Cara Menyalakan & Mematikan AC Sharp Tanpa Remote

2 min read

cara menyalakan ac sharp tanpa remote

Cara menyalakan AC Sharp tanpa remote bukan perkara yang sulit. Tapi masih banyak pengguna yang tidak mengetahuinya. Mungkin salah satunya Anda sendiri.  Bukan hanya itu saja, banyak juga yag tidak mengetahui cara menurunkan suhu AC tanpa remote dan cara mengatur suhu AC Sharp tanpa remote.

Cara Menyalakan AC Sharp Tanpa Remote

Anda pasti bingung ketika remote hilang, tidak berfungsi, atau rusak. Padahal adanya remote sangat penting untuk mengontrol AC. Tapi tenang saja, jika itu terjadi ada cara mematikan AC Sharp tanpa remote dan cara menyalakannya.

Baca Juga : Cara Menghidupkan AC Panasonic

Tips Cara Menyalakan AC Sharp Tanpa Remote

Tips Cara Menyalakan AC Sharp Tanpa Remote

Ketika Anda kehilangan remote, maka akan langsung memiliki pikiran membeli remote yang baru. Supaya bisa memaksimalkan penggunaan AC. Padahal ada cara menyalakan dan cara mematikan AC Sharp tanpa remote. Berikut cara yang bisa Anda gunakan.

1. Menekan Tombol Daya Manual yang Tersembunyi

Sebagian besar AC memiliki tampilan yang eye catching dan glossy. Sehingga produsen AC meletakkan tombol manualnya tidak terlihat dari luar. Supaya tidak kehilangan keindahannya.

Mereka menyembunyikan tombol on off yang dipakai sebagai cara mematikan AC Sharp tanpa remote dan menghidupkannya di dalam casing AC.

Caranya cukup mudah, buka casing indoor bagian atas AC. Kemudian cari tombol kecil atau tombol manual. jika ingin menghidupkan atau mematikan AC Sharp tanpa remote.

Perlu diketahui kalau setiap produsen AC akan meletakkan tombol manual tersebut di tempat berbeda. Jadi, jika ingin menemukannya, Anda bisa melihat buka panduannya. Jika tidak menemukannya atau hilang, bisa lihat di Youtube.

2. Menggunakan HP

Ternyata ada cara menyalakan AC Sharp dengan HP. Adanya HP pintar semakin memudahkan semua urusan orang-orang. Termasuk menyalakan atau menghidupkan AC Sharp.

Asalkan memiliki sensor inframerah IR atau perangkat pemancar inframerah, maka HP tersebut sudah bisa menjadi salah satu cara menyalakan AC Sharp tanpa remote. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu download aplikasi khusus remote AC melalui HP tersebut.

Aplikasi tersebut biasanya bergabung dengan remote TV, tapi Anda hanya perlu memilih yang kontrol aplikasi remote AC dan atur seperti remote AC sungguhan.

Aplikasi yang satu ini juga bisa dijadikan sebagai cara mengatur suhu AC tanpa remote. Mudah bukan! Anda bisa mengaturnya meskipun dalam suasana yang gelap tanpa senter atau penerangan lainnya.

judul gambar

3. Memanfaatkan Fitur Smarthome

Memiliki rumah pintar atau smarthome memang menyenangkan. Tentu saja ada banyak kemudahan di dalamnya. Salah satunya bisa memanfaatkannya sebagai cara menyalakan AC Sharp tanpa remote.

Biasanya unit smarthome mempunyai sensor inframerah IR dan pemancar gelombang RF. Anda bisa mengontrol untuk menyalakan atau mematikan AC dengan memakai pengontrol pusat.

4. Memutuskan Sirkuit Listrik AC

Cara selanjutnya adalah dengan langsung memutuskan colokan dan soket yang terhubung dengan AC. Sebenarnya cara ini tidak direkomendasikan. Tapi akan berbeda jika dalam keadaan terdesak dan membutuhkannya untuk mematikan atau menyalakan AC.

Meskipun tanpa adanya remote, Anda bisa mematikan dan menyalakan AC Sharp dengan beberapa tips di atas. Dengan demikian, Anda juga tidak begitu kaget dan bingung ketika remote tersebut hilang atau tidak berfungsi kembali. Tapi terkadang masalahnya bukan pada remotenya.

Artikel Terkait :

Penyebab Remote AC Tidak Berfungsi

Penyebab Remote AC Tidak Berfungsi

Terkadang penyebab remote AC tidak berfungsi, belum tentu penyebabbya adalah remote itu sendiri. Ada banyak faktor lainnya yang menjadi penyebab remote tidak berfungsi. Oleh karena itu, Anda perlu melakukan pengecekan.

1. Tidak Ada Respon Antara Sensor Remote dengan Sensor AC

Biasanya ini menjadi faktor utama remote AC tidak berfungsi. Yaitu tidak ada respon antara sensor remote dan AC. Penyebabnya bisa saja socket yang kendor atau salah satu jaringan putus.

Penyebab lainnya adalah pemasangan sensor indoor yang belum pas. Sehingga mata sensor tertutup dengan casing AC.

2. AC baru Service atau Cuci

Faktor selanjutnya adalah karena baru Service AC atau dicuci. Jika remote AC tidak berfungsi, maka Anda bisa periksa mata sensornya. Bisa saja terkena air ketika pencucian. Oleh karena itu, Anda bisa mencoba untuk mengeringkannya sendiri.

Ketahui :

Sekarang Anda sudah tahu cara menyalakan AC Sharp tanpa remote dan penyebab dari remote tidak berfungsi. Selanjutnya Anda juga mengetahui cara yang tepat ketika masalah tersebut terjadi lagi. Jangan lupa untuk selalu periksa dengan teliti dan rajin service serta mencuci. Supaya bisa menggunakan AC dengan maksimal.

judul gambar

Leave a Reply

Your email address will not be published.