Cara Memperbaiki Panel TV LCD Toshiba Bergaris Horizontal

2 min read

cara memperbaiki tv lcd toshiba bergaris horizontal

Toshiba merupakan salah satu merk TV yang terkenal bandel karena tingkat keawetannya yang luar biasa. Namun, bagaimanapun juga segala sesuatu pasti akan mengalami kerusakan. Misalnya TV Toshiba yang eror / rusak pada layar LCD-nya dengan munculnya garis horizontal. Cara memperbaiki TV LCD Toshiba bergaris horizontal sebenarnya mudah.

cara memperbaiki tv lcd toshiba bergaris horizontal

Kalian hanya perlu mengetahui apa saja penyebab yang mendasari terjadinya kerusakan tersebut lalu memperbaikinya berdasarkan penyebab kerusakannya. Hal ini karena banyak sekali komponen yang mampu menyebabkan kerusakan pada layar TV.

Penyebab TV LCD Bergaris Horizontal

Jika TV LCD Toshiba kalian mengalami kerusakan berupa munculnya garis horizontal pada seluruh atau sebagian layarnya mak tak perlu pusing. Ketahui terlebih dahulu penyebab utamanya berikut ini:

a) Elco di Dekat IC Vertikal Bermasalah

Seringkli, LCD yang muncul garis horizontal bukanlah disebabkan karena panel LCD nya yang rusak namun karena elco yang ada di dekat IC vertikalnya sudah drop atau kembung.

Jika komponen ini sudah tidak berfungsi maka layar akan muncul garis, blank putih, gelap, hingga layar mati total.

Baca Juga : TV Mati Total Lampu Indikator Tidak Menyala

b) Kerusakan pada Solderan IC Vertikal

Solderan IC vertikal yang kendur, patah, atau rusak juga bisa mengakibatkan layar LCD Toshiba mengalami masalah.

Sebenarnya, gambar tetap masih muncul namun karena IC vertikal mengalami trouble maka akibatnya gambar tertutupi oleh garis horizontal tersebut.

c) Putusnya Kawat Yoke

Kawet Yoke atau yang biasa disebut juga sebagai kawat “jug” atau kawat “konde” merupakan salah satu komponen penting yang menjadikan gambar dapat muncul di panel LCD.

Jika kawat yoke sampai putus, maka akan layar LCD akan mengalami kendala saat akan menampilkan gambarnya sehingga munculah garis garis vertikal, horizontal, dan trapesium.

d) Short pada Elco Horizontal

Jika elco horizontal mengalami short atau drop, maka akibatnya tegangan volt menjadi tidak beraturan dan bahkan terlalu tinggi. Hal ini akan menyebabkan LCD tidak dapat menampilkan gambar sebagaimana mestinya.

Kondisi ini akan semakin tambah parah apabila tidak ada penanganan sedini mungkin. Hal umum yang paling sering terjadi adalah kerusakan panel layar LCD secara permanen.

Cara Memperbaiki TV LCD Toshiba Bergaris Horizontal

masalah tv lcd toshiba

Berikut kami berikan rincian detail mengenai cara memperbaiki panel LCD Toshiba secara mudah dan cepat. Kalian yang bukan teknisi sekalipun bisa mencobanya sendiri.

1) Modifikasi Sumber Tegangan Suplai

Pertama, kalian perlu mengatur sumber tegangan suplai di kolom row yang berguna untuk memodifikasi output tegangan pada IC scan max 17108.

Jika suplai tegangan sudah normal atau setidaknya mendekati nilai normal, silakan cek kembali apakah layar LCD masih memunculkan garis horizontal atau tidak.

2)  Periksa Jalur FPC secara Menyeluruh

Jalur FPC

judul gambar

Sudah mencoba langkah sebelumnya namun LCD masih eror? Cobalah untuk memerika jalur FPC secara menyeluruh sebelum memutuskan untuk membuka keseluruhan casing TV Toshiba kalian masing-masing.

Kemudian, periksa juga semua muatan tegangan listrik yang terdapat pada output IC Power TCON. Setelah itu, putuskan jalur pin out 21 yang mengarah ke panel LCD atau ke jalur FPC. Jika sudah, ukur kembali tegangannya apakah sudah normal ataukah belum.

Baca Juga :

3)  Melakukan Jumper pada Output IC Power

Jumper pada Output IC Power

Apabila yang rusak adalah panel layarnya, maka kalian dapat mencoba melakukan jumper pada semua bagian yang berada diantara IC power yang letaknya masih di jalur FPC.

Jumper bisa dilakukan dengan r 10 ohm yang berfungsi sebagai pengaman. Dengan ini seharusnya layar LCD kalian sudah normal kembali.

Biaya Service TV LCD Toshiba Bergaris Horizontal

Jika masalah TV LCD Toshiba tidak bisa diselesaikan dengan langkah-langkah di atas silakan langsung saja datangi teknisi service elektronik di tempat tinggal kalian masing-masing.

Berikut ini estimasi biaya yang ditetapkan oleh kebanyakan jasa service terkait dengan kerusakan TV LCD Toshiba 32pb2e:

No. Kategori Biaya
1. Jasa Pengecekan Rp75.000 – Rp100.000
2. Jasa service LCD 19 – 24 inch Rp250.000 – 300.000
3. Jasa service LCD 24 – 32 inch Rp350.000 – 400.000
4. Jasa service LCD 32 – 42 inch Rp450.000 – 500.000
5. Jasa service LCD di atas 42 inch Rp550.000 – 700.000

Baca Juga :

Itu dia berbagai macam cara memperbaiki TV LCD Toshiba bergaris Horizontal. Semoga menambah wawasan kalian!

judul gambar

Leave a Reply

Your email address will not be published.