Jalur Kabel Mesin Cuci 2 Tabung Polytron

2 min read

jalur kabel mesin cuci 2 tabung

Jalur kabel mesin cuci 2 tabung umumnya akan memiliki skema gambar rangkaian mesin cuci yang terdapat di bagian bodi belakang mesin cuci, mulai dari komponen sambungan kabel hingga warna kabel supaya lebih memudahkan teknisi ketika ingin melakukan proses perbaikan. Tapi terkadang para teknisi akan memakai kabel seadanya saat ingin melakukan proses perbaikan, sehingga warna kabel cenderung kadang tidak sesuai dengan gambar.

 Jalur Kabel Mesin Cuci 2 Tabung

Hal tersebut tentu akan membuat teknisi pemula merasa sedikit merepotkan dan kebingungan, tapi jika di sini kamu sudah mengetahui dasar dalam penyambungannya maka kamu akan bisa menelusuri jalur kabel serta bagaimana cara memperbaikinya.

Baca Dulu : Skema Modul Mesin Cuci Polytron

Mengetahui Jalur Kabel Mesin Cuci 2 Tabung

Komponen utama dari sebuah mesin cuci yaitu dinamo mesin. Untuk mesin cuci yang belum pernah mengalami proses perbaikan khususnya di sini untuk instalasi kabel dan mesin dinamo tentu akan lebih mudah untuk kamu pelajari. Yang sering terjadi adalah di sini kamu lupa jalur kabel mesin cuci 2 tabung pada dinamo mesin cuci saat tengah bongkar dan juga memotong kabel dinamo dari kelistrikan.

Atau juga ketika kamu membeli dinamo mesin yang baru ataupun yang bekas. Jika di sini kamu membeli dinamo baru, umumnya kabel biru akan dipakai untuk kabel listrik secara langsung. Tapi untuk memastikan maka sebaiknya kamu melakukan proses pengetesan kembali.

Artikel Terkait :

Jalur Kabel Mesin Cuci 2 Tabung Polytron

Jalur Kabel Mesin Cuci 2 Tabung Polytron

judul gambar

Jadi sebelum di sini kamu belajar mengenai jalur kabel mesin cuci 2 tabung Polytron maka sebaiknya kamu mengetahui lebih dahulu komponen yang terdapat di dalam dan juga fungsi dari komponen-komponen itu. Jika kamu sudah mengetahui komponen dari mesin cuci 2 tabung, maka harga tertentu akan lebih memudahkan kamu dalam membaca skema kelistrikan dari mesin cuci tersebut.

Untuk dinamo asli, maka kamu tinggal membaca dari gambar. Dinamo mesin cuci mempunyai setidaknya 3 kabel, 1 kabel untuk listrik secara langsung dan sisanya digunakan untuk kapasitor yang salah satu kabel kapasitor akan tersambung ke dalam kabel listrik kedua. Sedangkan untuk dinamo mesin cuci yang telah diganti baru kadang tidak memperhatikan warna kabel ori sehingga kamu harus mencari mana kabel untuk kapasitor dan mana yang menuju ke listrik secara langsung.

Salah satu masalah yang seringkali dihadapi oleh kamu yang ingin mengetahui jalur kabel mesin cuci sharp 2 tabung ataupun yang ingin memasang dinamo mesin cuci, yaitu bagaimana cara mengetahui jalur listrik langsung dan untuk kapasitor. Untuk dapat mengetahuinya kamu memerlukan sebuah alat seperti contohnya avometer untuk menentukan hambatan yang ada pada tiap kabel.

Kamu di sini bisa mengatur avometer pada posisi skala ohm kemudian untuk lebih mudah kamu misalkan kabel pada mesin cuci yaitu A, B dan juga C. Kemudian kamu lakukan pengecekan secara runtut dan lihat hasil, misal data yang kamu dapat seperti di bawah ini.

A – C = 96 ohm

B – C = 102 omh

A – B = 194 omh

Agar dapat menentukan kabel langsung ke listrik maka kamu bisa mengambil hasil data yang paling kecil seperti pada penyambungan A ke C. Kemudian kamu lihat hasil penyambungan jalur kabel mesin cuci sharp 2 tabung dengan angka paling besar. Maka nantinya kabel yang tidak ada pada hambatan terbesar dalam hal ini yaitu kabel c merupakan listrik langsung.

Sedangkan penyambungan yang paling besar hambatan yaitu kabel A ke B disambungkan pada kapasitor. Untuk menghidupkan mesin berarti di sini masih terdapat satu kabel listrik yang belum mengalami sambungan. Maka untuk kabel listrik yang belum tersambung tersebut nanti akan disambungkan pada kabel kapasitor. Untuk menentukannya maka di sini kamu harus kembali pada hasil pengetesan untuk hambatan terendah, yaitu kabel A dan C.

Ketahui :

Kedua kabel tersebut sudah dapat dipastikan menjadi jalur arus listrik karena di sini kabel C tidak mempunyai hambatan paling besar maka dapat dipastikan menjadi kabel listrik langsung. Sedangkan kabel A menjadi kabel listrik kedua yang disambungkan pada kapasitor. Itulah tadi ulasan mengenai jalur kabel mesin cuci sharp 2 tabung yang perlu untuk kamu ketahui. Jalur kabel pada mesin cuci memang tidak sesederhana yang ditayangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close
Alternative Text