Komponen & Bagian Mesin Cuci 1 Tabung Beserta Fungsinya

2 min read

bagian bagian mesin cuci 1 tabung

Hometronik.web.id — Dalam menunjang pekerjaan mencuci pakaian agar lebih praktis dan juga efektif, banyak ibu rumah tangga yang memilih untuk menggunakan alat mesin cuci di rumah. Hadir dengan sistem pengoperasiannya yang terbilang mudah, adanya mesin cuci ini juga dinilai lebih menghemat waktu dan tenaga jika dibandingkan dengan mencuci pakaian secara manual. Terlepas dari segi penggunaannya sendiri dalam membantu proses mencuci baju yang mudah dan cepat, Anda disini juga penting untuk mengetahui mengenai bagian – bagian mesin cuci 1 tabung dan juga fungsinya.

Bagian Bagian Mesin Cuci 1 Tabung

Hal ini dikarenakan, dengan Anda paham mengenai bagian – bagian dan fungsi dari mesin cuci, maka akan memudahkan Anda untuk memahami bagaimana cara kerja mesin cuci dalam membersihkan pakaian. Selain itu, hal ini juga akan membantu Anda menghindarkan risiko masalah yang ditimbulkan mesin cuci akibat kesalahan dalam penggunaannya.

Baca Dulu : Skema Dinamo Mesin Cuci Front Loading

Apa Saja Bagian – bagian Mesin Cuci 1 Tabung dan Fungsinya untuk Dipahami Pengguna?

Bagian - bagian Mesin Cuci 1 Tabung dan Fungsinya

1. Bagian Komponen Mesin Cuci 1 Tabung Yakni Water Inlet Valvet (Katup Kontrol Saluran Masuk Air)

Bagian – bagian mesin cuci 1 tabung dan fungsinya yang pertama kali Anda ketahui yakni water inlet valvet yang mana merupakan bagian penghubung selang air ke mesin dan juga mengontrol aliran air panas dan dingin. Ketika terjadi masal pada katup saluran masuk air, maka hal ini akan menyebabkan mesin cuci tidak bisa terisi dengan benar atau terisi sama sekali. Apabila katup saluran masuk air Anda mengalami penyumbatan, maka Anda bisa memperbaikinya sendiri yakni dengan cara melepas dan mencucinya.

2. Inlet Connection (Saluran Masuknya Air)

Merupakan saluran air yang berguna untuk memasukkan air ke dalam bak cucian atau bak pembilasan. Biasanya, ukuran dari saluran air ini akan disesuaikan dengan ukuran konektor dan katup saluran air.

Baca Juga :

3. Timer

judul gambar

Timer merupakan salah satu bagian – bagian mesin cuci dan fungsinya dari mesin cuci yang juga perlu Anda pahami secara saksama. Dimana, timer ini merupakan komponen penting dalam membantu mengatur waktu mencuci pakaian secara manual. Ketika berada pada mode otomatis, waktu akan diatur secara otomatis tergantung pada jumlah pakaian yang ada di mesin cuci dan jenis siklus pencucian yang dilakukan.

4. Agitator (Cakram Berputar)

Terletak di bagian bak mesin cuci, komponen ini berguna untuk melakukan operasi pembersihan pakaian. Selama proses pencucian berlangsung, agigator ini akan berputar secara terus menerus dan menghasilkan arus putar yang kuat sehingga pakaian juga akan ikut berputar di dalamnya.

5. Front Panel (Panel Control)

Bagian – bagian mesin cuci 1 tabung front loading bernama panel control ini berguna untuk mengatur sesi pencucian dalam mesin cuci yang di dalamnya terdapat dari berbagai komponen dan sirkuit elektronik yang sudah diprogram agar bisa bekerja dengan cara unik bernama PCB (Print Circuit Board).

6. Tube (Bak Mesin Cuci)

Bak mesin cuci ini memiliki dua jenis yakni bak cuci dalam dan bak cuci luar. Awalnya, pakaian akan dimasukkan ke dalam bak bagian dalam untuk melakukan proses pencucian, pembilasan dan pengeringan. Sementara bak luar menutupi bak dalam dan menopangnya selama proses pencucian berlangsung.

7. Air Dome Sealer

Yakni merupakan bagian – bagian mesin cuci 1 tabung yang berguna untuk mencegah air dalam bak keluar lagi melalui saluran masuk air.

8. Gasket

Sejenis segel yang digunakan untuk mengisi celah antara dua permukaan, terutama untuk menghindari terjadinya kebocoran. Selain itu, gasket berguna untuk menyatukan celah antar komponen mesin sehingga mengurangi gesekan yang tidak perlu.

9. Outer Tube Seal

Bagian – bagian mesin cuci 1 tabung yang satu ini berguna untuk menyegel semua air yang ada di dalam bak mesin cuci. Pembuatannya sendiri memungkinkannya bergerak tanpa membentur bagian lain dari mesin.

10. Pompa Air

Komponen pompa air ini berguna untuk mengalirkan air melalui mesin cuci dalam dua arah, mensirkulasikan air selama siklus pencucian dan juga mengalirkan air selama siklus putaran berjalan.

11. Hose Connector (Penghubung Selang)

Merupakan bagian – bagian mesin cuci 1 tabung yang terbuat dari baja, kuningan, stainless steel, alumunium atau plastic dan berguna untuk menghubungkan selang satu dengan selang yang lain dan juga keran.

12. Pipa Pembuangan

Saat proses pencucian sudah selesai dilakukan, maka pipa pembuangan ini nantinya akan mengeluarkan air bekas cucian sabun dan kotoran ke bagian saluran pembuangan.

13. Dispenser Detergen

Dispenser detergen ini merupakan bagian – bagian mesin cuci 1 tabung yang berfungsi sebagai tempat pengguna meletakkan detergen sesuai dengan kebutuhan sebelum dilakukan / dimulainya proses pembersihan pakaian dilakukan.

Ketahui :

Jadi, itulah tadi pembahasan menarik yang bisa Anda ketahui dan pahami mengenai bagian – bagian mesin cuci 1 tabung dan juga fungsinya agar pengoperasian mesin cuci dapat berjalan dengan lancar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close
Alternative Text