Pengering Mesin Cuci 2 Tabung Bunyi Berdecit & Berisik Saat Mencuci

2 min read

mesin cuci bunyi berdecit

Mesin cuci Kamu pasti pernah mengalami masalah, salah satunya mesin cuci bunyi berdecit. Masalah ini jika tidak segera diatasi bisa berakibat parah pada mesin cuci Kamu. Lalu apa saja sih penyebab mesin cuci berdecit dan bagaimana cara mengatasi hal tersebut?

 Mesin Cuci Bunyi Berdecit

Baca Dulu : Mesin Cuci Muter Satu Arah

Alasan Mesin Cuci Bunyi Berdecit Saat Mencuci

Ada beberapa alasan yang membuat mesin cuci bising, sebagai berikut :

1. Alasan mata air 

Kamu bisa cek bagian atas mesin cuci dan kamu cek selama proses pencucian muncul suara deritan atau tidak, jika muncul maka tekanlah bagian mesin cuci dengan kuat. Kalau deritnya hilang, maka masalah di bagian pegas dan batang. Kamu bisa menangani dengan melumasi oli biasa.

2. Sabuk direnggangkan 

Kalau mesin cuci dipakai dalam waktu yang lama. Biasanya sabuk penggerak akan aus/merenggang. Kamu sebaiknya segera kencangkan sabuk atau ganti dengan yang baru.

3. Masalah pada tangki antara drum 

Kadang ada kotoran atau hal lain yang jatuh pada drum atau tabung cuci. Kotoran dan barang ini bisa saja terjepit antara drum dan tangki.

Kondisi ini pasti membuat suara mesin cuci sangat berdecit. Kamu bisa menghilangkannya, lewat lubang dengan menarik keluar barang atau kotoran tersebut.

4. Longgarnya shaft mount 

Mesin cuci yang digunakan berkelanjutan akan melemah proses batang drum mesin cucinya. Drum ini akan bermasalah dan mencicit kontak bagian internal. Kamu hanya butuh mengencangkan elemen bagian pengunci batang drum pada mesin cuci tersebut.

5. Tangki terlalu mepet dinding 

Jika mesin cuci berdecit, coba lakukan penanganan pemeriksaan pegas, klem tangki, hingga peredam kejut. Jika kondisi ini tidak segera diatasi, maka mesin cuci bisa mudah rusak.

6. Mansetnya kotor

Memang penyebab ini jarang terjadi, biasanya ada partikel kecil yang jatuh ke manset mesin cuci. Jika menumpuk, maka peluit penuh dan akan bermasalah ketika proses pencucian.

Makanya, Kamu harus bersihkan manset dengan teratur. Kamu harus bisa memperbaiki bagian celah dan menggantinya.

7. Dudukannya kendur 

Kalau mesin cuci dipakai terus menerus, maka pasti ada kendala bagian casing. Hal ini berakibat mesin cuci berderit, Kamu bisa mengatasi hal ini dengan mengganti sekrup penghubung erat.

Artikel Lainnya :

judul gambar

Pengering Mesin Cuci 2 Tabung Bunyi Berdecit

Pengering Mesin Cuci 2 Tabung Bunyi Berdecit

Pernah menemukan masalah pengering mesin cuci berisik saat mencuci? Mungkin inilah penyebab dan cara mengatasinya :

1. Tata pakaian tidak rapi dan tidak seimbang 

Saat Kamu mengeringkan pakaian sebaiknya jangan dimasukkan seenaknya sendiri. Kamu harus mengatur pakaian dengan benar, supaya posisi pakaian bisa diproses pengeringan lebih baik.

solusinya, kamu hanya butuh meletakkan pakaian supaya dikeringkan dengan benar. Supaya tabung seimbang, pakaian ditata rapi dengan menempatkan pakaian lebih berat pada bagian bawah. Misalkan, pakaian handuk, jeans, hingga jaket.

Untuk pakaian yang ringan lebih baik diletakkan dibagian atas, misalkan pakaian dalam hingga kaos.

2. Tabung tidak balance 

Kondisi pengering mesin cuci bunyi berdecit ini terjadi karena usia, yakni mesin cuci dipakai terlalu lama. Kalau tabung tidak balance, bisa Kamu lihat saat Kamu putar mesin cuci pakaian tangan. Cek putarannya stabil atau tidak. Solusinya hanya gantilah tabung dengan yang baru.

3. Dudukan tabung pengering “oblak”

Dudukan ini lama-kelamaan bisa longgar dan akan melebar bahkan tabung pengering akan menjadi oblok saat berputar cepat. Jadi, mesin cuci  2 tabung bisa berisik ketika dipakai.

Solusinya adalah periksa dulu berapa longgarnya dudukan itu. Kelonggaran ini masih bisa ditoleransi, namun lebih baik bawa ke teknisi supaya lebih baik proses teknisinya.

4. Mesin cuci ditempatkan di lantai yang tidak rata 

Lantai yang tidak rata bisa membuat suara berisik pada mesin cuci 2 tabung, kondisi ini karena mesin cuci tidak dapat berdiri seimbang, jadi putaran tabung ikut tidak seimbang. Solusinya adalah pindahkan ke bagian lantai yang rata.

5. As tabung pengering vs tuas rem bergesekan 

Ada sistem pengereman pada mesin cuci 2 tabung ini. Biasanya ketika pintu tabung pengering dibuka, pengereman ini akan bekerja saat tabung stop berputar. Namun, tuas rem ini bisa mengalami masalah. Solusinya, perbaiki agar tidak nyangkut, atau Kamu lepas rem tersebut.

Ketahui :

Itulah informasi tentang penyebab dan cara mengatasi mesin cuci bunyi berdecit yang mudah dan bisa dilakukan sendiri. Namun, jika ingin maksimal bisa Kamu bawa ke teknisi mesin cuci. semoga membantu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close
Alternative Text