Namun kipas outdoor AC Panasonic ini lebih banyak diminati oleh masyarakat Indonesia.

Warna Kabel Kipas Outdoor AC Beserta Fungsinya

Warna kabel kipas outdoor AC terdapat 6 kabel yang terletak pada dinamo. Tiap-tiap warna kabel memiliki karakter masing-masing. Warna kabel kipas outdoor AC tersebut 3 kabel digunakan untuk saklar speed yang masing speed saling berhubungan. 2 kabel difungsikan untuk kapasitor. Sementara 1 kabel difungsikan secara netral. Adapun penjelasan lengkapnya sebagai berikut, yaitu:

  • Kabel pada speed 1

Jalur kabel kipas AC yang ada pada speed 1 ini  yang bertindak sebagai penyambung kumparan utama ke 1 dengan kumparan masukan bagian a1.

  • Kabel pada speed 2

Jalur kabel kipas AC  yang terdapat pada speed 2 ini berkedudukan sebagai penyambung kumparan utama masukan bagian a2 dan kumparan keluaran bagian b2.

  • Kabel pada speed 3

Jalur kabel kipas AC  ini terdapat pada jalur 3 yang berperan sebagai penyambung kumparan utama masukan bagian a3 dan kumparan keluaran bagian b2.

  • Kabel Hitam

Jalur kabel kipas AC ini adalah kabel yang bermuatan positif. Kabel hitam sering disebut dengan kabel netral. Kabel hitam biasanya digunakan atau difungsikan untuk menyambung secara langsung dari arus listrik atau sumber listrik.

  • Kabel Putih

Jalur kabel kipas AC  merupakan jenis kabel yang dihubungkan ke kapasitor. Kapasitor sendiri berperan penting dalam mengoperasikan kipas. Selain terhubung ke kapasitor, kabel putih juga dihubungkan ke sumber listrik.

  • Kabel Merah

Jalur kabel kipas AC adalah sebuah kabel bermuatan posif. Namun kabel merah lebih difungsikan atau digunakan untuk menyambungkan secara langsung ke kapasitor saja.

judul gambar

Warna kabel kipas outdoor AC panasonic

Baca Dulu :

Jalur Kabel Kipas AC Outdoor

Jalur kabel kipas AC Outdoor terdiri dari dua jalur, yakni jalur positif dan jalur negatif. Berikut penjelasan mengenai jalur positif dan jalur negatif.

1.Jalur positif

Jalur kabel kipas AC outdoor yang positif biasanya berwarna merah, coklat ataupun hitam. Jalur Positif merupakan jalur kabel yang bermuatan positif. Jalur bermuatan positif bisa menyetrum apabila menyentuh kulit dan jika diuji pada tespen maka tespen tersebut dapat menyala.

Jalur kabel kipas AC outdoor positif  bisa diketahui dengan melihat  menggunakan tespen. Jika tespen menyala maka bisa dipastikan jalur tersebut positif. Selain dengan memperhatikan tespen, Anda bisa melihat kabel secara langsung. Sebelum merambat ke stop kontak maka jalur positif akan menjalar terlebih dahulu ke MCB (Molded Cace Circuit Breaker).

2. Jalur Negatif

Jalur kabel kipas AC outdoor negatif biasanya menggunakan kabel berwarna biru. Jalur negatif kebalikan dari jalur positif. Jika jalur positif bisa menyetrum, maka jalur negatif tidak akan menyetrum jika terkena kulit. Itu artinya jalur negatif bermuatan negatif.

Jalur kabel kipas AC outdoor bisa diketahui bermuatan negatif adalah dengan mengamati tespen. Anda bisa mengamati apakah tespen tersebut akan menyala atau justru tidak menyala sama sekali. Jika tidak menyala maka dapat dipastikan bahwa jalur kabel tersebut bermuatan negatif.

Baca Juga :

Jalur kabel kipas AC terdiri dari 6 kabel yang masing-masing kabel bekerja sesuai dengan fungsinya masing-masing. Tiap-tiap warna kabel juga memiliki perannya sendiri-sendiri.

judul gambar

Leave a Reply

Your email address will not be published.