Cara Setting Warna, Ukuran Layar TV LG Tabung Agar Jernih & Enak Dilihat

2 min read

cara setting tv lg tabung

Saat kamu membeli sebuah televisi tentu nya kamu tidak hanya mendapat televisi nya saja, kamu juga akan mendapatkan remote khusus Tv nya. Setiap brand televisi juga umumnya telah mengatur pengaturan umum pada produk TV mereka supaya bisa langsung kamu pakai saat kamu membelinya. Salah satu brand TV yaitu LG, pada saat kamu membeli TV LG, tentunya kamu akan dapat langsung menggunakannya, namum kamu juga dapat mengatur ulang setting TV tersebut menggunakan remote bawaan dengan cara setting TV LG tabung.

Cara Setting TV LG Tabung

Kamu memerlukan remot asli untuk dapat melakukan setting TV LG tersebut,dan kamu hanya tinggal membaca intruksi atau langkah-langkah untuk mengatur TV LG yang sudah tersedia lengkap pada buku panduan (manual book) yang ada di dalam nya ketika kamu membeli TV LG baru, atau kamu juga dapa mengikuti langkah-langkah setting TV LG dibawah ini. Tentunya banyak yang bisa kamu ubah di pengaturan menu, mengatur tingkat kecerahan layar, warna, mengatur ukuran layar, dan masih banyak fitur menarik lainnya.

Baca Dulu : Cara Paralel Antena TV 

Cara Setting TV LG Tabung

Setting Warna

Bagi kamu yang ingin melakukan pengaturan warna pada TV LG tabung, begini cara setting warna tv tabung lg yang bisa kamu ikuti.

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan tentu saja menyalakan TV LG, langkah kedua tekanlah Menu pada Remot, kemudian pada layar TV pilihlah menu Picture atau Gambar, lalu lihatlah ke bagian Picture Mode atau Mode Gambar yang bisa kamu ganti ke Standar, silahkan atur warna dan kecerahan pada pengaturan di bawahnya. Kemudian atur juga bagian Kontras, Brightness dll. Nah pengaturan ini boleh kamu sesuaikan hingga kamu merasa sudah terlihat bagus.

Cara Setting Kejernihan Layar

Cara Setting Kejernihan Layar

Perlu diketahui bahwa kamu juga bisa mengatur TV jika dirasa kurang jernih dengan cara setting tv lg agar jernih, hal tersebut supaya kamu mendapatkan kenyamanan saat menonton TV. Kamu  sebagai pengguna televisi jenis LG tentu harus bisa memperbaiki pengaturannya agar kamu nyaman saat menonton atau menyaksikan siaran pada Tv tanpa adanya gangguan lain. Perlu kamu tahu juga bahwa warna pada televisi kamu yang tidak normal bisa kamu lihat yaitu warnanya akan cenderung berwarna hijau, merah atau orange dan hal itu tentu sangat mengganggu.

Nah berikut ini simaklah cara mengatur warna TV agar jernih!

1. Atur Ulang Kecerahan

judul gambar

Pertama kamu dapat menyetting ulang kecerahannya. Masuklah ke menu Pengaturan, kemudian masuklah ke opsi gambar lalu pilih Standar, setelah itu lanjut dengan atur ulang warna dan akhiri dengan tekan oke.

Artikel Terkait :

2. Mengganti RGB

Cara setting TV LG agar jernih selanjutnya adalah cek kondisi RGB dan pastikan tidak mati dengan cara melakukan pengukuran disetiap terminal tabung agar kamu mengetahui tegangannya. Umumnya dalam kondisi normal, tegangan pada tiga terminal katoda akan sama.

3. Mengganti IC Chroma

Hampir sama dengan mengganti RGB, dalam mengganti IC Chroma, kamu perlu memastikan bahwa kamu mengganti nya dengan jenis yang sesuai televisi sehingga hasilnya nanti akan normal.

4. Bersihkan Bagian yang Berkarat

Selanjutnya, perlu kamu periksa juga apakah ada karatan pada soket penghubung, jika ada silakan kamu bersihkan dengan cara melepas soketnya. Perlu diketahui bahwa soket tabung yang berkarat dan sulit dibersihkan akan menyebabkan warna TV LG menghilang.

5. Mengecek Kondisi Tabung

Bagian terakhi dari cara setting tv lg agar jernih adalah dengan mengecek kondisi tabung apakah berfungsi dengan baik atau tidak. Untuk mengeceknya bisa kamu dilakukan secara manual dengan cara melepas tabung terminal katoda dengan PCB. Lalu gunakan multimeter yang diatur ke mode pengukuran tegangan DC 250V.

5. Setting Lebar Gambar TV

Selain melakukan setting warna dan kejernihan, kamu juga dapat mengatur ukuran layar gambar pada TV. Lalu bagaimana cara mengatur ukuran layar tv agar sesuai, agar ukuran gambar layar TV bisa pas yang tentunya tidak mengganggu ketika kamu sedang menonton.

Kamu bisa mengatur posisi serta ukuran gambar pada Tv LG kamu menggunakan remote asli nya, tepatnya yaitu pada menu Aspek Rasio. Pertama, tekanlah tombol Settings yang ada pada remote Tv, kemudian Pilihlah menu [Gambar] lalu kamu tekan [OK]. Pada tampilan di layar carilah menu [Aspek Rasio] yang biasanya ada paling bawah, kemudian kamu tekan [OK] untuk kamu mengubah aspek rasio sesuai keinginanmu. Adapun rasio layar pada Tv LG umumnya adalah Zoom, Cinema Zoom, Just Scan, Search By Program, Rasio 4:3 dan Rasio 16:9.

Ketahui :

Nah, cukup sekian pembahasan mengenai cara setting TV LG tabung, mudah dan bisa diaplikasikan sendiri bukan? Sekarang kamu akan bisa mengatur TV LG dengan mengenal beberapa fungsi pada setiap menu yang tersedia pada TV dan remot TV. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close
Alternative Text