Resistor Untuk Lampu LED Tegangan AC Berapa Arusnya ?

2 min read

Resistor untuk lampu led tegangan AC

Jika berbicara tentang arus listrik, yang jelas tidak semua orang dapat memahaminya. Dimana arus listrik ini memang hanya di mengerti oleh orang yang sudah mempelajarinya. Jadi bagi anda yang ingin mempelajari lebih detail tentang arus dan tegangan pada listrik, tepat sekali jika berkunjung pada artikel yang satu ini.

Resistor Untuk Lampu LED Tegangan AC

Untuk kali ini saya akan membagikan tentang informasi mengenai Berapa Volt Resistor Untuk Lampu LED Tegangan AC. Namun sebelum lanjut pada pembahasan tersebut, anda harus paham tentang Resistor itu sendiri. Resistor adalah salah satu bentuk komponen elektronik yang telah memiliki dua pin dan didesain untuk mengatur tegangan listrik dan arus listrik.

Artikel Terkait : Cara Membuat Lampu LED Rumah Lebih Terang

Bagaimana Cara Mengetahui Resistor Untuk Arus AC?

LED atau Light Emitting Diode bisa dinyalakan langsung melalui tegangan 220 volt AC tanpa transformator. Ini dia beberapa cara menyalakan LED dari jala-jala listrik 220 volt. Komponen yang di pakai pada resistor, kapasitor dan dioda tanpa transformator maupun induktor.

Dalam beberapa kejadian yang seringkali terjadi pada penggunaan transformator tidak diinginkan untuk mengurangi biaya dan ukuran. Maka dari itu bisa di pastikan jika tidak semua orang memahami bagaimana cara mengetahui Resistor Untuk Lampu LED Tegangan AC. Disini anda harus memahami bagaimana dan berapa tegangan arus listrik yang mengalir pada AC. Dengan begitu maka anda akan dapat mengukur berapa ukuran dan kapasitas yang sebenarnya.

Prinsip Menyalakan LED Menggunakan Resistor Lampu LED

Suatu lampu LED akan bisa dinyalakan dengan memberikan tegangan maju tertentu serta membatasi arus sesuai dengan arus maksimum LED tersebut. LED kecil ini biasanya memiliki tampilan maksimum dapat diberi arus 25 mA saja. Untuk tegangan maju pada LED berkisar antara 1,8 volt sampai 3 volt tergantung warna LED.

Prinsip Mengurangi Tegangan 220 Volt AC

Resistor arus AC berbeda dengan resistor arus LED. Untuk adaptor biasanya tegangan 220 volt akan dikurangi dengan memakai transformator atau berupa trafo. Jika anda disini tidak menggunakan trafo, maka tegangan 220 volt dapat diperkecil agar sesuai dengan LED dengan cara menambahkan  komponen seri. Namun juga bisa berupa resistor, kapasitor maupun induktor.

Baca Juga :

judul gambar

Resistor arus AC

Resistor arus AC

Rangkaian resistor AC ini biasa dimanfaatkan untuk pengaturan listrik dan tegangannya. Tapi Tahukah anda bagaimana rangkaian resistor yang diterapkan pada arus bolak balik? Di lansir dari Encyclopaedia Britannica, arus bolak-balik atau yang biasa disebut dengan AC atau Alternating Current. Yaitu sebuah aliran muatan listrik yang berbalik arah secara berkala dan akan mengulangi siklus ini tanpa batas.

Rangkaian resistor atau yang disebut dengan rangkaian hambatan pada arus AC. Ternyata sudah memiliki fungsi sebagai pembatas arus listrik yang masuk atau untuk menurunkan potensial listrik pada rangkaian. Hingga disini tidak terjadi perubahan fase antara arus dan tegangan. Yang Artinya jika arus dan tegangan pada rangkaian resistor arus AC merupakan sefase.

Pada Saat sebuah hambatan telah dihubungkan dengan sumber tegangan generator secara bolak-balik. Maka bisa di katakan jika arus listrik akan mengalir melalui hambatan. Sedangkan untuk tegangan pada hambatan merupakan sama dengan tegangan pada sumber.

Pada umumnya untuk menentukan tegangan dan arus yang terkait dengan rangkaian resistor dapat di ukur menggunakan hukum Ohm. Namun karena yang digunakan ini merupakan arus AC, di mana tegangannya mengalihkan polaritas dari positif ke negatif. Dan juga arus berhubungan dengan tegangan berosilasi bolak-balik. Maka dengan bentuk osilasi dari arus AC adalah mengikuti bentuk gelombang sinusoidal.

Berapa arus lampu LED

Seperti yang sudah di sebutkan diatas jika anda bertanya berapa arus lampu LED. Maka perlu anda tahu dahulu jika LED merupakan komponen dioda yang bisa memancarkan cahaya jika dialiri oleh arus listrik atau tegangan. LED sendiri disini masih termasuk dalam salah satu keluarga dioda atau semikonduktor yang memiliki 2 kutub, yaitu kutub anoda dan kutub katoda.

Ketahui :

Dengan mengetahui Berapa Volt Resistor Untuk Lampu LED Tegangan AC. Maka anda sudah dapat memperkirakan seberapa besar potensi arus listrik yang di butuhkan. Semoga Bermanfaat untuk anda semua ya sobat!!!

judul gambar

Leave a Reply

Your email address will not be published.