Komponen Indoor Outdoor AC Split & Fungsinya

2 min read

komponen ac split dan fungsinya

Pada air conditioner, proses sirkulasi udara di dalam ruangan dapat terjadi berkat adanya komponen AC Split dan fungsinya yang begitu berguna. Seluruh komponen di dalam AC itu membuat ruangan yang ditempati menjadi jauh lebih sejuk sehingga meskipun sedang berada di udara yang sangat panas sekali pun, AC itu bisa mendinginkan udara yang ada. Untuk mengenal apa saja komponen AC rumah, perhatikan beberapa penjelasan yang ada di bawah ini.

Komponen AC Split dan Fungsinya
Komponen AC Split dan Fungsinya

Baca Dulu : Wiring Diagram AC Split Daikin 2 PK

Komponen AC Split dan Fungsinya

Berbeda dengan AC yang ada di kendaraan tertentu, AC Split merupakan salah satu jenis AC yang dipasang di tembok dan biasanya terbagi menjadi dua unit yakni unit indoor dan outdoor. Unit indoor akan dipasang di dalam ruangan sedangkan AC Split outdoor akan memiliki tugas utama membuang udara panas sehingga ditaruh di luar ruangan.

Prinsip kerja dari AC Split ini pun sangat sederhana namun begitu efektif untuk menjaga suhu ruangan agar tetap menyegarkan. Komponen yang ada di dalam AC akan menyerap udara panas yang ada di ruangan, lalu nantinya didinginkan dengan melalui beberapa proses tertentu. Pengguna juga bisa menyesuaikan seberapa tinggi suhu ruangan yang diinginkan sehingga suhu yang dirasakan tidak terlalu membuat tubuh menggigil.

Komponen AC Rumah

Pada umumnya, AC Split lebih sering ditemukan di dalam rumah karena fungsinya yang memang efektif terlebih biayanya masih sangat terjangkau. Tidak hanya itu, karena desain dan penampilannya yang sederhana pun membuat AC Split dapat ditaruh di tempat yang tidak terlalu luas sehingga ruangan tidak terlihat sempit. Berikut ini adalah penjelasan sederhana mengenai beberapa komponen yang ada di dalam AC Split.

1.  Komponen Indoor AC

Komponen Indoor AC
Komponen Indoor AC

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bagian ini berada di dalam ruangan. Beberapa komponen yang ada di dalam indoor AC adalah:

  • Filter atau Penyaring Udara

Komponen pertama yang berada di unit indoor AC adalah penyaring udara yang berguna untuk menyaring secara teliti setiap udara yang masuk ke dalam mesin. Terkadang, filter di AC Split akan diberi fungsi tambahan untuk menyaring seluruh jenis kotoran yang masuk seperti racun atau bakteri yang berbahaya untuk sistem pernapasan manusia. Dengan begitu, udara yang ada di dalam ruangan pun lebih bersih dan tidak ada polutan berbahaya yang mengancam kesehatan manusia.

  • Sensor Suhu & Kontrol Panel Elektrik

Selanjutnya, ada thermistor atau yang juga sering disebut sebagai sensor suhu serta kontrol panel elektrik. Kedua komponen ini akan memiliki tugas utama untuk mengatur bagaimana kinerja AC secara keseluruhan. Tidak hanya itu saja, namun thermistor pun akan berguna untuk mencari tahu apakah sudah terjadi perubahan suhu di dalam ruangan.

  • Evaporator

Evaporator menjadi komponen yang sangat penting bagi AC, sebab alat ini berguna untuk mengeluarkan suhu dingin atau sejuk pada ruangan tempat AC berada. Cara kerja dari komponen ini memiliki kebalikan karena kondensor dan biasanya berbentuk berlekuk agar tidak memakan terlalu banyak tempat di AC.

  • Motor Blower

Motor penggerak ini berguna untuk memutar kipas blower dan menyirkulasikan udara agar udara tersebut dapat melewati evaporator. Blower akan berhenti ketika temperatur udara sudah sesuai keinginan pengguna ketika melakukan setting suhu pada remote control AC.

judul gambar

Artikel Terkait :

2. Komponen Outdoor AC

Komponen Outdoor AC
Komponen Outdoor AC

Selain indoor, ada pula komponen outdoor AC dan fungsinya yang mendampingi kinerja komponen yang ada di dalam ruangan. Beberapa komponen tersebut di antaranya sebagai berikut:

  • Fan (Kipas)

Kipas atau fan memiliki fungsi utama yaitu membuat udara panas yang sebelumnya ada di dalam kondensor menuju udara bebas. Dengan begitu, udara panas dapat menyatu dengan udara luar dan terurai sendiri.

  • Kompresor

Kompresor akan membantu proses sirkulasi aliran di refrigerant agar gas di dalam komponen tersebut dapat tersalurkan menuju seluruh sistem. Kompresor terdiri atas 2 pipa, yakni pipa tekan dan pipa hisap.

  • Refrigerant

Refrigerant merupakan bahan pendingin berbentuk fluida yang digunakan untuk menyerap kalor. Perubahan itu terjadi dari cair ke gas atau penguapan, sementara itu proses pembuangan kalor yakni dengan proses pengembunan.

  • Akumulator

Komponen outdoor yang terakhir adalah akumulator, yang bertugas untuk menampung sementara refrigerant cair bertemperatur rendah. Cairan tersebut selanjutnya akan turun ke bawah dan uap dari refrigerant naik ke atas menuju kompresor.

Komponen AC dan Gambarnya

Penting untuk turut serta mengetahui bagaimana bentuk dan penampilan dari komponen AC sehingga berguna di masa depan. Berikut adalah gambaran singkat apa saja komponen yang ada di dalam AC.

1.      Air Conditioning System

Air Conditioning System
Air Conditioning System

2.   Komponen AC Split

Komponen AC Split
Komponen AC Split

Baca Juga :

Nah, itulah komponen AC Split dan fungsinya yang dapat menjadi informasi baru bagi Anda. Seluruh komponen memiliki fungsinya tersendiri yang pasti membuat AC berjalan dengan lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *