Cara Kerja & Memperbaiki Gearbox Mesin Cuci 1 Tabung

2 min read

cara kerja gearbox mesin cuci 1 tabung

Gearbox mesin cuci merupakan salah satu bagian penting yang ada pada mesin cuci. Di dalam gearbox sendiri terdiri dari roda dan tuas yang berfungsi sebagai penghubung antara motor dinamo dengan pulsator. Cara kerja gearbox mesin cuci 1 tabung maupun 2 tabung secara fungsi sama sama saja, hanya saja ada perbedaan bentuknya.

 Cara Kerja Gearbox Mesin Cuci 1 Tabung

Fungsi per gearbox mesin cuci 1 tabung secara garis besar yaitu untuk menghubungkan motor dinamo dengan drum mesin cuci, fungsi lainnya yakni sebagai speed reducer untuk menggerakan pulsator agar nantinya membentuk pusaran air yang akan menggilas pakaian. Lebih jelasnya, dengan adanya gearbox maka akan memperlambat kecepatan disaat beban putaran motor dinamo diperkuat. Oleh sebab itu, gearbox ini berfungsi juga sebagai “speed reducer”.

Disisi lain, gearbox juga memperkuat daya serta tenaga motor dinamo. Jadi walaupun putarannya menjadi semakin lambat, namun tekanannya menjadi lebih kuat. Sehingga akan membuat motor dinamo lebih awet karena bebannya lebih ringan. Maksudnya, Ketika mesin cuci berada pada mode cuci, motor dinamo tersebut akan berputar kearah kanan dan kearah kiri secara bergantian. Kemudian motor dinamo akan menarik Vanbelt yang terhubung ke gearbox, sehingga gearbox pun akan berputar dan diikuti dengan pulsator.

Baca Dulu : Harga Per Gearbox Mesin Cuci LG 1 Tabung

Cara Kerja Gearbox Mesin Cuci 1 Tabung

Cara Kerja Gearbox Mesin Cuci 1 Tabung

Cara Kerja Gearbox Mesin Cuci

Cara kerja gearbox mesin cuci 1 tabung Secara singkat yakni untuk menghubungkan motor dinamo dengan pulsator dan dibantu oleh vanbelt. Jadi ketika gearbox pada mesin cuci rusak, biasanya akan menimbulkan suara berisik ketika mesin cuci tengah digunakan. Suara tersebut berasal dari putaran pulsator dan drum yang tidak seimbang atau “balance”. Selain berisik, mesin cuci juga akan berputar lambat.

Nah jika sudah terasa ada indikasi seperti itu, maka tentu kita harus memeriksanya terlebih dahulu untuk memastikan apakah gearbox benar-benar sudah rusak atau masih layak untuk diperbaiki. Mengapa demikian, karena tidak semua gearbox yang rusak dapat diperbaiki, jika tidak bisa diperbaiki tentunya kamu harus menggantinya dengan gearbos baru. Kamu pun sebetulnya bisa mencoba cara memperbaiki gearbox mesin cuci 1 tabung, dan Gearbox ini bisa kamu beli sendiri di toko spare part mesin cuci.

Kemudian cara ganti bearing gearbox mesin cuci 1 tabung ini pun sebetulnya tidak sulit. Berikut ini langkah yang bisa kamu ikuti!

judul gambar
  • Langkah pertama

Untuk memperbaiki gearbox adalah kamu harus membongkar cover mesin cuci yang ada di bawah mesin cuci terlebih dahulu supaya kamu mudah mengganti gearbox nya. Nah untuk membuka bagian bawah, terlebih dahulu kamu buka sekrup pengunci pada motor spinner atau pengering mesin cuci.

Baca Juga :

  • Langkah kedua

Langkah kedua yaitu kamu lepaskan van belt pada motor nya. Nah kamu bisa merebahkan mesin cuci kesamping agar kamu lebih mudah untuk membuka sekrup-sekrup yang mengunci bagian bawah pada mesin cuci. Setelah sekrup-sekrup nya terlepas, kamu tarik semua bagian bawahnya. Lalu  segera lepaskanlah sekrup pengunci gearbox pada mesin cuci,  setelah itu barulah gearbox bisa kamu ganti dengan yang baru.

Nah pastikan pada saat kamu membeli gearbox, bawalah gear box yang rusak ke toko suku cadang tersebut dengan maksud agar kamu mendapatkan suku cadang gearbox yang sesuai dan cocok dengan kebutuhan mesin cuci kamu, dikarenakan tiap model mesin cuci itu berbeda ukuran dan model gearbox nya.

  • Langkah ketiga

Langkah terakhir yaitu cara pasang per gearbox mesin cuci 1 tabung nya mudah saja, tinggal kamu pasang kembali saja dan ikuti alur penutupan kembali cover mesin persis seperti saat kamu membongkarnya. Sebentulnya untuk mengganti atau memasang itu sangat mudah hanya saja perlu ketelitian. Dan hal yang perlu kamu perhatikan saat kamu memasang gearbox baru adalah kamu harus pastikan diameter pully yang menempel di gearbox baru tersebut sama persis dengan gear box yang rusak sebelumnya.

Karena jika tidak persis sama besarnya, akan berpengaruh pada vanbelt. Jika pully ukurannya lebih besar maka vanbelt tidak akan bisa masuk, sebaliknya jika terlalu kecil maka vanbelt akan kendur. Setelah itu, selanjutnya adalah kamu harus masukkan gearbox tersebut ke lubang dudukan, dan posisinya harus tepat di tengah. Nah, jangan lupa juga untuk memasang sekrup kembali dengan baik, agar gearbox kuat serta tidak miring.

Setelah gearbox selesai terpasang, kamu lanjutkan dengan memasang motor spinner. Setelah itu, kamu dapat merapatkan kembali bagian bawah mesin cuci dengan memasang semua sekrupnya pada posisi semula, dan jangan lupa untuk memasang vanbelt. Kemudian lakukan pengecekan atau pulsator testing dulu dengan mengisi air, jalankan timer wash kemudian cek apakah pulsatornya bergerak normal atau tidak. Selesai,  segera tutup kembali cover belakang mesin cuci kamu.

Ketahui :

Demikian cara memperbaiki gearbox mesin cuci 1 tabung, semoga bisa bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close
Alternative Text