Cara Agar Kipas Angin Lebih Kencang & Angin Lebih Besar

2 min read

cara agar kipas angin lebih kencang

Kipas angin sangat berguna ketika cuaca panas, biasanya digunakan di dalam ruangan. Nah, kipas angin ini juga bisa mengalami kendala. Salah satunya kipas angin berputar pelan, sehingga angin tidak bisa keluar. Tenang saja cara agar kipas angin lebih kencang ini sangat mudah dilakukan.

Cara Agar Kipas Angin Lebih Kencang

Baca Dulu : Cara Memperbaiki Kipas Angin Mini Tidak Bisa Berputar

Cara Agar  Kipas Angin Berputar Lebih Kencang

Kamu pasti pernah menemukan masalah di kipas angin, yang bisa berputar namun putarannya lambat meski sudah disetel pada level kecepatan full. Kondisi ini jika dibiarkan bisa membuat kipas angin cepat rusak.

Maka, hentikan penggunaan kipas angin dan lakukan perbaikan di bagian dinamo atau motor kipas angin yang kemungkinan besar terbakar, atau di spare part lainnya. Cara mengatasinya adalah :

1. Ganti Gearbox yang telah rusak 

Gearbox bisa meleleh atau pecah. Kondisi ini membuat kipas angin kurang kencang berputar. Kamu bisa mengatasinya dengan copot Gearbox dan gantilah yang baru kalau Kamu ingin pakai fitur swing atau fitur putar kanan-kiri.

2. Bersihkan As kipas angin

kotoran yang menumpuk bisa jadi penyebab kipas angin berputar lambat. Hal ini karena putaran as dinamo berat dan seret, karena kotoran yang menumpuk.

Maka, jangan lupa membersihkan kipas angin dengan cara dibongkar sampai ke dinamonya. Ada banyak teknik membersihkan kipas mudah yang bisa Kamu pelajari dari internet.

3. Ganti kapasitor kipas angin lebih besar

Kapasitor ini punya fungsi untuk menambah kekuatan dan daya putar dinamo, kalau kapasitor lemah maka daya yang masuk dinamo juga lemah. Jadi, putaran kipas akan loyo. Jika ini memang masalahnya, Kamu harus mengganti kapasitor kipas angin yang lemot tadi.

4. Mengganti Dinamo

Jika sudah ganti kapasitor kipas angin masih lemah, mungkin ada masalah lain yakni dinamo yang rusak. Kondisi yang umum terjadi adalah adanya lilitan yang hampir terbakar. Hal ini biasanya ditandai dengan suhu dinamo cepat panas ketika dipakai.

Artikel Lainnya :

judul gambar

Penyebab Kipas Angin Panas dan Tidak Berputar

Penyebab Kipas Angin Panas dan Tidak Berputar

Ada beberapa penyebab yang membuat putaran kipas angin lambat, atau tidak berputar bahkan kipas angin terlalu kencang berputar hingga membuat kipas angin cepat panas. Inilah penyebabnya :

1. Korsleting di bagian gulungan motor 

Korsleting pada gulungan motor membuat mesin menarik lebih besar arus listrik tidak seperti biasanya. Kondisi ini jika berlanjut, akan berisiko kipas angin rusak tidak mau berputar bahkan bisa terbakar.

2. Kamu kurang memberi kipas angin perawatan

Jika beli kipas dan tidak dirawat, jelas kipas angin akan mudah rusak. Kamu hanya perlu mengelap, memberikan pelumas di mesin kipas angin. Biasanya mesin berat serta motor kipas mudah panas.

Kondisi ini sebenarnya tidak hanya terjadi pada kipas angin. Bahkan alat elektronik di rumah juga mudah rusak jika tidak dirawat. misalnya, kulkas, mesin cuci, pendingin udara, dan sebagainya.

3. Debu yang menumpuk di kipas angin 

Debu menumpuk bisa membuat kipas angin panas dan seret. Apalagi jika Kamu tidak pernah membersihkannya, maka bisa mengakibatkan kemacetan bagian bos/bearing kipas angin. Hal ini berakibat pada putaran baling-baling lambat bahkan tidak berputar sama sekali.

4. Bushing kipas angin telah aus

Kamu dapat memasukkan as motor dalam bushing. Lalu Kamu goyangkan ke kiri dan kanan untuk mengecek kondisinya. Kalau bushing longgar maupun ikut goyang, tandanya bushing rusak dan butuh diganti.

Bushing yang aus ini bisa membuat kinerja kipas terganggu, jadi Kamu bisa lepaskan budhing dan ganti yang baru supaya kipas angin bisa kembali dipakai.

Baca Juga :

Itulah cara agar kipas angin lebih kencang yang bisa Kamu praktikkan. Semoga membantu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close
Alternative Text