Wiring Diagram Kelistrikan Sistem AC Split Panasonic

2 min read

Diagram Kelistrikan AC split

Setiap unit AC terdiri atas beberapa komponen tersendiri, terlihat dari diagram kelistrikan AC Split yang bervariasi. Unit ini sendiri terbagi atas dua macam yakni unit khusus untuk dalam ruangan dan di luar ruangan. Skema kelistrikan AC akan digunakan oleh teknisi AC untuk mencari tahu di mana letak masalah yang terjadi dan bagaimana cara mengatasinya. Berikut ini adalah beberapa gambar wiring AC Split yang dapat Anda perhatikan.

Diagram Kelistrikan AC Split
Diagram Kelistrikan AC Split

Baca Dulu : Wiring Diagram AC Split Daikin 2 PK

Diagram Kelistrikan AC Split

Sebuah AC Split pasti akan diberi sebuah diagram yang menunjukkan komponen kelistrikan di dalam AC dan hal ini tidak boleh dianggap remeh begitu saja. Sebab, tidak ada yang menjamin bahwa AC akan selalu berjalan dalam kondisi normal dan terkadang akan ada masa di mana AC ini mengalami masalah tertentu. Karena itulah, keberadaan diagram kelistrikan sangat membantu untuk membantu ketika berhadapan dengan suasana seperti itu.

Skema Kelistrikan AC

Skema AC sendiri sering kali lebih sederhana dibandingkan dengan komponen alat lainnya karena ukurannya yang lebih kecil sehingga tidak memerlukan terlalu banyak komponen banyak. Namun, tetap saja komponen itu harus dipahami dengan baik sebab seluruhnya memiliki fungsi yang penting. Untuk itu, lihatlah macam-macam skema listrik AC yang ada di bawah ini.

1. Wiring Diagram AC Split Panasonic

Wiring Diagram AC Split Panasonic
Wiring Diagram AC Split Panasonic

2. Diagram Kelistrikan Sistem AC

Diagram Kelistrikan Sistem AC
Diagram Kelistrikan Sistem AC

3. Wiring AC Split

Wiring AC Split
Wiring AC Split

Artikel Terkait :

judul gambar

Berbagai Macam Komponen AC Split

Prinsip kerja utama dari AC Split adalah menyerap udara panas yang ada di dalam ruangan lalu mendinginkannya. Dengan begitu, suhu yang ada di sana menjadi lebih rendah dibandingkan dengan suhu yang ada di lingkungan sekitar. Hal tersebut bisa terjadi karena bantuan beberapa komponen yang begitu canggih, seperti:

1. Kondensor

Komponen AC Split yang pertama adalah kondensor yang dibuat dengan bahan pipa tembaga dan dibuat dalam bentuk berkelok-kelok. Tujuan dari bentuk tersebut adalah membantu proses pelepasan kalor udara menjadi lebih efektif sehingga udara panas yang dikeluarkan ke udara bebas bisa terjadi dengan lebih cepat. Kondensor adalah komponen yang berada di bagian outdoor AC Split.

2. Kompresor

Komponen outdoor yang selanjutnya adalah kompresor, yang berfungsi untuk melakukan sirkulasi aliran refrigerant. Proses refrigerant tersebut bermula dari freon yang nantinya dipompa dan dialirkan hingga menuju komponen utama seperti evaporator, pipa kapiler, kondensor, lalu nantinya kembali lagi ke kompresor. Refrigerant akan selalu melewati empat komponen utama AC Split secara terus menerus tanpa henti.

3. Filter

Sesuai dengan namanya, filter yang berada di bagian indoor AC Split ini berguna untuk menyaring udara yang nantinya melewati bagian evaporator. Dengan begitu, maka udara yang sedang bersirkulasi di dalam ruangan tidak tercemar oleh virus, bakteri, atau kotoran yang mengganggu.

4. Sensor Suhu

Komponen utama yang terakhir adalah thermistor atau sensor suhu, dan bagi pemilik AC mungkin sudah tidak asing dengan keberadaan komponen ini. Sensor suhu ini berfungsi mengontrol kerja AC secara keseluruhan, seperti mengatur kompresor, kipas angin bagian luar, timer, dan mengatur kerja blower.

Ketahui :

Diagram kelistrikan AC Split yang begitu berguna akan membuat proses instalasi dan reparasi AC tidak memakan waktu yang terlalu lama. Gambar yang sudah disajikan di atas akan membantu Anda untuk membayangkan bagian AC yang harus dibenahi, namun tentu saja aktivitas tersebut harus dilakukan dengan hati-hati sehingga baik Anda atau AC tidak terkena masalah apa pun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *