Penyebab & Cara Memperbaiki Putaran Dinamo Mesin Cuci Lemah

2 min read

dinamo mesin cuci lemah

Apakah kalian merasakan bahwa putaran dinamo mesin cuci lemah sehingga tidak mampu mencuci bersih pakaian? Ada banyak hal yang menjadi penyebab dinamo mesin cuci lemah, bila kalian ingin  mengetahuinya secara pasti beserta cara memperbaikinya, silakan simak artikel lengkapnya di bawah ini.

Dinamo mesin cuci lemah

Penyebab Dinamo Mesin Cuci Lemah

Setiap perangkat elektronik yang bekerja dengan putaran pasti memiliki komponen yang dinamakan “dinamo”. Apabila komponen tersebut bermasalah, maka fungsi dari perangkat elektroniknya pun akan terganggu, bahkan dalam kasus terburuknya bisa mati total.

Baca Dulu : Penyebab Dinamo Mesin Cuci Cepat Panas & Kurang Bertenaga

Contohnya pada mesin cuci yang mengalami kendala pada dinamonya. Jika sampai dinamo tersebut bermasalah seperti putaran yang lambat atau tidak dapat berputar sama sekali, maka akan mengakibatkan mesin cuci tersebut tidak dapat bekerja secara semestinya.

Kondisi semacam itu umumnya disebabkan oleh beberapa hal, di antaranya ialah:

  • Kelebihan beban: setiap mesin cuci punya kapasitas daya tampung pakaiannya masing-masing. Umumnya, semakin besar tabung dan juga dinamonya maka daya tampungnya pun akan semakin besar. Bila sampai kelebihan beban, maka putaran dinamo akan melambat karena harus mengeluarkan energi lebih untuk bekerja secara ekstra.
  • Kapasitor lemah: kapasitor adalah elco yang terhubung langsung dengan motor (dinamo). Posisinya ada di bagian belakang mesin cuci dan berfungsi untuk menentukan kecepatan putaran serta sebagai komponen pembantu saat mesin pertama kali dihidupkan. Jika ia rusak atau melemah, maka akan mengakibatkan putaran dinamo menjadi lambat.
  • Vanbelt yang longgar: pemakaian yang terlalu lama tanpa service secara rutin akan mengakibatkan van belt menjadi longgar. Terlebih, jika dudukan dinamonya ikut kendur maka akan membuat tarikan vanbelt makin melemah. Hal inilah yang menjadi penyebab kinerja dinamo tidak maksimal sehingga harus segera diganti dengan vanbelt baru.
  • Gigi Gearbox aus: gearbox merupakan bagian yang menghubungkan antara dinamo dan vanbelt. Komponen ini memiliki gigi yang berguna untuk menghubungkan ke tabung mesin cuci. Jika sampai ia aus, maka akan membuat mesin cuci tidak kuat untuk berputar.
  • Motor dinamo rusak: motor dinamo yang rusak merupakan penyebab dinamo mesin cuci lemah yang paling umum terjadi. Hal ini terjadi karena kondisi dinamo yang sudah usang, pins yang bermasalah, ataupun dari dinamo yang berkarat.

Baca Juga :

judul gambar

Cara Memperbaiki Dinamo Mesin Cuci Lemah

Cara Memperbaiki Dinamo Mesin Cuci Lemah

Untuk memperbaiki dinamo mesin yang rusak atau melemah, kami rekomendasikan untuk menggunakan jasa service elektronik. Namun, bila kalian ingin mencoba memperbaikinya sendiri, maka kami sarankan untuk mengikuti panduan berikut ini:

1.      Cek Kapasitor

Pertama, kalian perlu mengecek terlebih dahulu apakah kapasitornya berada dalam kondisi optimal atau tidak.

Kapasitor berguna untuk menentukan cepat lambatnya putaran dinamo yang kan menggerakkan tabung spin. Apabila sampai rusak, maka dinamo akan melambat atau bahkan tidak mau berputar sama sekali.

Ciri ciri kapasitor mesin cuci lemah ialah dari ukuran faradnya. Apabila nilai “farad” nya tidak sesuai dengan yang tertera di deskripsi mesin cuci, maka berarti sudah rusak dan  perlu diganti dengan yang baru.

2.      Periksa Spull Penggerak Mesin

Dinamo memiliki komponen berupa lilitan kabel (spull). Sebagian besar berjumlah dua lilitan yang masing-masing lilitan memiliki kabelnya tersendiri.

Indikator untuk menentukan spull penggerak mesin bermasalah ialah dilihat dari sambungannya yang putus atau tidak. Terkadang, spull yang terbakar juga akan mengakibatkan kerusakan pada penggerak spin.

Kalian juga dapat memanfaatkan Ohm meter untuk menentukan apakah penggerak spin masih berfungsi normal ataupun tidak. Jika rusak, maka ganti baru saja karena harganya yang tidak mahal yakni hanya berkisar 200 ribuan.

3.      Cek Tegangan Karet Vanbelt

Selanjutnya, cara mengatasi dinamo mesin cuci lemah yang bisa kalian coba ialah  dengan memeriksa tegangan karet vanbelt apakah bermasalah atau tidak.

Jika karet vbelt terlalu kencang, maka itu bisa merusak gearbox sehingga akan mengakibatkan masalah pada putaran mesin. Bila terlalu longgar, maka akan mengakibatkan putaran melambat akibat tidak mendapatkan power yang cukup untuk berputar.

Ketahui :

Itu dia beragam penyebab dinamo mesin cuci lemah beserta cara memperbaikinya. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa kembali di artikel selanjutnya!

judul gambar

Leave a Reply

Your email address will not be published.