Kode Remote Retive Untuk Receiver Parabola

1 min read

kode remote retive untuk receiver

Pernah mengalami remote receiver yang rusak? Tentu ini menjadi suatu masalah tersendiri yang membuat kita tidak bisa dengan mudah menonton siaran TV favorit. Menggunakan kode remote retive untuk receiver menjadi salah satu solusi yang biasa dipakai sehingga akan memudahkan kita menonton TV tanpa harus menggunakan perangkat original yang sulit didapatkan di pasaran.

Kode Remote Retive Untuk Receiver

Baca Dulu : Cara Program TV Parabola Matrix

Kode Remote Retive Untuk Receiver

Penggunaan remote receiver universal memang sangat mudah, apalagi dengan harga yang jauh lebih murah. Hanya saja, diperlukan beberapa pengaturan khusus untuk bisa menjalankan berbagai program menggunakan perangkat universal tersebut. Yuk simak penjelasannya berikut!

Setting Kode Receiver Parabola Secara Manual

Setting Kode Receiver Parabola Secara Manual

Menyetting remote universal dengan merk apapun -termasuk Retive- sejatinya juga sangat mudah. Terlebih ketika kita membeli remote tersebut, biasanya sudah disertakan buku manual bagaimana cara melakukan penyettingan secara langsung.

Salah satu cara yang paling mudah dipakai adalah dengan menggunakan cara yang manual. Yang terpenting dari cara ini adalah mengetahui kode remote yang sesuai dengan receiver parabola Anda. Kode ini bisa didapatkan langsung dari buku manual penggunaan yang sudah disertakan dalam kardus remote di tiap pembelian.

  • Cari merk tv yang digunakan terlebih dahulu. Di bagian kanan, biasanya terdapat deretan angka sebagai kode remote yang digunakan
  • Ambil contoh kode 121 yang ada pada deretan pertama
  • Tekan tombol Set dan Power secara bersamaan
  • Lampu remote akan menyala. Tekan angka 1, 2, dan 1 secara bergantian. Biasanya lampu akan berkedip beberapa kali
  • Tes pengaturan remote tersebut dengan menekan tombol lain selain angka seperti volume atau channel
  • Jika volume atau pemindahan channel bisa langsung dilakukan, maka settingan kode remote retive untuk receiver sudah berhasil. Akan tetapi, kalau belum bisa maka Anda perlu mengatur ulang dengan kode lain yang sudah disediakan, mengulang cara-cara di atas.

Salah satu kekurangan dari cara manual ini yakni Anda harus benar-benar mengetahui dan bahkan hapal dengan kode angka apa yang harusnya digunakan. Buku manual tersebut juga harus diusahakan tidak hilang, jadi jika sewaktu-waktu remote tersebut rusak karena pengaturan kode, Anda bisa melakukan penyettingan ulang.

judul gambar

Baca Juga :

Penggunaan Kode Receiver Tanaka Otomatis

Penggunaan Kode Receiver Tanaka Otomatis

Selain cara manual di atas, penggunaan kode remote universal untuk receiver ini juga dapat dilakukan secara otomatis tanpa pengaturan khusus. Akan tetapi perlu diperhatikan jika hal ini berlaku untuk beberapa merk receiver, salah satunya merk Tanaka.

Sejatinya cara settingan secara otomatis ini tidak terlalu jauh berbeda dengan cara manual. Hanya saja, Anda tidak perlu langsung mencari kode-kode tertentu untuk melakukan pengubahan pengaturan. Berikut langkah-langkah yang perlu Anda ikuti.

  • Nyalakan receiver parabola Tanaka Anda terlebih dahulu
  • Pastikan remote yang hendak digunakan sudah terisi dengan baterai
  • Tekan tombol SET pada remote selama beberapa detik untuk melakukan pencarian kode remote
  • Perhatikan kembali receiver Tanaka tersebut, jika ada perubahan channel atau volume, segera lepaskan tombol SET yang ditekan
  • Jika sudah berfungsi, maka seharusnya sudah tidak ada kendala. Namun jika belum, Anda dapat mengulangi cara yang sebelumnya.

Ketahui :

Itulah beberapa cara penggunaan kode remote retive untuk receiver yang dapat dilakukan secara mudah dan sederhana. Bagi yang belum terbiasa, menggunakan cara otomatis mungkin akan sangat membantu. Namun beberapa orang lebih suka menggunakan cara manual karena dianggap lebih mudah meskipun harus mencari kode dan mengulanginya beberapa kali. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close
Alternative Text