Cara Memperbaiki TV LCD LG Mati Standby

2 min read

cara memperbaiki tv lcd mati standby

TV mati standby merupakan sebutan untuk kerusakan TV yang diakibatkan oleh rusaknya beberapa komponen yang menyebabkan layar LCD mati namun lampu indikator masih tetap menyala. Cara memperbaiki TV LCD mati standby cukup rumit karena harus mengecek semua komponen yang berkaitan.

cara memperbaiki tv lcd mati standby

Nah, bila TV kalian juga mengalami kondisi seperti demikian, maka harus segera diperbaiki. Jika terus dipaksakan untuk dihidupkan terus menerus dalam kondisi demikian, justru akan memperparah kondisi kerusakan tersebut.

Baca Juga : Cara Memperbaiki TV LCV Toshiba Bergaris Horizontal

Penyebab TV LCD Mati Standby

Cara Memperbaiki TV LCD Mati Standby

Banyak orang yang mengatakan bahwa jika TV mati standby maka ia harus mengganti mesin atau layar LCD nya yang mana biayanya sangatlah mahal. Namun, sebagai seorang teknisi elektronik kami tidaklah menyanggah pendapat tersebut namun juga tidak 100% membenarkannya. Berikut beberapa penyebab yang menyebabkan LCD TV mati:

a) Kerusakan Power Supply

Hampir semua kerusakan LCD diakibatkan dari power supply yang bermasalah. Hal ini dikarenakan TV merupakan komponen terpenting yang membuat TV hidup.

Fungsi power supply sendiri adalah menyuplai power atau energi listrik ke semua komponen yang membutuhkan, salah satunya ialah layar. Jadi, apabila power supply-nya sampai rusak maka akan mengakibatkan semua komponen lain ikut bermasalah.

b) Tegangan Listrik Drop

Apabila tegangan listrik yang mengalir ke panel layar drop atau short, maka layar tidak akan bisa hidup karena kurangnya tegangan listrik yang berfungsi untuk menghidupkan panel tersebut.

Tegangan listrik yang menurun bisa diakibatkan oleh beberapa hal, namun salah satunya ialah  dari power supply yang rusak ataupun karena kerusakan pada micro control di main board.

c) Flyback Mengalami Kendala

Flyback yang sudah usang, rusak, dan mati menyebabkan transistor tidak dapat menerima sinyal yang berasal dari osilator yang terletak di bagian IC prosesor.

Hampir semua merk TV mengalami kendala semacam ini sehingga kalian perlu memperhatikan lebih dulu masalah ini sebelum mencoba mengganti layar atau mesin TV nya.

Baca Dulu : 

judul gambar

Cara Memperbaiki TV LCD Mati Standby

TV Advance mati standby bisa diperbaiki dengan langkah-langkah berikut ini:

1) Cek Power Supply-nya

cara memperbaiki tv lcd mati standby

Seperti yang kami ulas di atas, bahwa lebih dari 90% kerusakan yang terjadi pada TV LCD mati standby disebabkan oleh power supply yang rusak. Dan kondisi ini terjadi di hampir semua merk TV, tidak memandang merk atau tipe tertentu.

Jadi, cobalah untuk mengecek power supplynya dengan cara:

  1. Ukur tegangan power supply yang terletak di mainboard (SMPS) seperti gambar di atas.
  2. Periksa jalur yang terhubung ke power supply apakah putus, terbakar, atau rusak.
  3. Jika power supply-nya rusak, kalian dapat memperbaiki atau menggantinya.

2) Cek Tegangan Micro Controler

Selanjutnya, untuk mengatasi m TV LCD LG 32lh20r mati standby kalian harus menggunakan micro controller untuk mengecek power supply kecil (standby reg) yang mana harus bertegangan 5 volt. Namun beberapa  merk TV juga ada yang memiliki tegangan hanya 3,5 volt terutama jenis TV yang kecil.

Setelah diberi tegangan, maka micro controller akan mencoba melakukan pengecekan tiap modul TV. Jika ada masalah pada modul tertentu, maka lampu LED akan tampak berkedip kedip.

3)  Pastikan Mainboard di Posisi ON

tv advance mati standby

Jika micro controller sudah diberi tegangan 5 volt atau tegangan yang nsesuai dengan tipe TV kalian, selanjutnya pastikan main board sudah dalam kondisi “ON” atau nyala.

Namun jika sudah di “ON” kan namun mainboard tetap tidak nyala, maka kalian perlu mengecek SMPS utama atau power supplynya karena tidak berfungsi sebagaimana mestinya sehingga tidak mampu menyuplai tegangan 12/24 volt.

Baca Juga :

Itulah beberapa cara memperbaiki TV LCD mati standby. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel berikutnya yang akan datang!

judul gambar

Leave a Reply

Your email address will not be published.