Penyebab & Cara Memperbaiki TV LG Lampu Indikator Nyala Terus Mati

2 min read

tv lg lampu indikator nyala terus mati

TV LG susah menyala menjadi salah satu permasalahan yang dihadapi oleh pengguna LG. Hal ini tentu membuat pengguna tidak bisa menikmati acara televisi dengan nyaman. Ada berbagai macam masalah yang membuat TV LG menjadi sulit untuk dinyalakan. Salah satunya adalah TV LG lampu indikator nyala terus mati.

tv lg lampu indikator nyala terus mati

Selain itu, TV LG juga bisa mati total dengan lampu indikator tidak bisa menyala sama sekali. Ada beberapa penyebab TV mati total lampu indikator tidak menyala yang sering terjadi. Oleh karena itu, untuk mengatasi hal tersebut penting bagi pengguna untuk mengetahui penyebab kerusakan TV dan cara memperbaiki TV LG yang hidup mati maupun mati total.

tv lg lampu indikator nyala terus mati

Beberapa Cara Memperbaiki TV LG yang Hidup Mati

Cara memperbaiki TV LG yang hidup mati dapat dilakukan dengan berbagai cara. Hal ini disesuaikan dengan penyebab dari masalah lampu indikator yang menyala sebentar kemudian mati kembali. Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan agar TV LG yang mati dengan lampu indikator menyala sebentar bisa diperbaiki.

  1. Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah dengan mengukur tegangan sekunder pada TV LG tersebut. Hal ini bisa dilakukan untuk mengukur apakah tegangan TV dalam batas normal atau tidak. Jika tegangan di bawah batas normal, maka pengukuran bisa dilakukan pada TR Horizontal. Jika hasil TR Horizontal normal, maka besar kemungkinan permasalahan ada pada flayback TV LG. Kerusakan pada flayback TV dapat diatasi dengan menggantinya menggunakan flayback TV yang baru. Berikut ini salah satu contoh gambar flayback TV LG.
  2. Selain mengganti flayback, hal lain yang bisa dilakukan jika tegangan turun adalah mengganti IC vertikal LA78141 yang lama dengan yang baru. Berikut ini contoh gambar IC vertikal LA78141. IC vertikal LA78141.
  3. Jika penggantian IC vertikal LA78141 tidak berhasil, pengguna bisa menggantinya dengan Q840=KA431. Umumnya, ketika langkah ini dilakukan, TV LG tersebut bisa dinyalakan kembali.

Baca Juga :

judul gambar

Beberapa Penyebab TV Mati Total Lampu Indikator Tidak Menyala

TV LG susah menyala dapat terjadi dalam berbagai macam bentuk. Salah satunya adalah kondisi TV mati total dan lampu indikator TV tidak lagi menyala. Kondisi ini dapat disebabkan oleh beberapa hal. Oleh karena itu, untuk memperbaiki kondisi TV LG yang mati total, pengguna harus mengetahui apa saja hal yang menyebabkan TV LG bisa mati total.

  1. Saklar yang tidak berfungsi bisa menjadi salah satu penyebab TV LG mati total. Umumnya, saklar akan mulai mengalami kerusakan saat harus dipencet beberapa kali untuk bisa dinyalakan. Jika kerusakan cukup parah, saklar akan mati total. Sehingga, TV LG akan mati total.
  2. Kerusakan pada posistor juga bisa menyebabkan TV LG menjadi tidak menyala. Posistor digunakan sebagai medan magnet dalam TV. Jika posistor mengalami kerusakan, hal ini akan merembet pada MCB. Sehingga, TV LG tersebut akan mati total dan lampu indikatornya tidak akan menyala.
  3. Transistor juga menjadi salah satu komponen yang membuat TV LG mati total. Transistor akan mengalami kerusakan jika MCB anjlok. Kerusakan ini juga akan mengakibatkan TV mati total. Oleh karena itu, penting bagi pengguna untuk bisa mengecek apakah transistor mengalami kerusakan atau tidak saat MCB anjlok. Sehingga, TV LG tidak mati total. Akan tetapi, bagi pengguna yang tidak bisa membongkar beberapa bagian TV, akan lebih baik untuk menyerahkan proses perbaikannya pada teknisi yang lebih handal.

Baca Juga :

Demikian pembahasan mengenai TV LG lampu indikator nyala terus mati serta penyebab TV mati total lampu indikator tidak menyala juga cara memperbaikinya, semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close
Alternative Text