Cara Membuka Kode Error Mesin Cuci Electrolux Front & Top Loading

2 min read

Karena kebutuhannya yang cukup krusial, kerusakan atau kondisi error mesin cuci sangat meresahkan para pengguna. Terlebih lagi jika anda sedang genting membutuhkan alat ini. Untuk itu, kenali cara membuka kode error mesin cuci electrolux dan gunakan kode error mesin cuci Electrolux front loading maupun top loading untuk mengatasinya.

Kode Error Mesin Cuci Electrolux

Sebagai salah satu mesin cuci terbaik, Electrolux seringkali menjadi pilihan sebagian besar orang. Terlebih lagi alat ini memiliki jenis tertentu yang bisa dipilih untuk memenuhi kebutuhan pengguna. Dengan demikian, pemilik mesin ini bisa mendapatkan berbagai fungsi efektif mulai dari membersihkan pakaian, menghemat waktu hingga menjaga warna pakaian agar tidak pudar.

kode error mesin cuci electrolux

Mesin cuci Electrolux umumnya memiliki dua jenis model mesin yang dibedakan menjadi mesin cuci front loading dan top loading. Perbedaan tersebut terletak pada tempat bukaan mesin cuci sehingga dapat mempengaruhi keberadaan fitur yang lainnya. Disini, front loading berarti memiliki pintu bukaan pada bagian depan dan top loading memiliki pintu bukaan pada bagian atas.

Mengetahui kondisi tersebut, tak ayal jika kode error mesin cuci Electrolux juga berbeda pada setiap jenisnya. Jika dijabarkan, kode-kode yang dapat digunakan pada mesin cuci ini bahkan memiliki maksud tertentu. Sehingga setiap masalah atau sistem error yang terjadi dapat segera diselesaikan dan mesin bisa digunakan kembali.

Baca Dulu: Kode Error Mesin Cuci Sanyo

Cara Membuka Kode Error Mesin Cuci Electrolux

Lazimnya, setiap masalah pada mesin cuci dapat muncul kapan saja tanpa bisa direncanakan. Meski demikian, anda dapat mengenali setiap masalah yang terjadi dengan memahami tanda-tanda yang ditunjukkan oleh mesin cuci. Selanjutnya, cara membuka kode error mesin cuci electrolux juga bisa anda praktikkan untuk lebih memahami permasalahan yang terjadi.

Kode error mesin cuci electrolux berfungsi sebagai self-diagnosis atau pendeteksi malfungsi pada perangkat mesin. Fitur ini bahkan padat mencegah kerusakan mesin karena operasional unit mesin dapat terhenti dengan seketika. Tak ayal jika berbagai masalah pada alat ini bisa diatasi secara pribadi tanpa harus memanggil teknisi.

Jangan khawatir, cara membuka kode error mesin ini dapat dilakukan dengan mudah dan praktis. Anda dapat menekan tombol start untuk melakukan reset awal pertama kali. Selanjutnya, tekanlah tombol cancel dan pause secara bersamaan dalam kurun waktu kurang lebih 3 sampai 5 detik. Amati kode yang muncul untuk memahami permasalahan yang terjadi.

Baca Dulu: Skema Dinamo Mesin Cuci Front Loading

Kode Error Mesin Cuci Electrolux Front & Top Loading

  1. Mesin Tidak Berfungsi

Sebagian orang mungkin akan panik ketika menghadapi mesin cuci yang tidak bisa berfungsi. Padahal anda bisa mengecek kondisi mesin dengan seksama karena masalah ini terkadang dapat terjadi karena hal sepele. Misalnya saja pintu belum tertutup, mesin belum dialiri arus listrik, listrik tidak stabil maupun sudah atau belum menekan tombol tertentu.

judul gambar

Baca Dulu: Skema Modul Mesin Cuci Polytron

  1. Mesin Tidak Mengisi Air (Kode error E40)

Masalah air tidak bisa mengisi juga dapat terjadi karena kondisi keran air masih tertutup, selang terjepit, filter tersumbat hingga pintu tidak tertutup dengan baik. Disini, anda bisa mengecek kode error yang muncul pada papan kontrol untuk memberikan solusi yang tepat. Bahkan kode error mesin cuci electrolux E40 bisa menjadi pertanda khusus karen memiliki arti pintu tidak tertutup baik.

  1. Mesin Mengisi Air Dan Langsung Membuangnya (Kode Error E10)

Masalah mesin yang dapat mengisi air dan langsung keluar umumnya dapat terjadi karena masalah pembuangan. Pasalnya, kode error E10 dapat muncul pada kondisi ini sebagai pertanda ujung selang pembuangan terlalu rendah. Kode error mesin cuci electrolux top loading pun kode error mesin cuci electrolux front loading bahkan akan menampilkan E10 pada kondisi yang sama.

Baca: Biaya Merubah Mesin Cuci Otomatis Jadi Manual

  1. Tidak Dapat Mengosongkan Air Pada Mesin Cuci (Kode Error E20)

Selanjutnya, anda dapat mengamati kode error E20 pada papan kontrol mesin cuci electrolux yang dapat menyebabkan mesin cuci tidak dapat dikosongkan. Masalah ini umumnya menjadi pertanda pada bagian selang masukan air sehingga anda perlu melakukan pemeriksaan pada bagian selang sebelum memperbaikinya.

  1. Terdapat Air Di Lantai (Kode Error EF0)

Meskipun dapat terjadi karena beberapa hal, kondisi malfungsi air mesin cuci ada di lantai dapat disebabkan oleh kebocoran mesin. Hal ini bahkan ditandai dengan munculnya kode error mesin cuci electrolux EF0 yang muncul pada papan kontrol. Jika anda menemui masalah ini, segeralah melepas steker utama dan tutup keran untuk menghubungi teknisi terkait.

Baca Juga: Harga Paket Mesin Cuci Karpet Rug Speed

  1. Mesin Bergetar Atau Bising

Mesin cuci bergetar atau bising umumnya cukup wajar terjadi dibandingkan dengan masalah yang lain. Meski demikian, anda juga perlu jeli untuk mengamati kondisi ini karena bisa jadi mengalami masalah yang serius. Untuk itu, coba dengarkan getaran mesin cuci apakah masih stabil atau malah memunculkan kode error mesin cuci electrolux yang membutuhkan tindakan tertentu.

Baca Juga:

Mesin cuci electrolux dengan kemampuannya yang lebih canggih dapat membantu anda mendeteksi masalah tertentu sehingga sangat direkomendasikan. Meski demikian, anda sebaiknya memahami kode-kode yang muncul pada alat ini untuk melakukan tindakan tertentu sebelum timbul masalah lain.

judul gambar

Leave a Reply

Your email address will not be published.