Kerusakan Mesin Cuci Samsung 1 Tabung Tidak Berputar

2 min read

kerusakan mesin cuci 1 tabung

Mesin cuci 1 tabung merupakan jenis mesin cuci yang dirancang untuk melakukan pencucian serta pengeringan dalam satu tabung yang sama. Jenis mesin cuci ini memiliki 2 tipe yakni top loading seperti pada merek Samsung  dan front loading seperti pada kebanyakan merek lainnya. Nah, kerusakan mesin cuci 1 tabung ini lebih kerap terjadi serta lebih sulit memperbaikinya.

Kerusakan mesin cuci 1 tabung

Hal ini dikarenakan kebanyakan mesin cuci 1 tabung memiliki modul kontrol otomatis yang strukturnya lebih rumit dibandingkan mesin cuci 2 tabung. Namun, bukan berarti kalian tidak bisa diperbaikinya. Di kesempatan ini,  kami ingin berbagi beberapa hal yang menjadi penyebab kerusakan mesin cuci 1 tabung. Jika penasaran, yuk simak informasi selengkapnya.

Baca Dulu : Cara Memperbaiki Mesin Cuci LG Turbo Drum Tidak Berputar

Jenis Kerusakan Mesin Cuci 1 Tabung dan Cara Mengatasinya

Berikut ini beragam jenis kerusakan mesin cuci 1 tabung Samsung yang perlu kalian ketahui:

1. Kerusakan Modul Mesin

Modul mesin cuci 1 tabung yang mengalami kerusakan sangatlah sulit untuk diperbaiki. Hanya mereka para teknisi berpengalaman yang punya peralatan lengkap yang dapat memperbaikinya.

Hal ini dikarenakan modul mesin cuci 1 tabung umumnya memiliki lapisan isolator (terbuat dari silikon cair) yang menutupi berbagai komponen PCB.

Ciri-ciri modul mesin cuci rusak ialah:

  • Terdapat tanda-tanda terbakar atau gosong
  • Retak atau pecah pada bagian luarnya
  • Mesin mati total walaupun tegangan masuk
  • Terdapat lubang pada lapisan isolatornya
  • Lampu indikator berkedip-kedip random

Cara memperbaikinya: silakan buka bagian modul hingga tampak lapisan isolatornya. Jika tampak bening maka bisa kalian cek secara fisik apakah terjadi kerusakan seperti terbakar, pecah, hancur atau lainnya. Jika memang terjadi kerusakan, maka tidak ada cara lain selain mengganti modulnya dengan yang baru.

2. Kerusakan pada Dinamo / Motor Listik

Kerusakan pada Dinamo / Motor Listik

Kerusakan inilah yang menjadi alasan utama kenapa mesin cuci samsung 1 tabung tidak berputar. Sama halnya seperti kerusakan modul mesin, kerusakan dinamo pun sangat sulit untuk diperbaiki karena susunan kabelnya yang rumit dan cashingnya yang melekat sempurna.

Penyebab kerusakan pada dinamo sendiri sangat banyak diantaranya adalah:

  • Penggunaan yang berlebihan dalam waktu lama
  • Faktor usia sehingga dinamo sudah usang
  • Terkena tetesan air dari tabung yang bocor
  • Konsleting pada coil
  • Terjadi masalah pada gearbox dan vbelt

Cara mengatasinya: daripada memperbaikinya yang belum tentu berhasil, kami rekomendasikan untuk membeli dinamo baru saja. Pastikan kapasitas dan ukurannya sesuai dengan tipe mesin cuci yang kalian miliki.

judul gambar

Ketahui :

3. Kerusakan pada Spin Mesin Cuci

Spin merupakan komponen yang digunakan untuk mengeringkan pakaian setelah selesai di cuci. Proses pengeringan pada mesin cuci 1 tabung dilakukan dalam tabung yang sama, tidak terpisah layaknya mesin cuci 2 tabung.

Dalam hal ini, motor listrik yang digunakan pun sama sehingga seringkali mengakibatkan pemakaian yang berlebihan yang menjadikan mesin cepat aus dan rusak.

Tak hanya itu, ada banyak komponen yang mempengaruhi kerusakan pada spin mesin cuci 1 tabung. Di antaranya ialah:

  • Kapasitor
  • Vbelt
  • Motor wash
  • Drain pump
  • Gearbox

Cara memperbaikinya: silakan cek masing-masing komponen di atas apakah ada yang rusak atau tidak. Jika ada, kalian bisa menggantinya dengan komponen yang baru. Namun jika memungkinkan untuk memperbaiknya, maka silakan di coba untuk diperbaiki terlebih dahulu.

4. Kerusakan Sensor Water Pressure

Kerusakan Sensor Water Pressure

Sensor water pressure atau disebut juga  water level pressure switch merupakan komponen mesin cuci yang bekerja sebagai sensor untuk menentukan apakah kebutuhan air sudah cukup atau belum.

Cara kerjanya ialah dengan memanfaatkan kapasitas tekanan udara yang mengalir dari tabung menuju ke sensor water pressure.

Kerusakan mesin cuci 1 tabung ini akan mengakibatkan kendala seperti halnya:

  • Mesin cuci tidak dapat berputar
  • Air meluber berlebih walau sudah penuh

Cara mengatasinya: periksa komponen sensor water presssure apakah mengalami kendala atau tidak. Apabila terjadi kendala baik pada tube maupun selangnya, maka kalian dapat menggantinya dengan yang baru mengingat komponen ini sulit diperbaiki.

Baca Juga :

Demikianlah beragam kerusakan mesin cuci 1 tabung yang sering terjadi. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kalian semua. Sampai jumpa lagi di artikel yang akan datang!

judul gambar

Leave a Reply

Your email address will not be published.