Cara Memasang Skema Modul Mesin Cuci Universal Front Loading

2 min read

kerusakan mesin cuci 1 tabung

Mesin cuci menjadi salah satu kebutuhan elektronik wajib untuk rumah tangga. Pada saat menggunakan alat tersebut, pekerjaan mencuci baju dapat jadi lebih mudah. Akan tetapi, seperti halnya jenis alat elektronik lainnya, alat tersebut juga dapat mengalami kerusakan pada modul. Untuk mengatasinya, salah satu caranya adalah mengganti komponen dengan skema modul mesin cuci universal.

Skema Modul Mesin Cuci Universal

Memilih modul universal seperti ini bisa menjadi cara untuk lebih menghemat biaya penggantian. Pasalnya, jika harus membeli yang original, harganya pasti jauh lebih mahal. Keuntungan lain dari produk universal ini adalah modul ini bisa digunakan ke berbagai macam merek lainnya. Jadi, bisa dibilang alat seperti ini sangat praktis serta mudah untuk diaplikasikan ke berbagai jenis produk lainnya.

Cara Memasang Modul Mesin Cuci Universal

Cara Memasang Modul Mesin Cuci Universal

Baca Dulu: Skema Modul Mesin Cuci LG Turbo Drum

Penggantian menggunakan alat universal memang dipilih banyak orang karena harganya lebih ekonomis. Apabila dibandingkan dengan harga PCB modul original, pastinya harganya jauh berbeda sekali. Meskipun murah, tetapi alat tersebut bisa cukup baik dalam menggantikan peran mesin original. Secara kualitas mungkin tidak sebagus mesin asli, akan tetapi itu bukanlah masalah besar.

Untuk pemasangan alat ini sebenarnya tidak terlalu rumit. Namun, terdapat beberapa perbedaan cara pasang modul universal mesin cuci front loading dengan top loading. Akan tetapi perbedaan tersebut tidaklah jauh berbeda. Anda hanya tinggal mencari produk universal sesuai yang dibutuhkan. Nah, untuk cara pemasangannya, Anda dapat langsung menyimak rinciannya di bawah ini.

1. Menghubungkan Kabel Tegangan

Pada bagian pertama, Anda dapat memulai untuk menghubungkan kabel tegangan. Pertama, lakukan pemasangan kabel tegangan tersebut ke bagian zero line dan yang kedua ke bagian fire line. Lakukan pemasangan secara sempurna agar nantinya tegangan bisa mengalir dengan lancar.

Baca Juga: Skema Modul Mesin Cuci Polytron

judul gambar

2. Pemasangan Kabel Door Switch

Selanjutnya, pemasangan dapat dilanjutkan dengan memasang dua jenis saklar pengaman pintu atau door switch kabel. Untuk lebih memudahkan dan menghindarkan Anda dari melakukan kesalahan, maka lihat saja petunjuk sesuai gambar.

3. Hubungkan Soket Water Level

Langkah selanjutnya adalah menyambungkan pin socket water level / sensor air. Pada bagian ini, terdapat tiga macam pin untuk dihubungkan. Seperti halnya langkah sebelumnya, agar terhindar dari kesalahan pemasangan water level, Anda lebih baik melihat gambar panduannya. Dengan langkah tersebut, water level dapat berfungsi seperti seharusnya.

Ketahui: Harga Modul Mesin Cuci Sharp

Untuk kabel pin, jika versi original masih dapat digunakan, maka lebih baik menggunakannya saja. Pasalnya, produk original pasti lebih punya kualitas dibandingkan universal. Namun, kalau memang tidak memungkinkan maka bisa saja menggunakan kabel pin socket baru.

4. Menghubungkan dinamo motor, motor drain, dan water valve

Kemudian, lanjut mencari tiga kabel yang akan dihubungkan jadi satu menuju dinamo motor penggerak tabung cuci atau spin machine, motor drain / motor retractor, serta ke bagian water valve / selenoid valve. Setelah itu, pin akan dipasang menuju modul universal di samping bagian socket zero line. Lanjut sambungkan socket pin bagian modul dari motor drain dan ke water valve.

5. Sambung Sisa Kabel Spin Tabung

Berikutnya, sambungkan sisa kabel spin tabung motor ke bagian socket modul universal. Pemasangan tidak boleh terbalik karena dapat menyebabkan pengering di tabung bagian dalam tidak bisa berputar. Jika hal tersebut terjadi, maka tinggal dibalik saja agar tabung dalam nantinya dapat ikut berputar.

Proses pemasangan alat seperti di atas dapat berjalan lancar apabila Anda sudah punya modal skema modul universal mesin cuci front loading ataupun top loading. Jadi, saat terdapat kebingungan dalam menghubungkan komponen, Anda dapat melihat skema tersebut untuk mencari jawabannya.

Artikel Terkait:

Selain itu, cara pasang di atas juga berlaku untuk cara pasang modul mesin cuci universal sxy2200 ataupun berbagai macam produk universal lainnya. Namun, bagi Anda yang mencari modul dengan harga terjangkau, maka sxy2200 dapat dijadikan pilihan tepat.

Itulah tadi informasi terkait skema modul mesin cuci universal beserta pemasangannya. Lakukanlah pemasangan ini dengan hati-hati dan teliti agar tidak terjadi kesalahan. Sedikit kesalahan saja, nantinya dapat membuat mesin tidak dapat berfungsi lagi seperti semula.

judul gambar

Leave a Reply

Your email address will not be published.