Penyebab Inverter Error, Protek, Drop & Tidak Keluar Tegangan

2 min read

penyebab inverter tidak keluar tegangan

Inverter adalah sebuah perangkat listrik yang berguna, namun terkadang ada masa di mana kita harus memahami penyebab inverter tidak keluar tegangan. Sebab, fungsi utama dari alat ini adalah mengubah daya listrik dari arus searah menjadi arus bolak-balik dengan tingkat efektivitas yang sama. Jika inverter tegangan drop, maka proses arus listrik itu juga tidak berhasil dengan baik. Karena itu, mari kita pahami apa saja penyebab dari masalah inverter.

Penyebab Inverter Tidak Keluar Tegangan
Penyebab Inverter Tidak Keluar Tegangan

Baca Juga : Macam-Macam Kerusakan TV LG Ultra Slim

Penyebab Inverter Tidak Keluar Tegangan

Ketika kita memakai inverter, maka tegangan yang nantinya dihasilkan akan tetap stabil dan mampu diatur sesuai dengan kebutuhan. Alat ini berbeda dengan stabilizer karena alat itu hanya bertugas untuk menstabilkan arus saja. Ada beberapa hal yang menjadi faktor mengapa inverter tidak mengeluarkan, salah satunya adalah hal yang ada di bawah ini.

1. Penyebab Inverter Error

Penyebab Inverter Error
Penyebab Inverter Error

Sebelum mencari solusi dari masalah inverter, ada baiknya kita memahami terlebih dahulu apa itu yang menyebabkan inverter error. Biasanya, alat ini rusak karena adanya faktor seperti:

  •  Tegangan Kurang

Penyebab pertama yang memungkinkan adalah tegangan listrik yang kurang dan catu dayanya terlalu rendah dibandingkan biasanya. Tegangan inverter akan bermasalah ketika ada keanehan pada rangkaian deteksi tegangan, dan membuat tegangan menjadi berjalan dengan tidak normal.

  • Korsleting

Faktor paling sering ditemukan ketika inverter error adalah gangguan arus atau korsleting. Pada banyak kasus, apabila converter kecepatan meningkat maka hal itu berarti bahwa arus listrik sedang berjalan dengan sangat serius dan sering kali menyebabkan penyumbatan pada bagian mekanis. Dengan begitu, maka akan menimbulkan kerusakan lunak pada inverter. Korsleting harus diatasi oleh pihak yang ahli karena kondisi ini sudah cukup berbahaya apabila ingin diperbaiki sendiri.

Baca Juga :

judul gambar

2. Penyebab Inverter Protek

Penyebab Inverter Protek
Penyebab Inverter Protek

Inverter yang protek atau rusak akan mengganggu jalannya aktivitas sehari-hari dan menghambat manusia menggunakan listrik. Kondisi ini terjadi karena ada faktor yang cukup menjengkelkan, beberapa di antaranya adalah:

  • Suhu Berlebih

Suhu yang berlebih pada inverter adalah kesalahan yang sangat umum. Terlebih, inverter yang sedang bekerja terkadang mengeluarkan suhu yang sangat tinggi dan hal itu berujung pada penyumbatan radiator atau kerusakan di kipas pendingin.

  • Tegangan Lebih

Selain suhu, tegangan yang terlalu tinggi juga menyebabkan inverter lebih rentan rusak. Kondisi ini biasanya terjadi ketika inverter dimatikan. Selain itu, tegangan lebih juga dihasilkan ketika ada deselerasi yang terlalu pendek dan terjadi hambatan pada unit rem. Karena itulah, tegangan yang dihasilkan oleh inverter harus stabil dan tidak berlebihan maupun kurang. Dengan begitu maka inverter dapat berjalan dalam waktu yang lama.

3.  Inverter Tegangan Drop

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, ketika tegangan inverter turun atau drop maka daya listrik yang dihasilkan tidak mampu menyokong kebutuhan listrik yang ada. Jika ingin mengatasi permasalahan inverter dengan tegangan rendah, maka alangkah lebih baik apabila Anda mencoba menghubungi pihak yang memang mampu mencari tahu lebih jelas faktor penyebab dari masalah inverter itu. Hal ini berguna untuk meminimalisir kecelakaan atau korsleting terlebih jika Anda masih orang awam dengan koneksi listrik.

Ketahui :

Demikian penyebab inverter tidak keluar tegangan yang sering kali ditemukan di masyarakat. Masih ada banyak faktor lain yang menyebabkan permasalahan ini, namun lebih jarang ditemukan dan sering kali disebabkan oleh human error. Karena itu, berhati-hatilah agar inverter ini tidak mengalami permasalahan apa pun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *