Cara Memperbaiki Mesin Cuci Samsung Front Loading & 1 Tabung Tidak Bisa Spin

2 min read

mesin cuci samsung 1 tabung tidak bisa spin

Mesin cuci Samsung 1 tabung tidak bisa spin sebenarnya adalah masalah yang cukup umum terjadi, tidak hanya pada merek Samsung saja, tapi juga pada merek yang lain. Begitu juga pada bagian pengering seringkali tidak dapat berputar. Sebetulnya pada tiap perangkat elektronik yang ada di rumah, pengering dan mesin cuci akan rusak seiring dengan pemakaian salah satunya yaitu tabung pengering tersebut tidak mau berputar.

 Mesin Cuci Samsung 1 Tabung Tidak Bisa Spin

Masalah seperti ini dapat dikategorikan cukup ringan ataupun berat tergantung dari penyebabnya. Oleh karena itulah, Kamu perlu mengetahui dulu apa penyebab mengapa mesin cuci tidak berputar dan barulah berikutnya Kamu bisa mengetahui bagaimana cara mengatasinya. Berikut ini adalah beberapa penyebab serta cara untuk memperbaiki mesin cuci dan pengering yang tidak berputar.

Baca Dulu : Kode Error Mesin Cuci Electrolux 

Penyebab dan Cara Mengatasi Mesin Cuci Tidak Berputar

Penyebab dan Cara Mengatasi Mesin Cuci Tidak Berputar

  • Mesin Cuci yang Tidak Seimbang

Salah satu hal yang menyebabkan kenapa mesin cuci samsung front loading tidak bisa spin itu dikarenakan mesin cuci tersebut diletakkan di sebuah area permukaan yang kurang seimbang. Maka dari itu mesin cuci harus diletakkan di tempat yang rata supaya mampu berputar dengan baik.

Lantai yang kurang rata tersebut akan mengakibatkan mesin cuci nantinya bekerja tidak seimbang. Cara mengatasi mesin cuci serta pengering yang tidak berputar ini maka kamu hanya cukup memastikan kaki bersentuhan penuh dengan area lantai. Dengan begitu nantinya mesin cuci milik kamu akan tetap rata sekalipun berada di area permukaan yang cukup bergelombang.

Baca Juga :

judul gambar
  • Terdapat Masalah Pada Tali Pengering

Mesin cuci Samsung 1 tabung tidak bisa spin selanjutnya disebabkan oleh karena terdapat masalah pada bagian tali pengering. Tali pengering ini dikenal juga dengan nama tali vanbelt. Tali tersebut berguna untuk menghentikan putaran tabung dari mesin cuci saat proses pengeringan telah selesai atau tutup tabung tersebut dibuka. Perlu diketahui, seiring pemakaian, tali tersebut bisa saja usang, putus atau jadi longgar.

Sehingga hal itu mengakibatkan tabung pengering nantinya tidak dapat berputar seperti biasanya. Cara untuk mengatasi hal tersebut yaitu tergantung pada kondisi tali vanbelt itu sendiri. Jika tali bermasalah maka kamu cukup mengencangkannya saja, namun jika tali sudah putus, maka tentunya di sini kamu harus mengganti vanbelf dengan komponen tali yang baru supaya pengering mesin dapat berputar seperti sedia kala.

  • Muatan yang Terlalu Penuh

Penyebab selanjutnya mengapa mesin cuci Samsung 1 tabung tidak bisa spin yaitu muatan yang terlalu penuh. Sebagai contoh terdapat pakaian yang terlalu memberatkan bagian satu sisi tabung, hal itu mengakibatkan putaran pada mesin cuci kurang dapat bekerja secara maksimal dan menyebabkan getaran yang hebat.

Kondisi tersebut umumnya seringkali terjadi saat Kamu mencuci jaket yang tebal ataupun selimut. Selain itu beberapa mesin yang baru tidak bisa mencapai putaran maksimal dengan beban yang kurang seimbang, akibatnya baju tidak tercuci serta kering dengan sempurna. Jika di sini kamu merasa masalah tersebut diakibatkan oleh muatan mesin cuci, maka kamu bisa coba atur ulang cucian yang terdapat di dalam drum.

  • Masalah Pada Kabel

Masalah berikut yang menyebabkan mesin cuci Samsung 1 tabung tidak bisa spin yang seringkali dialami yaitu dikarenakan kabel yang putus. Jika mesin cuci milikmu di sini tergolong masih baru, tapi mesin cuci putus, bisa jadi disini disebabkan oleh karena gigitan dari tikus. Terlebih untuk mesin cuci yang jarang sekali dipakai serta ditempatkan di area yang terbuka seperti di bagian luar kamar mandi.

Cara mengatasi hal itu maka tentunya kamu harus mengganti kabel dari mesin cuci. Agar nantinya bisa mencegah masalah supaya tidak terjadi lagi, maka kamu bisa melapisi kabel dengan memakai perlindungan tikus. Atau di sini kamu bisa memindahkan mesin cuci tersebut dalam ruangan supaya terhindar dari serangan gigitan tikus tersebut.

Ketahui :

  • Timer Pengering yang Tidak Menyala

Timer pengering di sini memiliki fungsi dalam mengatur berapa lama tabung pengering tersebut nantinya akan berputar. Kerusakan pada bagian yang baru dapat terjadi oleh karena komponen pegas yang sudah aus atau kabel yang putus. Cara memperbaiki mesin cuci 1 tabung pengering tidak berputar yaitu dengan Kamu memperbaiki timer atau mengganti dengan perangkat yang baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close
Alternative Text