Cara Menyambung Kabel Kipas Angin Gantung Maspion & Panasonic

2 min read

cara menyambung kabel kipas angin gantung

Cara menyambung kabel kipas angin gantung memang tidak boleh sembarangan. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Oleh karena itu, jika Anda sedang ingin melakukan instalasi kipas gantung, pembahasan berikut ini bisa dijadikan sumber referensi. Dengan demikian, tidak akan ada kesalahan dalam pemasangan sehingga akan berfungsi secara normal. Silakan simak hingga selesai.

cara menyambung kabel kipas angin gantung

Cara Pasang Kipas Angin Gantung Panasonic

Ketika hendak melakukan pemasangan, ada beberapa hal yang wajib diperhatikan seperti lokasi memasangnya. Apabila posisi kurang tepat, maka kipas gantung tidak akan berfungsi optimal. Lalu di mana sebaiknya alat ini dipasang?

Agar lebih mudah dalam memperkirakan, Anda bisa memasang alat tersebut dengan jarak 8 kaki agar aliran udara lebih luas serta menghindari terjadi kecelakaan. Selanjutnya, bagian bilah setidaknya harus berjarak minimal 25 sentimeter dari langit-langit. Pastikan langit-langit kokoh serta tidak ada kerusakan pada bagian permukaannya. Jika sudah, maka ikuti langkah pemasangan berikut ini.

1. Merangkai kipas angin

Langkah pertama adalah merangkai terlebih dahulu. Setiap produk pasti mempunyai instruksi atau buku manual di dalamnya. Pastikan Anda mematuhi instruksi tersebut guna menghindari hal-hal tidak diinginkan. Proses merangkai dimulai dari menempatkan bilah pada badan utama menggunakan sekrup. Cek apakah posisi bilah tersebut sudah benar supaya berfungsi normal.

Baca Juga :Cara Pasang Kapasitor Kipas Angin 5 Kabel

Menyambungkan kabel

Selanjutnya, sambungkan cable ke jalur yang tepat. Ada berbagai jenis rangkaian kabel. Namun, kebanyakan menggunakan 4 cable. Cara menyambung kabel kipas angin 4 kabel harus benar-benar sesuai kode warna pada buku panduan rangkaian karena setiap produk mungkin memiliki kode berbeda. Bahkan, beberapa model terdapat terminal, lampu, atau komponen tambahan lainnya.

3. Memutuskan arus lampu

Apabila dua langkah tersebut sudah berhasil dilakukan, berikutnya Anda perlu memutuskan arus lampu terlebih dahulu. Cara ini akan membuat proses pemasangan jauh lebih aman serta lebih rapi dalam hal susunan cable. Menyembunyikan kabel atau menyesuaikan jalur adalah hal penting dalam urusan rangkaian cable. Dengan demikian, ketika dilihat akan jauh lebih nyaman.

4. Menandai titik mengebor

Di bagian sebelumnya telah disebutkan bahwa posisi benar-benar penting dalam pemasangan. Pastikan titik yang akan dibor adalah lokasi terbaik untuk bisa menopang beban kipas secara maksimal. Saat melakukan pengeboran juga harus sangat hati-hati agar tidak terjadi kesalahan.

Ketahui:

5. Memasang braket

Memasang Braket Kipas Angin Gantung

judul gambar

Untuk memasang braket, Anda dapat memakai dump block berukuran 5 mm. Gunakan juga lengan ayun guna mengencangkan braket lebih baik.

6. Membuat sambungan listrik

Ketika sudah terpasang dengan baik, maka langkah berikutnya yang perlu dilakukan adalah membuat sambungan listrik. Semua cable harus saling dihubungkan. Inilah salah satu alasan pentingnya mengamati kode warna pada setiap produk.

7. Menempatkan kipas

Selanjutnya, silakan tempatkan kipas yang telah dipersiapkan sebelumnya pada braket di langit-langit. Lakukan pemasangan secara presisi agar ketika mesin beroperasi tidak terjadi masalah seperti bergoyang atau sebagainya.

8. Mengencangkan trim ke braket

Trim memiliki peran menyembunyikan banyak kabel. Hal tersebut akan membantu agar rangkaian kabel terlihat lebih rapi. Oleh karena itu, jangan lupa untuk mengencangkan trim ke braket.

9. Tes apakah sudah berfungsi normal

Langkah terakhir adalah melakukan pemeriksaan apakah alat tersebut sudah berfungsi secara normal. Perhatikan apakah cahaya menyala dan juga intensitas rotasi bilahnya.

Cara Menyambung Kabel Kipas Angin Gantung Maspion

Untuk menyambungkan kabel kipas gantung Maspion sebenarnya cukup mudah. Silakan ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Tentukan warna kabel untuk dinamoMenentukan warna kabel dinamo
  • Tentukan fungsi dan arah kabel
  • Pastikan warna benar agar tidak terjadi korsletingPastikan warna benar agar tidak terjadi korsleting
  • Silangkan cable dinamo yang terputus
  • Nyalakan kipas kembali
  • Apabila belum menyala, periksa langkah-langkah sebelumnya dengan benar

Cara Pasang Kapasitor Kipas Angin Gantung 3 Kabel

Selain rangkaian 4 cable, ada juga kipas yang menggunakan rangkaian hanya tiga. Berikut adalah cara untuk memasang kapasitornya.

  • Buka tutup kipas menggunakan obeng
  • Potong kedua kabel menggunakan gunting
  • Ambil kapasitor
  • Pasang kapasitor baru
  • Sambungkan bungkus kabel menggunakan isolasi listrik
  • Pastikan terbungkus sempurna
  • Tutup kembali cover
  • Kencangkan sekrup menggunakan obeng
  • Nyalakan kipas
  • Selesai

Baca Juga :

Itulah tadi pembahasan tentang cara menyambung kabel kipas angin gantung dan memasangnya dengan benar. Apabila dirasa masih kesulitan dalam mengerjakan hal di atas, Anda bisa meminta bantuan teknisi guna menghindari hal-hal tidak diinginkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close
Alternative Text