Kenapa Mesin Cuci Bunyi Nging & Berisik Saat Spin?

2 min read

Mesin cuci bunyi nging

Mesin cuci adalah salah satu peralatan elektronik yang banyak digunakan, baik untuk usaha atau untuk kebutuhan di rumah tangga. Namanya juga alat elektronik, maka mesin cuci bisa rusak. Salah satunya masalah mesin cuci bunyi nging. Kenapa hal ini bisa terjadi dan bagaimana mengatasinya?

Mesin Cuci Bunyi Nging

Baca Dulu : Pengering Mesin Cuci Berputar Pelan

Kenapa Mesin Cuci Bunyi  ” Nging ” / Mendengung?

Ada beberapa penyebab yang membuat mesin cuci yang biasanya anteng menjadi bising dan berbunyi nging,yakni:

  1. Kalau Kamu meletakkan mesin cuci di lantai yang permukaan tidak rata, maka mesin cuci bisa bergetar secara berlebihan dan membuat lantai, dinding akan cepat rusak. Kalau mesin cuci ada di permukaan datar bisa meminimalisir kebisingan.
  2. Bantalan pada tabung mesin cuci aus atau rusak. Bagian ini penting sebagai bak mesin cuci yang bisa berputar bebas. Jika bantalan tabung telah aus, membuat putaran tidak rata dan bisa membuat mesin cuci berisik saat spin.
  3. Beban mesin cuci tidak ditata merata. Hal ini terjadi ketika Kamu tidak memasukan pakaian dalam mesin cuci dengan baik, karena membuat bak bagian dalam mesin cuci putarannya tidak merata. Jadi, suara bising akan terdengar dengan keras.
  4. Sabuk mesin cuci telah aus, biasanya suara bising akan muncul secara terus-menerus. Jika demikian, sepertinya sudah waktunya ganti sabuk mesin yang harganya mulai Rp 300 ribuan.

Cara Mengatasi Suara Dengung Pada Mesin Cuci

Setelah Kamu tahu masalah mesin cuci mendengung di atas, Kamu bisa mengatasi masalah ini dengan beberapa cara. Penanganan segara lebih efektif agar kipas angin tidak semakin parah:

1. Perbaiki kabel yang putus 

kabel putus bisa karena tikus. Kamu harus menyambung kabel secara sesuai. Buka dulu tutup mata mesin cuci. Lanjut, cari sambungan yang terputus. Sambungkan maupun ganti kabel jika kabel benar-benar rusak.

2. Cara memperbaiki putus tali rem 

Mesin cuci juga punya tali rem yang terhubung pada kampas rem di dinamo. Jadi, ketika saluran putus dinamo tidak akan berfungsi. Kamu bisa perbaiki dengan mudah, dengan tarik di bagian tali rem belajar mekanisme pengereman.

3. Cara memperbaiki motor Dinamo

Jika mesin cuci masih mendengung, Coba deh cek motor dinamonya. Bagian ini cukup penting dan lebih mahal dibanding komponen lain. Kamu bisa cek dengan mengukur spull pakai ohm meter, Jika tidak ketemu lilitan yang terputus itu, maka yang harus diganti adalah gulungannya.

judul gambar

4. Cara perbaiki kapasitor

Jika mesin cuci kamu masih saja bising, cobalah untuk cek bagian kapasitornya. Bagian ini jadi penyimpan tenaga pada dinamo supaya bisa gerak. Kapasitor rusak umumnya menggembung.

Artikel Lainnya :

Masalah Lain yang Terjadi Pada Mesin Cuci dan Cara Mengatasinya

Masalah Lain yang Terjadi Pada Mesin Cuci dan Cara Mengatasinya

Selain Mesin cuci bunyi nging ada masalah lain yang harus Kamu tahu, yakni :

1. Mesin cuci mati total 

Hal ini bisa terjadi karena colokan yang tidak menancap, mungkin juga karena power supply atau modul pada mesin cuci. Bagi yang awam, maka atasi dengan ganti modul. Modul bisa dibeli secara offline maupun online. Jika belum hidup juga bisa pergi ke teknisi profesional.

2. Mesin cuci merembes atau bocor

Kamu pernah melihat genangan air di sekitar mesin cuci secara tiba-tiba? Nah cobalah periksa mesin cuci di bagian selang juga pompa. Kalau Kamu temukan mesin cuci ada kebocoran, maka Kamu bisa perbaikan dengan ganti selang hingga ganti pompa mesin cuci.

3. Mesin cuci nyetrum

Kamu bisa periksa stop kontak, kebocoran listrik, lokasi mesin cuci lembab, karena pemanasan mesin. Segera lakukan perbaikan dengan panggil teknisi.

Baca Juga :

Itulah penyebab dan cara mengatasi Mesin cuci bunyi nging dan masalah lain yang bisa terjadi. semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close
Alternative Text