Apakah Mesin Jahit Portable Cepat Rusak? Bisa Untuk Jahit Kain Tebal? Ketahui Kekurangannya!

2 min read

apakah mesin jahit portable cepat rusak

Hometronik — Kamu memiliki hobi menjahit sesuatu? Ingin punya mesin jahit tapi yang lebih praktis? Tidak usah khawatir, karena kini kamu bisa membeli mesin jahit portable yang bisa dibawa kemana – mana. Namun, sampai saat ini masih banyak orang yang mempertanyakan apakah mesin jahit portable cepat rusak atau tidak? Tentu, mungkin hal tersebut akan menjadi sebuah kekurangan mesin jahit portable ini. Untuk lebih jelasnya, langsung aja kita ulas dalam pembahasan kali ini ya!

Apakah Mesin Jahit Portable Cepat Rusak

Baca Dulu : Bagian – Bagian Mesin Jahit dan Fungsinya

Kelebihan dan Kekurangan dari Mesin Jahit Portable

Setiap benda apapun itu tentu memiliki kekurangan dan kelebihannya tersendiri. Begitupun dengan mesin jahit portable yang akan kita bahas kali ini. Kira – kira apa saja yang kelebihan dan kekurangannya?

Kelebihan Mesin Jahit Portable

Kelebihan Mesin Jahit Portable

1. Praktis

Yang dinamakan portable, pastinya praktis dan mudah untuk dibawa kemana saja. Hal ini tentu sangat berbeda dengan mesin jahit yang manual pada umumnya atau yang elektrik high speed yang memiliki bobot cukup berat serta sulit untuk dipindah – pindahkan. Namun, seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa ada beberapa hal juga yang menjadi kekurangan mesin jahit portable ini.

2. Mudah Untuk Diletakkan

Selanjutnya, kelebihan lainnya dari mesin jahit portable adalah mudah untuk diletakkan dimanapun itu sesuai dengan kebutuhan. Karena memang bobotnya yang hanya 3 – 6 kg saja, jadi kamu bisa meletakkannya di meja belajar, ruang tamu, ataupun di berbagai tempat lainnya. Artinya, tidak harus ada tempat khusus untuk meletakkannya. Selain itu, pemasangannya juga tidak perlu ribet – ribet. Cocok banget juga buat kamu yang baru saja belajar menjahit nih.

3. Harganya Cukup Terjangkau

Dengan berbagai kelebihan yang bisa didapatkan di poin – poin sebelumnya, kira – kira harganya berapa ya? Untuk harganya ini tergantung dengan bahan yang digunakan dari mesin jahit tersebut. Adapun harga yang paling murah di pasaran ini untuk mesin yang berbahan plastik yaitu Rp. 100 ribu – Rp. 400 ribu. Namun, jika kamu menginginkan mesin yang lebih kuat ini seperti logam, harganya bisa mencapi 2 – 3 kali lipat. Mungkin mesin jahit portable untuk pemula ini kamu bisa menggunakan bahan plastik terlebih dahulu ya.

judul gambar

Artikel Terkait :

4. Menggunakan Baterai Atau Dynamo

Mesin jahit portable tidak menggunakan arus listrik untuk bisa mengoperasikannya. Pada umumnya, mesin jahit untuk tipe ini menggunakan baterai atau dynamo. Sehingga jika kamu memiliki banyak kain yang harus dijahit tidak perlu khawatir pada saat mati listrik karena masih tetap bisa digunakan loh tanpa batas.

5. Cara Mengoperasikannya Mudah

Tak perlu khawatir dengan cara pengoperasian dari mesin jahit portable karena terbilang cukup mudah. Caranya yaitu hanya dengan hidupkan mesinnya, setelah itu kamu bisa langsung mengatur setikan untuk bisa membuat pola jahitan yang diinginkan. Tidak hanya itu saja, beberapa mesin jahit portable tidak dilengkapi dengan pedal juga sehingga untuk proses pengoperasiannya terbilang cukup mudah. Lalu mesin jahit mini portable bisa untuk jahit apa saja?

Pastinya akan muncul pertanyaan yang demikian. Nah, sebenarnya mesin jahit portable ini bisa digunakan untuk kain yang tipis ataupun tebal. Tetapi harus diperhatikan jika kamu akan menjahit kain yang cukup tebal apakah mesinnya ini bisa memadai atau tidak.

Kekurangan Mesin Jahit Portable

Setelah kita mengulas tentang kelebihan dari mesin jahit portable, langsung aja kita bahas beberapa kekurangan mesin jahit portable yang juga harus kamu ketahui!

1. Body Mesin Yang Kurang Kokoh

Kekurangan yang paling utama dari mesin jahit portable adalah body mesin jahitnya yang kurang kokoh. Hal ini dikarenakan sebagian besar dari mesin jahit portable menggunakan bahan dasar plastik.

Ketahui :

2. Fungsi Penggunaannya Terbatas

Selain body mesin yang kurang kokoh, fungsi penggunaannya juga cukup terbatas. Seperti halnya untuk menjahit kain tebal, harus ada merek khusus mesin jahit portable untuk kain tebal. Apalagi untuk menjahit tas, jeans, dan berbagai kain tebal yang lainnya. Maka dari itu, mesin jahit protable hanya dikhususkan untuk menjahit kain – kain yang tipis saja seperti kaos, sarung, kemeja, dan berbagai kain tipis lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close
Alternative Text