Cara Menyetel Mesin Jahit Untuk Bahan Tebal Agar Jahitan Bagus

2 min read

cara menyetel mesin jahit agar jahitan bagus

Penggunaan mesin jahit tentu sangat penting dalam memproduksi suatu pakaian. Mesin jahit juga digunakan karena lebih hemat waktu dan tenaga saat menjahit. Bagi Anda yang sulit menyetel mesin jahit, di bawah ini ada cara menyetel mesin jahit agar jahitan bagus dan juga cara memperbaiki mesin jahit benang loncat.

Cara Menyetel Mesin Jahit Agar Jahitan Bagus

Baca Juga : Mesin Jahit Portable Tidak Bisa Berputar

Cara Menyetel Mesin Jahit Agar Jahitan Bagus

Cara menyetel mesin jahit tergantung dari jenis bahan kain yang akan dijahit. Hal pertama yang harus dilakukan ialah menyesuaikan jarum jahit dengan jenis atau ketebalan kain. Selain itu, pastikan Anda menggunakan benang yang sesuai dengan jarum jahit dan ketebalan kain.

Sebagai contoh, gunakan benang obras untuk membuat obrasan atau benang jahit biasa. Pastikan benang tersebut terurai bebas dengan tegangan yang pas, tidak terlalu longgar atau terlalu renggang.

Cara menyetel mesin jahit agar jahitan bagus juga dilakukan dengan menyetel gigi penyuap. Pastikan gigi penyuap yang ada pada mesin jahit dalam keadaan bersih dan telah dilumasi dengan baik. Lalu, jangan lupa untuk menyetel knop gigi penyuap sesuai dengan ketebalan kain yang digunakan.

Cara cara tersebut termasuk salah satu cara menyetel mesin jahit untuk bahan tebal juga agar hasil jahitan bagus dan maksimal.

Cara Memperbaiki Mesin Jahit Benang Kusut

Cara memperbaiki mesin jahit benang kusut yaitu pertama silakan Anda mengganti benang jahit dengan kualitas yang lebih bagus. Pastikan pemasangannya benar. Lalu, sesuaikan tension mesin jahit dengan ketebalan kain yang akan dijahit.

Benang yang kusut ketika menjahit biasanya disebabkan kualitas benang yang tidak bagus, sehingga akan sulit untuk diatur dan dijahit. Selain itu juga mungkin saja terjadi kekeliruan pemasangan yang tidak benar dan tension yang terlalu kencang ataupun kendor.

Artikel Terkait :

Cara Memperbaiki Mesin Jahit Benang Loncat

Cara Memperbaiki Mesin Jahit Benang Loncat

judul gambar

Salah satu cara menyetel mesin jahit agar jahitan bagus ialah dengan memastikan benang jahit yang tidak loncat, kendur, atau terlalu tegang. Di bawah ini merupakan beberapa cara memperbaiki mesin jahit yang benang loncat.

1. Jarum Tumpul atau Rusak

Apabila jarum jahit yang digunakan sudah tumpul atau rusak, Anda bisa menggantunya dengan yang baru. Pastikan kualitasnya sudah lebih bagus. Pastikan juga ukuran jarumnya tepat dan sesuai dengan jenis kain.

2. Jarum Tidak Terpasang dengan Benar

Jika pemasangan jarum jahit tidak benar, maka bisa menyebabkan jarum tidak bisa mengangkat benang yang ada di bobin. Untuk mengatasinya, sebaiknya mengganti jarum jahit dan memasangnya dengan benar sesuai petunjuk.

3. Timing (Tension) Benang

Untuk menangani masalah tension benang, kemungkinan telah berubah dan Anda harus mengatur ulang bagian yang satu ini.

Cara Mengatur Jarak Jahitan Pada Mesin Jahit Butterfly

Cara mengatur jarak jahitan pada mesin jahit butterfly dilakukan dengan mengetahui berat dan tebal kain. Pengaturan jarak setikan harus memperhatikan janis bahan yang akan Anda jahit.

Setikan yang bagus ialah yang tidak terlalu rapat, dengan begitu akan menyebabkan bahan berkerut, bahkan jika salah bisa membuat jarah terlalu rapat dan menyebabkan kesulitan pembongkaran. Lalu, bisa menyebabkan juga kain menjadi robek.

  • Kain berat dan tebal diatur dengan 10 setikan untuk 2,5 cm dengan menggunakan jarum nomor 16.
  • Kain dengan bobot yang ringan diatur dengan 12 setikan untuk 2,5 cm dengan menggunakan jarum nomor 14.
  • Kain sedang tipis diatur dengan 14 setikan untuk 2,5 cm dengan menggunakan jarum nomor 11.

Jika jarak setikan terlalu lebar maka akan mengurangi kekuatan dari jahitan itu sendiri. Untuk mengatur kerapatan, renggan, atau panjang pendeknya setikan, sebaiknya perhatikan bagian pengatur dari jarak setikan itu sendiri yang terdiri dari tiang pengatur jarak setikan dan maju mundur setikan, serta mur pengatur jarak setikan.

Nomor yang ada pada piringan kanan dan kiri tiang pengatur jarak setikan menunjukkan kerapatan setikan. Nomor 7 menunjukkan setikan renggang, nomor 15 menunjukkan jarak setikan sedang, dan 30 menunjukkan jarak setikan yang rapat.

Cara menyetel mesin jahit agar jahitan bagus adalah dengan memperhatikan jarak jahitannya. Agar jarak jahitan sesuai dengan yang diinginkan, Anda bisa mencobanya terlebih dahulu di kain perca.

Cara mengatur jarak setikan ialah kendurkan terlebih dahulu mur yang terdapat di sebelah kiri. Lalu, naikkan atau turunkan tiang pengatur jarak yang diinginkan, kemudian kencangkan mur tersebut kembali.

Itu dia cara menyetel mesin jahit agar jahitan bagus dan rapi. Dari cara cara diatas Anda bisa mendapatkan hasil jahitan yang bagus. Pastikan mesin jahit yang Anda gunakan sudah benar, dan semua pengaturan serta penggunaan jarum dan benangnya sudah sesuai dengan bahan kain yang akan dijahit.

Ketahui :

Apabila tidak sesuai, maka bisa menyebabkan hasil jahitan tidak maksimal, membuat kain rusak atau bahkan sobek.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close
Alternative Text