Fungsi & Letak Tombol Manual AC Sharp

2 min read

tombol manual ac sharp

Tombol manual AC Sharp ada banyak. Letak tombol manual AC Sharp ada di depan. Cara menyalakan AC Sharp dengan menekan tombolnya.

Tombol Manual AC Sharp

Meski demikian tidak ada salahnya mengetahui jenis tombol yang terdapat pada AC merk Sharp. Sebenarnya semua tombol tersebut ada dalam remote karena memang untuk mengaktifkannya dengan alat satu ini.

Baca Juga : Kode Error AC Sharp H6

Macam Tombol Manual AC Sharp

Letak tombol manual AC Sharp ada di bagian depan sehingga mudah bagi remote untuk tersambung. Sebagaimana tombol dalam perangkat elektronik lainnya, secara manual untuk mengoperasikan dengan cara menekannya.

Fungsi remote adalah untuk dapat menjangkau tombol tersebut dengan menggunakan sensor. Tombol apa saja yang ada dalam AC Sharp. Berikut ulasannya:

Jenis dan Fungsi Tombol Dalam AC Sharp

Jenis dan Fungsi Tombol Dalam AC Sharp

Masing-masing tombol manual AC Sharp mempunyai fungsi yang berbeda-beda. Lambang atau gambar yang terdapat pada tombol menunjukkan kegunaannya. Semua berguna untuk kenyamanan dalam penggunaan. Berikut diantaranya:

  1. On/off: tombol ini berfungsi sebagai power untuk menyalakan dan mematikan AC. Pada posisi off, jika menekan on, AC akan menyala, begitu juga sebaliknya. Secara manual, cara menyalakan AC Sharp dengan menekan tombol power.
  2. Salju atau mode cool: jenis tombol ini paling banyak digunakan. Dengan menekan tombol salju maka AC akan bekerja dengan cepat untuk menghasilkan dingin secara menyeluruh.
  3. Matahari : tombol ini disebut juga dengan mode heat atau panas. Tombol ini di Indonesia memang jarang difungsikan. Kegunaannya adalah untuk menghadirkan suhu yang sedikit panas ke dalam ruangan yang terlalu dingin.
  4. Gambar tetes air : disebut dengan nama tombol dry. Dengan menekan tombol ini maka AC akan bekerja mengurangi kelembaban namun tetap menghasilkan dingin. Sistem kerjanya kompresor mati dan hidup a bergantian dengan jeda singkat.
  5. Kipas : menunjukkan mode fan, untuk mengurangi biaya listrik tombol ini bisa digunakan. AC tidak akan menghasilkan dingin berlebih, hanya sejuk dari perputaran kipas atau fan saja.
  6. Indikator bar : fungsi dari tombol ini untuk menunjukkan tingkat kecepatan perputaran kipas atau fan. Semakin tinggi maka perputaran semakin cepat, begitu juga sebaliknya.
  7. Huruf A : tombol manual AC Sharp yang berupa huruf A berfungsi untuk mempertahankan suhu yang saat itu ada, baik dingin maupun agak panas.
  8. Pohon Cemara : ini menunjukkan kebisingan dari AC. Jika tombol ini ditekan maka perangkat akan mengurangi tingkat kebisingan sehingga lebih tenang.
  9. Simbol angin vertical : fungsi dari simbol ini adalah untuk mengarahkan angin yang keluar dari fan ke arah vertikal
  10. Simbol angin horisontal : semua AC mempunyai fitur satu ini, termasuk Sharp. Fungsinya adalah mengarahkan angin secara horisontal.
  11. Turbo : tombol ini berkaitan dengan lamanya proses pendinginan. Jika menekan tombol turbo maka AC akan menghasilkan dingin dengan lebih cepat.
  12. Tidur : salah satu jenis tombol ini dapat disetting sehingga AC bekerja dengan otomatis menurunkan suhu ketika malam hari.
  13. Eco : mode ini berkaitan dengan kemampuan AC Sharp untuk penghematan. Dengan mengaktifkan tombol ini,maka AC akan menghemat daya sebesar 50%. Secara langsung tentu akan menghemat penggunaan listrik.
  14. Mode antivirus : salah satu kelebihan AC Sharp bagi kesehatan adalah membantu menghilangkan atu antivirus. Dengan demikian lebih bersih dan sehat.
  15. Suhu : dari nama dan lambangnya sudah jelas, tombol ini berfungsi untuk pengaturan suhu, menaikkan atau menurunkan sesuai dengan kebutuhan.

Artikel Terkait :

judul gambar

Mengapa Harus Memahami Fungsi Tombol Manual Pada AC Sharp

Mengapa Harus Memahami Fungsi Tombol Manual Pada AC Sharp

Semua tombol yang terdapat pada perangkat AC Sharp mempunyai fungsi berbeda. Pengetahuan tentang hal ini sangat penting untuk dapat menggunakannya secara benar. Tentu sangat sayang jika fitur yang tersedia tidak digunakan dengan baik.

Selama ini tombol yang paling banyak digunakan adalah power atau on off, tombol untuk menaikkan, menurunkan suhu, swing dan fan. Sedang tombol manual pada AC Sharp lain sangat jarang.

Jadi tidak heran jika banyak yang kurang paham mengenai fungsi dan kegunaan masing-masing tombol tersebut. Termasuk fungsi tombol aux pada AC Sharp yang tidak diketahui oleh pengguna pada umumnya.

Ketahui :

Tombol manual AC Sharp penting untuk mengoperasikan. Setiap pengoperasian dan perubahan fitur selalu menggunakan tombol ini. Namun karena penempatan AC di atas, untuk mengakses secara langsung susah sehingga digunakan remote.

judul gambar

Leave a Reply

Your email address will not be published.