Cara Menghitung Harga Borong Ducting

2 min read

cara menghitung harga ducting

Ducting merupakan tipe AC (Air Conditioner) yang sedang banyak digunakan di perkantoran dan hotel. Selain membuat ruangan tidak bising, ducting juga lebih ekonomis untuk tipe bangunan yang memiliki bangunan dengan banyak ruang. Nah, jika kalian ingin memesan jasa ducting, pastikan untuk mengetahui terlebih dahulu cara menghitung harga ducting secara keseluruhan.

cara menghitung harga ducting

Mungkin kalian pernah melihat contoh penawaran harga ducting di iklan-iklan baik offline maupun online kemudian tertarik untuk mencobanya. Namun sebelum memutuskan untuk mencobanya, usahakan untuk mengetahui  harga borong ducting terlebih dahulu agar tahu harga pasarannya.

Baca Juga :

Mengenal Tentang Ducting dan Sistem Kerjanya

Mengenal Tentang Ducting dan Sistem Kerjanya

Ducting atau biasa disebut juga ducting AC merupakan sistem pendingin ruangan yang menggunakan bantuan blower / fan unit untuk mengelola sirkulasi udara melalui pipa-pipa yang ada.

Dibandingkan dengan tipe AC biasa, tentu ducting memiliki beberapa keunggulan misalnya membuat tampilan ruangan lebih rapi, dapat terhubung secara merata ke semua ruangan yang ada, tidak ada suara bising, dan biaya pembuatannya yang lebih ekonomis.

Sistem kerja ducting ialah dengan memproses sirkulasi udara dingin dari titik mesin AC / blower ke seluruh ruangan yang telah terhubung. Jadi sistem ini mirip dengan tipe AC yang ada di bus, pesawat, atau kendaraan lainnya yang terpisah-pisah dalam masing-masing tempat duduk.

Walau memiliki satu sentral mesin, kontrol suhu tetap bisa dilaukan oleh masing-masing ruangan. Nantinya mesin akan menyesuaikan sistem distribusi secara merata sesuai dengan tingkat penggunaan AC itu sendiri.

Jenis-Jenis Ducting AC berdasarkan Konsepnya

Ducting seringkali digunakan di perkantoran, mall, resturant, hotel, dan tempat lain yang umumnya memiliki ukuran bangunan yang luas dan jumlah ruangan yang banyak. Ducting sendiri memiliki beberapa tipe, berikut diantaranya:

1)      Ducting Supply Air

Ducting Supply Air

Tipe ducting yang cara kerjanya ialah dengan menyalurkan udara dingin yang dihasilkan dari mesin AC ke seluruh ruangan yang membutuhkan. Dengan begitu, suhu ruangan yang diberi udara dingin akan turun sehingga lebih sejuk dan nyaman.

2)      Ducting Fresh Air

Ducting Fresh Air

Salah satu tipe ducting yang cukup banyak digunakan di perkantoran. Ducting ini memiliki fungsi utama untuk menyalurkan udara segar yang asalnya dari luar ruangan kemudian di alirkan ke bagian dalam ruangan.

judul gambar

Ketahui:

3)      Ducting Exhaust Air

Ducting Exhaust Air

Konsep kerja ducting yang berkebalikan dari ducting fresh air. Jenis ducting ini akan membuang udara panas yang ada di dalam ruangan ke luar. Umumnya, ducting exhaust air dipakai untuk keperluan sirkulasi udara di ruangan yang sempit dan pengap seperti WC, kamar mandi, dan parkiran.

4)      Ducting Intake

Ducting Intake

Mirip seperti ducting fresh air, hanya saja tipe ducting ini haya mengganti udara ruangan yang jenuh dengan udara luar yang segar. Biasanya ducting intake dipakai di ruangan yang tertutup seperti lahan parkir.

Cara Menghitung Harga Ducting

harga borong ducting

Untuk menghitung harga ducting, kalian perlu memperhatikan banyak faktor seperti berikut ini:

a)      Tipe Ducting yang Digunakan

Jika diliaht dari komponen pipa ducting itu sendiri, ducting dibagi menjadi 3 tipe yakni:

  • Ducting Isolasi Luar Dalam: tipe ducting yang menggunakan seng di bagian luar dan dalam sehingga mampu mencegah kebocoran udara dingin dengan sempurna. Selain itu, ditambah juga bahan isolasi tamabhan berupa spindel pin untuk menahan glasswool di bagian dalam. Tipe ducting ini merupakan yang sangat mahal dan hanya dipakai di bangunan mewah seperti hotel.
  • Ducting Isolasi Luar: salah satu model instalasi ducting seng yang menggunakan isolasi berukuran tebal serta dibungkus glasswool dengan ukuran setidaknya 24 kg / m3 dan ketebalan 25 mm. Tipe ini merupakan tipe ducting paling banyak digunakan karena harganya standar.
  • Ducting tanpa Isolasi: tipe ducting yang tidak menggunakan lapisan isolasi sehingga sering terjadi ketidakstabilan suhu. Harganya memang paling murah dibandingkan lainnya, namun kualitasnya tidak sebanding. Biasanya dipakai di pabrik-pabrik dengan ruangan yang luas.

b)      Bahan Dasar Ducting

Semakin kuat bahan dasar ducting yang digunakan tentu akan semakin mahal harganya. Berikut beberapa harga ducting yang banyak tersedia di pasaran:

  • BJLS (Baja lapis seng)
  • Mild steel
  • Polyurethane
  • PVC

Baca Juga :

Nah itulah beragam cara menghitung harga ducting yang bisa kalian coba. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa kembali di artikel yang akan datang!

judul gambar

Leave a Reply

Your email address will not be published.