AC Daikin Tidak Dingin – Penyebab & Cara Mengatasi

2 min read

ac daikin tidak dingin

Penyebab AC Daikin tidak dingin ada bermacam-macam. Oleh karena itu, cara menanganinya pun pasti akan berbeda. Apabila Anda memiliki masalah terkait AC, maka artikel ini bisa menjadi jawaban tepat. Pada kali ini akan dijelaskan mengenai penyebab serta cara mengatasi AC tidak dingin. Agar lebih jelas, silakan simak pembahasan di bawah ini.

ac daikin tidak dingin

AC Daikin Tidak Dingin, Apa Penyebab dan Bagaimana Cara Mengatasinya?

Sebelum masuk ke pembahasan utama, ada baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu mengenai apa itu AC. AC atau Air Conditioner merupakan perangkat pendingin udara yang dipasang pada rumah atau ruangan tertentu. Perangkat ini tidak wajib ada di ruangan selama memiliki sirkulasi udara terjaga. Jika tidak, maka AC bisa membantu mendapatkan sirkulasi udara lebih baik.

Penyebab AC Tidak Dingin Hanya Keluar Angin

1. Overload pada ampere kompresor

Overload pada ampere kompresor

Pertama, ada kemungkinan AC tidak terasa dingin karena terjadi overload pada ampere kompresor. Sebenarnya kapasitor rusak pun bisa menjadi alasan. Akan tetapi, jika kondisi kapasitor baik-baik saja, ampere kompresor mungkin melebihi batas normal. Untuk memeriksa besaran ampere, Anda bisa menggunakan clamp meter. Jepit pada bagian rahang tang ke kabel positif dan negatif.

Baca Dulu : Kode Remote AC Sharp 

2. Freon habis

Freon habis

Selanjutnya, freon yang habis juga bisa menjadi penyebab kenapa AC tidak dingin. Seperti kita ketahui, freon merupakan bahan cukup penting untuk AC. Ada beberapa alasan kenapa freon habis, salah satunya adalah terjadi kebocoran di bagian pipa sirkulasi. Freon mempunyai kandungan bromin, hidrogen, serta klorin, yakni berfungsi membuat udara menjadi dingin.

3. Filter kotor

Seperti halnya barang elektronik lainnya, AC pun juga harus mendapatkan perawatan rutin. Salah satu yang perlu dilakukan adalah membersihkan bagian filter. Filter merupakan bagian sangat penting. Jadi, jangan sampai bagian tersebut diabaikan dalam waktu lama. Setidaknya lakukan pembersihan rutin pada filter setiap satu ataupun dua minggu sekali.

Meskipun sangat penting, sayangnya masih banyak orang mengabaikan hal tersebut. Terlebih lagi jika AC dipasang di rumah. Apabila dipasang di kantor, mungkin masih ada petugas yang melakukan perawatan secara rutin. Akan tetapi, berbeda jika dipasang di rumah pribadi. Mau tidak mau, pemilik rumah lah paling bertanggung jawab atas hal tersebut.

judul gambar

4. Ukuran ruangan tidak sesuai kapasitas

Jika diperhatikan, Air Conditioner memiliki kapasitas berbeda-beda seperti 1/2 Pk, 1 Pk, atau 2 Pk. Kapasitas tersebut sebenarnya berhubungan dengan ukuran ruangan yang akan dipasang AC. Apabila kapasitas terlalu kecil kemudian dipasang di ruangan berukuran luas, maka tentu saja tidak akan terasa dingin. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui kapasitas tersebut.

5. Kondisi ruangan

Selain ukuran, kondisi ruangan juga cukup berpengaruh. Sebagai contoh, apabila ruangan lebih sering terkena sinar matahari langsung melalui kaca, ada kemungkinan dinginnya AC tidak akan terlalu terasa. Selain itu, penggunaan bahan bangunan seperti semen dan pasir juga berpotensi membuat ruangan terasa lebih panas. Tentu saja hal ini akan turut berpengaruh dalam kinerja AC.

Ketahui:

6. Kondensor Kotor

Satu lagi faktor yang mungkin cukup bersifat teknis, yakni kondensor AC kotor. Komponen ini letaknya berada di bagian luar dan memiliki fungsi memanaskan freon pada suhu tertentu. Agar Air Conditioner bisa dingin kembali, maka bagian tersebut harus dibersihkan secara rutin. Untuk membersihkannya cukup sederhana, yakni menggunakan air sabun lalu siram air bersih secara perlahan.

Cara Mengatasi AC Tidak Dingin

Cara Mengatasi AC Tidak Dingin

Setelah mengetahui beberapa penyebab di atas, maka Anda akan lebih mudah mengatasi masalah tersebut. Misalnya, apabila penyebabnya dikarenakan faktor luar perangkat seperti ukuran ruangan maka lebih baik lakukan penyesuaian. Kemudian, jika masalah disebabkan faktor teknis, lakukan tindakan sesuai penyebabnya.

Sebagai contoh, apabila masalahnya adalah kondensor atau filter kotor, lakukan pembersihan di komponen tersebut. Apabila terjadi kerusakan pada kompresor, PCB, atau freon, maka cara membuat AC dingin kembali adalah segera memperbaiki, baik secara mandiri maupun menggunakan layanan servis.

Baca Juga :

Demikian pembahasan mengenai penyebab AC Daikin tidak dingin dan cara mengatasinya. Jadi, setelah menyimak pembahasan di atas, Anda bisa lebih berhati-hati lagi dalam melakukan perawatan serta tidak perlu terlalu panik ketika AC tiba-tiba terasa tidak dingin. Yang terpenting adalah kenali penyebabnya lalu lakukan tindakan secara tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close
Alternative Text