Bagian Komponen Mesin Cuci Sharp 2 Tabung & Fungsinya

2 min read

Komponen mesin cuci 2 tabung

Mesin cuci merupakan alat elektronik yang kini menjadi barang wajib ada di tiap rumah, karena dengan adanya mesin cuci maka pekerjaan rumah yakni mencuci pakaian kini bisa dikerjakan tanpa memerlukan banyak tenaga. Mesin cuci sendiri terdapat 2 jenis yakni mesin cuci 1 tabung dan 2 tabung. Bagian bagian mesin cuci dan fungsinya berbeda antara keduanya. Untuk mesin cuci 1 tabung maka proses mencuci dan mengeringkan dilakukan di tabung yang sama, lain hal nya dengan mesin cuci 2 tabung.

Komponen Mesin Cuci 2 Tabung

Mesin cuci 2 tabung memiliki 2 tabung yang letaknya bersebelahan, dengan fungsi satu tabung untuk mencuci pakaian, dan satu lagi untuk mengeringkan pakaian. Sering disebut mesin cuci manual, dikarenakan kita harus memindahkan baju dari tabung cucian ke tabung pengering secara manual.

Baca Dulu : Harga Modul Mesin Cuci Sharp ES FL860S

Terdapat berbagai merk mesin cuci 2 tabung yang di jual dipasaran, misalnya mesin cuci dari merk Polytron, Samsung, Sharp, LG, dan masih banyak lagi. Selain dari segi merk, penting juga untuk mengetahui komponen mesin cuci 2 tabung agar kamu bisa mengetahui dan memperbaiki mesin cuci jika ada kerusakan.

Berikut ini penjelasan lengkap komponen mesin cuci sharp 2 tabung dan fungsinya, yuk simak!

Komponen Mesin Cuci Sharp 2 Tabung

1. Body Mesin Cuci

Body Mesin Cuci

Pertama yakni body mesin cuci 2 tabung. Body mesin cuci 2 tabung, umumnya terbuat dari bahan plastik yang memang tahan panas, sehingga dapat melindungi komponen kelistrikan pada mesin cuci dari cipratan air yang dapat memicu korsleting.

2. Selektor Display

Selektor Display Mesin Cuci

Kedua yakni selektor display yang terdiri dari tombol-tombol pengatur jalannya mesin cuci. Tombol-tombol tersebut diantaranya adalah. Pertama, wash timer yang berfungsi untuk menyalakan mesin untuk mencuci serta mengatur lamanya waktu pencucian, kedua adalah drain selector berfungsi untuk membuang air yang ada pada tabung pencucian, ketiga yakni spin timer yang berfungsi untuk mengatur lama waktu pengeringan agar maksimal sekitar 5 menit, dan terakhir adalah wash selector yang berfungsi mengatur kecepatan mesin dinamo.

3. AC Cable

AC Cable

Ada lagi yang disebut AC cable, merupakan kabel utama untuk menyalakan mesin cuci.

4. Inner Wash Tub

Inner Wash Tub

Bagian mesin cuci 2 tabung yang selanjutnya adalah inner wash tub yang merupakan tabung wadah pencucian pakaian. Kapasitas dari wadah ini bervariasi yakni mulai dari 7 – 14 kg. Pada dinding tabung juga terdapat sebuah filter dengan fungsi untuk menyaring kotoran.

Artikel Terkait :

3. Komponen Mesin Cuci 2 Tabung: Pulsator

Pulsator Mesin Cuci

Kemudian ada pulsator yang terdapat dalam inner wash tube, memiliki bentuk seperti bilah yang bergerak secara bolak-balik, pulsator akan menghasilkan pusaran air yang digunakan untuk mencuci dan membilas baju.

judul gambar

4. Spin Tub

Spin Tub Mesin Cuci

Komponen mesin cuci 2 tabung yang selanjutnya adalah spin tub yang merupakan wadah untuk pengeringan. Spin tub ini memiliki banyak lubang, yang gunanya untuk wadah pengaliran air bekas pencucian.

5. Billows/Seal Pengering

Billows/Seal Pengering Mesin Cuci

Billows/seal pengering merupakan bagian yang berbentuk karet lentur, dan memiliki lubang di tengah-tengahnya. Seal pengering ini terletak di bawah spin tub yang fungsinya untuk menahan air supaya tidak mengalir ke dalam mesin spin. Kemudian, pengait pada seal pengering berfungsi untuk menyatukan body spin tub pada motor pengering.

6. Gearbox

Gearbox Mesin Cuci

Selanjutnya ada Gearbox yang berfungsi untuk menggerakkan pulsator dengan menggunakan energi mekanik motor wash yang telah terhubung pada Vanbelt. Gearbox ini terdiri atas beberapa gear, serta memiliki seal yang berfungsi agar mencegah kebocoran pada wash tube.

7. Motor Wash

Motor Wash Mesin Cuci

Motor wash merupakan bagian mesin cuci 2 tabung yakni motor dengan kecepatan rendah namun torsi tinggi untuk menggerakkan pulsator. Dengan kata lain, motor inilah yang digunakan saat proses pencucian berlangsung. Motor wash ini terdiri dari berbagai lilitan yang saling berkaitan satu dengan yang lainnya.

8. Vanbelt

Vanbelt Mesin Cuci

Vanbelt merupakan bagian yang berfungsi untuk menghubungkan gearbox dengan mesin wash tube. Bagian inilah yang membuat pulsator pada mesin cuci dapat bergerak untuk mencuci pakaian.

9. Motor Spin

Motor Spin Mesin Cuci

Selain motor wash, ada juga motor spin yang berada pada lubang yang terpisah. Motor spin ini memiliki kecepatan putaran yang sangat tinggi dengan maksud agar performa pengeringannya bisa maksimal namun mesin tidak mudah panas.

10. Kapasitor

Kapasitor Mesin Cuci

Terakhir ada yang namanya kapasitor.  Kapasitor mesin cuci 2 tabung berguna untuk menyimpan daya secara sementara, dan membantu dorongan awal saat mesin akan dinyalakan. Mudahnya, kapasitor ini merupakan penguat dalam 2 proses proses pencucian dan pengeringan. Perlu diketahui bahwa kapasitor biasanya rusak karena korsleting, atau karena terbakar karena adanya tekanan yang terlalu tinggi atau rendah.

Ketahui :

Itulah telah dipaparkan informasi mengenai komponen mesin cuci 2 tabung beserta dengan fungsinya dan penjelasan cara kerja nya. Sekian, semoga informasi ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat bagi para pembaca sekalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close
Alternative Text