Komponen & Rangkaian Setrika Listrik Philips dan Bagian-Bagiannya

2 min read

rangkaian setrika listrik

Merk pabrikan elektronik memang sudah cukup banyak di Indonesia. Namun salah satu yang masih menjadi rajanya yaitu merk Philips. Pengguna elektronik merk Philips memang sudah sering diminati terutama setrika listriknya.

Jika anda termasuk dalam salah satu pengguna setrika merk Philips, maka tepat sekali jika mempelajari artikel ini. Dimana untuk saat ini, saya akan memberikan penjelasan mengenai rangkaian setrika listrik merk Philips. Tidak hanya itu saja, disini juga lengkap dengan beberapa komponen penting yang ada di dalamnya.

Rangkaian Setrika Listrik

Jadi dengan begitu maka anda dapat mengetahui komponen mana saja yang penting dan juga fungsinya. Bila terjadi kerusakan pada setrika itu sendiri, anda langsung mengetahui komponen mana yang harus di perbaiki. Karena tidak semua komponen setrika listrik harus di bongkar jika terjadi kesalahan pada setrika yang anda miliki.

Baca Juga : Setrika Uap  Gantung 

Intip Secara Keseluruhan Komponen Setrika Listrik Yang Ada Pada Merk Philips

  • Kabel

Kabel menjadi salah satu bagian setrika yang berfungsi sebagai penghantar listrik dari sumber tegangan menuju ke setrika tepatnya ke elemen pemanas  atau heater. Kabel setrika sendiri ini berisi kawat tembaga serabut yang dilapisi dengan isolasi berbahan dasar karet dan bahan sejenis kain. Dengan bahan tersebut maka membuat kabel menjadi lebih terlihat fleksibel dan mudah untuk mengikuti pergerakan setrika. Dengan bahan dasar isolasi tersebut maka membuatnya sangat aman dari kebocoran arus listrik.

  • Selector Switch

Selector switch atau yang disebut sebagai saklar merupakan salah satu bagian setrika listrik yang berfungsi sebagai saklar On dan saklar Off. Selain dari pada itu selector switch juga berfungsi untuk memilih tingkatan panas yang diinginkan. Setrika listrik ini pada umumnya memiliki selector switch yang dilengkapi dengan keterangan jenis kain dan tingkatan panas.

Keterangan tersebut juga telah  memudahkan pengguna untuk menyesuaikan panas yang pas terhadap jenis kain yang akan disetrika. Jika anda menginginkan suhu tinggi maka arahkan selector switch ke arah keterangan suhu panas. Dengan begitu maka selector switch akan membuat arus listrik yang mengalir ke elemen pemanas semakin besar.

  • Elemen Pemanas (Heater)

Elemen pemanas atau heater merupakan bagian setrika yang berfungsi untuk mengubah energi listrik menjadi energi panas. Semakin lama arus listrik yang mengalir pada elemen pemanas maka suhunya pun juga semakin tinggi.

Maka dari itu sebuah komponen pengatur suhu sangat berperan penting dalam menjaga suhu yang tepat. Letak elemen pemanas pada konstruksi setrika listrik berada di antara alas dan pemberat setrika.

Baca Juga :

  • Lampu Indikator

Lampu indikator merupakan bagian setrika listrik yang berfungsi untuk menunjukkan kondisi setrika dalam keadaan On atau Off. Selain itu, lampu indikator juga berfungsi sebagai indikator yang menunjukkan setrika sedang malakukan proses pemanasan. Jika lampunya tiba-tiba mati maka suhu elemen pemanas setrika sudah sesuai / pas dengan suhu yang telah diatur di selector switch.

judul gambar

Kenapa harus menggunakan setrika merk Philips?

Pakaian yang kusut dan tidak rapi tentunya akan mengurangi keindahan penampilan kamu. Nah, untuk membuat kamu selalu tampil rapi dalam berpakaian, kamu harus rajin menyetrika pakaian dan menggunakan setrika berkualitas.

Jika kamu bingung memilih merek setrika yang harus kamu beli, coba tengok produk-produk buatan Philips. Pabrikan elektronik tersebut telah dikenal luas dengan produknya yang berkualitas.

  • Merek kelas dunia

Produsen alat elektronik rumah tangga yang satu ini ternyata sudah berdiri sejak 1891. Dengan pengalaman yang sekian lama, tentunya popularitas dan kualitas produk buatan Philips tidak perlu kamu ragukan lagi.

Setrika buatan Philips sendiri sudah dikenal akan kualitasnya yang tahan banting dan memiliki pengaturan panas yang sesuai dengan berbagai macam kebutuhan kain.

  • Banyak pilihan produk

Terdapat berbagai varian setrika buatan Philips, mulai dari setrika kering biasa yang tahan lama dan mudah dalam penggunaannya, setrika mini travelling yang cocok kamu bawa ke mana saja, sampai setrika uap yang cepat dan efisien.

Selain itu, setrika Philips juga hadir dengan banyak varian warna. Mulai dari setrika kering classic Philips HD1172 hingga setrika Philips Diva dengan warna hijau dan ungu yang ceria.

Tidak hanya berdasarkan warnanya saja, kamu juga dapat memilih varian setrika Philips yang sesuai dengan bujet dan kebutuhan kamu. Karena setiap produk setrika pabrikan ini hadir dengan kemampuan dan fitur yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya.

Ketahui :

Gambar rangkaian setrika listrik dan bagian-bagiannya

Berikut adalah gambar rangkaian setrika listrik:

rangkaian setrika listrik
Gambar 1. Rangkaian setrika listrik

 

gambar setrika dan bagian bagiannya
Gambar 2. Setrika dan bagian bagiannya

 

Cara kerja setrika listrik

Energi listrik timbul akibat adanya arus listrik (dalam satuan Ampere A) yang mengalir akibat adanya beda potensial atau tegangan listrik (dengan satuan volt V).  Energi listrik dihasilkan dari perubahan energi lain, seperti energi kimia atau energi kinetik (energi gerak) melalui pembangkit listrik.  Pada perangkat elektronik, energi listrik ini diubah menjadi bentuk energi lain, termasuk energi panas.

judul gambar

Leave a Reply

Your email address will not be published.