Cara Pasang & Menyambung Lampu LED Strip Selang Tanpa Adaptor

2 min read

cara pasang lampu led strip tanpa adaptor

LED strip adalah salah satu jenis dari lampu LED yang cocok banget untuk dipasang di medan atau area yang sempit. Namun, sampai saat ini masih banyak orang yang belum mengetahui cara pasang lampu LED strip tanpa adaptor. Padahal, cara menyambung lampu LED strip selang ini cukup mudah untuk dilakukan. Nah, dalam ulasan kali ini kita akan membahasnya!

Cara Pasang Lampu Led Strip Tanpa Adaptor

Baca Dulu : Cara Membuat Lampu LED Strip Mengikuti Musik

Panduan Cara Pasang Lampu LED Strip Tanpa Adaptor

Harga yang terjangkau adalah salah satu keunggulan mengapa banyak orang yang lebih memilih untuk memasang lampu LED ini daripada jenis lampu yang lainnya. Selain memiliki tegangan yang cukup rendah, juga ternyata memiliki daya tahan yang baik serta cukup hemat listrik. Namun, kekurangannya yaitu lampu ini membutuhkan adaptor untuk bisa mengubah arus listriknya dari AC (arus bolak – balik) ke DC (arus searah).

Adaptor ini juga ternyata memiliki fungsi yang lainnnya yaitu untuk menurunkan daya listrik yang awalnya 220 volt menjadi 12 volt atau sampai dengan 5 volt tergantung dengan jenis LED strip yang digunakan. Ada banyak jenis adaptor yang juga bisa digunaka, salah satunya yaitu adaptor LED strip 220v.

Fungsi Dari Adaptor Untuk Lampu LED

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa adaptor ini berfungsi sebagai pengubah listrik dari awalnya AC ke DC. Maka dari itu, komponen ini begitu penting untuk bisa menyalakan lampu LED. Jika dilihat dari fungsi, adaptor ini alat sebagai power supply dimana voltasenya sudah disesuaikan dengan alat elektronik yang ingin di supply. Apabila alat elektronik apapun itu digunakan tanpa adanya perantara dari adaptor ini maka akan mengalami kerusakan dengan cepat karena voltase yang diterimanya ini terlalu tinggi.

Adaptor lampu LED ini membutuhkan sumber daya listrik yang juga akan disesuaikan dengan masing – masing spek yang ada dimana tegangannya ini pada umumnya arusnya DC. Maka dari itu pentingnya power supply ini yang juga sering disebut sebagai driver itu mengubah tegangan listrik yang ada menjadi tegangan yang dibutuhkan.

Namun kualitas dari driver LED ini pun ditentukan oleh kekuatan dan juga kemampuan dari setiap unitnya untuk bisa menyuplai listrik LED chip supaya tetap bertahan dari fluktuasi tegangan sumber listrik.

Kira – kira adaptor untuk lampu LED strip ini bisa ditemukan dimana nih? Tak usah khawatir, dengan perkembangan dunia teknologi saat ini kamu bisa menemukannya di berbagai platform marketplace atau toko offline juga banyak yang menjual adaptor yang satu ini. Namun, untuk harganya ini tidak bisa diperkirakan karena setiap tipe dari adaptor ini memiliki harga yang berbeda – beda.

Baca Juga :

judul gambar

Cara Menyalakan Lampu LED Strip Tanpa Adaptor

Cara Menyalakan Lampu LED Strip Tanpa Adaptor

Apabila adaptor dari lampu LED rusak, apakah lampunya masih bisa menyala ataukah tidak? Nah, kembali lagi dengan pembahasan pada poin sebelumnya dimana fungsi dari sebuah adaptor itu adalah untuk menyesuaikan arus AC ke DC. Selain itu, adaptor ini juga bisa membuat lampu menjadi tahan lama karena memang tegangannya akan disesuaikan dengan yang dibutuhkan. Maka dari itu, idealnya jika memang adaptor dari lampu LED-nya rusak, berarti hal yang harus dilakukan adalah menggantinya dengan yang baru.

Tetapi jika kamu ada dalam suatu kondisi dimana sangat tidak memungkinkan untuk bisa mengganti adaptor yang rusak tersebut ke adaptor yang baru, kita masih bisa menggunakan cara menyambung lampu LED strip selang. Untuk rangkaiannya yang bisa dilakukan bisa dicontoh pada gambar berikut!

Rangkaian Sederhana Untuk Mengubah Arus AC Menjadi DC Sesuai Kebutuhan Lampu LED

Rangkaian sederhana di atas bisa kamu gunakan untuk mengubah arus AC menjadi DC sesuai dengan kebutuhan dari lampu LED yang digunakan. Namun ada beberapa catatan yang harus diperhatikan.

Pertama, rangkaian ini hanya bisa digunakan apabila kamu tidak dapat menemukan adaptor pengganti atau dalam artian hanya bisa dilakukan dalam keadaan mendesak saja.

Kedua, dikarenakan minimnya komponen yang begitu penting supaya bisa menstabilkan arus listriknya, maka jika digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama bisa merusak dari lampu LED-nya itu sendiri.

Ketiga, kamu harus memastikan bahwa seluruh sambungan ini terpasang dengan baik dan aman. Alangkah lebih baiknya supaya kamu juga menggunakan papan rangkaian supaya setiap komponen yang ada tidak saling bersentuhan satu sama lain. Serta pastikan bahwa kamu bisa membeli adaptor lampu LED yang baru ya.

Ketahui :

Jadi, bisa disimpulkan bahwa cara pasang lampu LED strip tanpa adaptor ini bisa kamu lakukan dengan menggunakan rangkaian yang tadi sudah dijelaskan. Namun, hal ini hanya bisa dilakukan jika memang dalam keadaan terdesak saja. Semoga ulasan kali ini bisa bermanfaat ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close
Alternative Text