Cara Mengatasi TV LED Tidak Bisa Nyala Tapi Lampu Power Hidup

2 min read

Apakah Anda pernah mengalami TV LED tidak bisa nyala tapi lampu power hidup? Penyebab TV Led tidak mau menyala memang bisa dikarenakan berbagai sebab. Untuk itu perlu dicek satu-persatu. Artikel kali ini akan membahas masalah TV LED yang tidak menyala meskipun Anda sudah memencet tombol power. Untuk Anda yang memiliki Televisi merk LG, Polytron maupun Samsung bisa menyimak artikel ini!


Sekilas Tentang TV LED

tv led tidak bisa nyala tapi lampu power hidup

Dewasa ini, TV LED sudah banyak menggantikan trend TV tabung di pasaran. Televisi layar datar atau sering dikenal LED (Light Emitting Diode) tersedia dengan berbagai ukuran. Cara kerja TV ini menggunakan teknologi LED yang mampu memancarkan cahaya saat diberikan tegangan listrik. Secara tampilan memang TV LED ini tidak banyak perbedaan dengan TV LCD, namun di bawah ini mimin jelaskan beberapa keunggulan TV LED dibandingkan LCD dan beberapa masalah yang mungkin muncul pada TV LED.

Keunggulan TV LED

TV LED ini diklaim unggul dari pesaingnya. TV LED mengonsumsi daya listrik lebih sedikit daripada TV tabung dan LCD. TV LED tidak mudah panas dalam penggunaanya karena penggunaan daya listrik yang sedikit ini.

LED di klaim sebagai pengembangan dari TV LCD dengan menggunakan mode backlight dibandingkan fluorescent pada LCD. Teknologi ini memungkinkan LED memancarkan gambar dengan warna lebih cerah dibanding model TV pendahulunya. Selain itu, backlight membuat kontras warna tayangan menjadi lebih tajam pada TV LED.

Kelemahan TV LED

tv led polytron tidak bisa nyala tapi lampu power hidup
TV Led Polytron tidak bisa nyala tapi lampu power hidup

Biasanya TV LED dengan ukuran yang pipih di belakang layarnya mudah panas. Dengan kata lain, minimnya ruang pada komponen TV ini akan menimbulkan komponen mudah rusak karena panas. Selain ini perlu diperhatikan dengan benar penempatan TV ini. Sirkulasi udara yang kurang menyebabakan suhu TV mudah panas.

Kendala lain adalah tampilan layar yang kurang jernih. Faktor pertama, Sobat bisa cek kondisi antena. Kemudian bisa jadi harus diatur ulang tuner digital TV-nya, atau bisa menambahkan booster pada Antena.

Ketahui: Kelemahan TV Changhong

TV LED sering nyala mati sendiri. Sobat pasti sering menemui kendala ini dari sebuah TV, tidak terkecuali TV LED. Kondisi ini biasanya karena IC bermasalah. IC bisa jadi rusak karena Elco sebagai penyusunnya sudah harus diganti. Kelemahan lain biasanya TV tidak bisa nyala tapi lampu power hidup. Di bawah ini akan dijelaskan mengenai kendala tersebut.

Cara Mengatasi  TV LED Tidak Bisa Nyala Tapi Lampu Power Hidup

Sobat apabila TV LED kamu mengalami kendala ini, terdapat beberapa hal yang perlu kamu pastikan. Jika lampu power menyala, coba gunakan power untuk menekan tombol ganti channel misalnya, atau naik turunkan volume.

tv led lg tidak bisa nyala tapi lampu power hidup
Tv Led LG tidak bisa nyala tapi lampu power hidup

Langkah kedua, coba gunakan tombol switch channel yang ada di bagian bawah TV. Jika anda sudah menekan entah tomboh switch maupun tombol volume tetap tidak ada perubahan bisa jadi komponen dalam TV LED yang bermasalah. Jika layar tidak mengalami perubahan dan tetap mati, penyebabnya adalah komponen Elco pada TV LED Sobat bermasalah.

Kondisi ini biasanya disebut mati standby. Artinya layar tidak menyala walaupun lampu indikator powernya sudah hidup. Kondisi ini banyak terjadi pada TV LED dan LCD. Pada umumnya memang karena Elco yang minta di ganti, namun pada konsisi tertentu perlu pengecekan lebih lanjut. Perbedaan merk biasanya menyebabkan perbedaan penyebab.

Baca Juga: Bagus TV Changhong atau Coocaa

Langkah pertama yang bisa Sobat lakukan jika TV LED tidak bisa nyala tapi lampu power hidup adalah membuka rangka TV dalam kondisi semua kabel tidak terhubung arus listrik. Ukurlah berapa  tegangan pada bagian b+115. Terdapat dua kondisi jika b+ nya normal, lanjutkan periksa transistor horisontalnya. Jika b+ drop maka Sobat perlu mencopot transistor horisontal dan mengecek ulang apakah masih drop atau tidak. Jika tidak permasalahan ada di transistor. Jika masih drop, mungkin power supply lah muasal penyebabnya.

Jika Sobat tidak terlalu mengerti tentang komponen TV LED, akan lebih bijaksana langsung memanggil teknisi. Pada beberapa merk, letak komponen penyusun TV berbeda sehingga perlu dicermati betul jalur kerja rangkaian komponen untuk menemukan sumber masalah. Terlebih lagi, untuk komponen berukuran kecil seperti transistor perlu pengetahuan yang cukup untuk mendeteksi apakah masih bekerja dengan normal atau sudah drop.

Baca Dulu:

Demikian cara mengatasi TV LED tidak bisa nyala tapi lampu power hidup. Semoga menjadi tambahan referensi untuk Sobat yang mengalami kondisi yang serupa. Jika ada kesalahan dalam penulisan, mimin mohon maaf dan mohon koreksinya. Jangan lupa baca artikel menarik lainnya pada situs ini ya, Sekian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *