Penyebab & Cara Mengatasi TV Tabung Tidak Normal (Dominan Warna Merah)

1 min read

mengatasi tv tabung dominan warna merah

Ketahui penyebab dan cara mdah mengatasi TV Tabung dominan warna merah berikut ini!

Pernahkah Anda mengalami kasus kerusakan TV yang dominan berwarna merah di rumah? Jika iya, maka hal ini merupakan salah satu tanda bahwa TV Anda mengalami kerusakan yang mana sangat umum terjadi. Nah, bagi Anda yang mungkin penasaran mengenai bagaimana cara mudah dalam mengatasi TV tabung dominan warna merah, maka bisa menyimak penjelasan secara rincinya di artikel berikut.

Mengatasi TV Tabung Dominan Warna Merah

Baca Dulu : Cara Memperbaiki TV LCD Toshiba Bergaris Horizontal

Penyebab TV Berwarna Merah dan Solusi Mengatasinya

 Faktor – Faktor Penyebab Warna TV Tidak Normal (Berwarna Merah)

Perlu Anda ketahui, bahwasanya penyebab utama yang menjadikan tampilan TV tabung bisa berwarna tidak normal alias berwarna merah yakni karena salah satu penembak yakni Red = Merah dinilai terlalu kuat dalam memancarkan cahaya jika dibandingkan dengan kedua warna yakni Green (Hijau) dan Blue (Biru). Akan tetapi untuk memastikan bahwa kerusakan yang terjadi tersebut apakah pada tabung sendiri ataupun komponen lain, maka diperlukan yang namanya service terlebih dahulu.

Sebelum kita membahas mengenai cara mudah dalam mengatasi TV tabung dominan warna merah, beberapa faktor – faktor penyebab yang menjadi pemicu tampilan TV berwarna merah dominan yakni sebagai berikut :

  • Terjadinya kerusakan pada tabung TV yang digunakan.
  • Kerusakan pada bagian transistor penguat warna RGB di bagian Red.
  • Kerusakan pada bagian IC penguat video RGB.
  • Kerusakan pada bagian IC chroma TV.
  • Kerusakan pada bagian IC warna RGB drive.

Artikel Terkait :

Bagaimana Cara Mengatasi TV Tabung Dominan Warna Merah?

Cara Mengatasi TV Tabung Dominan Warna Merah

Bagi Anda yang ingin memperbaiki / mengatasi masalah tampilan TV yang berwarna merah, maka bisa melakukan beberapa tips dan trik di antaranya yakni sebagai berikut :

judul gambar
  • Memeriksa Kondisi Solderan

Tips cara mengubah warna TV menjadi normal yakni dengan memeriksa kondisi solderan. Dalam hal ini, Anda cukup melakukan penyolderan ulang pada bagian mesin RGB saja dan nantinya dipastikan tampilan layar TV akan hidup normal kembali.

  • Mengukur Tegangan Masing – Masing Katoda RGB

Mengukur tegangan katoda

Mengukur tegangan masing – masing katoda RGB juga penting dilakukan. umumnya untuk tegangan normal pada katoda yakni antara 75 V sampai dengan 125 VDC. Di samping itu, Anda juga perlu mengecek bagian resistor, eco maupun transistor yang mana sering menjadi penyebab tampilan TV berwarna merah.

  • Mengukur Komponen Pada Bagian Blok RGB

Cara mengatasi TV tabung dominan warna merah selanjutnya yakni dengan mengukur komponen bagian blok RGB. Apabila Anda menemukan bagian resistor yang rusak, maka sebaiknya ganti dengan yang baru agar tampilannya bisa normal kembali.

  • Mengukur Tegangan Basis Transistor Pada Mesin RGB

Jika nantinya Anda masih menjumpai tampilan TV tabung berwarna merah, maka bisa mengukur basis transistor pada mesin RGB. Untuk tegangan pada basis ada sekitar 1 V sampai dengan 3 V. Dalam hal ini, pastikan tegangannya berada di kisaran 3 V.

  • Menganalisa Kerusakan IC Chroma

Menganalisa Kerusakan IC Chroma

Tips mengatasi TV tabung dominan warna merah yang terakhir yakni dengan menganalisa kerusakan di bagian IC chroma, tepatnya di bagian pin RGB-OUT. Dalam hal ini, Anda perlu pastikan bahwa tegangan harus ada di angka kisaran 4 VDC. Jika Anda justru tidak ada menemukan adanya tegangan sama sekali, maka dipastikan bagian IC chroma tersebut sudah dalam kondisi yang rusak.

Ketahui :

Demikianlah informasi menarik yang bisa Anda pahami mengenai penyebab dan tips mudah dalam mengatasi TV tabung dominan warna merah di rumah. Jika Anda mungkin tidak ingin repot, maka bisa membawanya ke tukang service langsung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close
Alternative Text