Cara Menggunakan Setrika Uap Philips Berdiri GC 1418

2 min read

Bolehkah setrika uap diisi pewangi? Apakah setrika uap Philips bisa digunakan tanpa air? Setrika uap belakangan sedang trend berkat kepraktisan penggunaannya. Karena setrika satu ini cocok untuk digunakan pada berbagai jenis pakaian, baik linen, katun, maupun sutra. Setrika uap yang bisa anda jadikan pilihan yaitu Philips, baik model standing maupun standar seperti Philips GC 1418. Bagaimana cara penggunaan  setrika uap Philips berdiri dan standar ini ? Simak ulasan Hometronik berikut.

Cara Penggunaan Setrika Uap Philips

setrika uap philips berdiri

  1. Steamer Harus Menyentuh Bahan Pakaian

Cara penggunaan setrika uap Philips harus menyentuh bahan pakaian, agar dapat menghilangkan semua kerutan yang ada di sana. Pelat uap pada steamer pakaian terbilang aman, sehingga jangan takut mendekatkannya ke pakaian anda. Ini tidak akan menimbulkan risiko terbakar maupun noda air. Rapatkan langsung steamer ke setiap item pakaian yang hendak diuapi.

  1. Bantuan untuk Bagian Manset dan Kerah

Untuk memperoleh hasil yang maksimal agar pakaian licin, maka rentangkan pakaian ketika menguapinya. Lalu untuk bagian manset dan kerah, lakukan penguapan secara horizontal. Sehingga permukaan yang melapisinya, dapat menopang pakaian anda. Apabila anda mempunyai setrika uap Philips berdiri yang dilengkapi style board ekstra panjang, maka bisa menggunakannya sebagai penopang.

  1. Berdiri dengan Tegak

Cara menggunakan setrika uap berdiri Philips, pastikan anda berdiri dengan tegak. Apabila anda memiliki setrika uap berdiri, sesuaikan ketinggian dengan tepat agar proses setrika tidak membuat punggung anda sakit. Dan jika mempunyai steamer genggam dengan bentuk standar seperti Philips GC 1418, maka coba temukan sesuatu yang mempunyai tinggi wajar.

bolehkah setrika uap diisi pewangi
Bolehkah setrika uap diisi pewangi?

Nantinya hal tersebut bisa dimanfaatkan sebagai cara menggunakan setrika uap Philips GC 1418. Gantungkan pakaian anda pada ketinggian tertentu dan mulai lakukan penguapan. Cara pakai setrika uap Philips GC 1418 juga bisa dilakukan secara horizontal, mengingat modelnya yang persis dengan setrika biasa. Pastikan anda mencari permukaan dengan ketinggian tepat agar lebih nyaman.

judul gambar

Steamer Pakaian untuk Kain Khusus

  1. Letakkan Sikat pada Steamer Pakaian

Jika anda memiliki pakaian dengan jenis kain khusus yang tebal seperti jaket dan mantel, maka gunakan aksesori sikat pada setrika uap Philips berdiri untuk menghilangkan kerutan. Penggunaan sikat ini nantinya akan membantu dalam membuka serat kain, agar penetrasi uap terjadi lebih baik. Selain itu, penggunaan sikat juga dapat membersihkan kotoran dan serabut pada pakaian dengan lebih mudah.

  1. Aksen Bordir, Sablon, Lipit, dan Bahan Halus

Bagaimana cara menggunakan setrika uap untuk pakaian dengan bahan halus, akses bordir, lipit, dan sablon ? Untuk menjawab pertanyaan ini, maka bisa sekaligus menjawab pertanyaan mengenai apa kelebihan setrika uap Philips. Pasalnya steamer pakaian berdiri maupun steamer portable Philips bisa langsung digunakan untuk pakaian jenis ini.

Cukup tekan pelat steamer ke arah pakaian anda yang mempunyai aksen lipit, cetakan sablon, bordir, dan lain sebagainya seperti cara menggunakannya pada jenis pakaian lainnya. Lalu mulailah menguapi pakaian anda hingga bagian kusut menjadi licin. Ini memang salah satu keunggulan Philips. Tidak heran banyak yang bertanya berapa harga setrika uap merk Philips ini.

Merawat Setrika Uap Agar Tidak Mudah Rusak

cara penggunaan setrika uap philips
Cara penggunaan setrika uap Philips GC 1418

Setrika uap memang sedang trend, sehingga anda tentu tergiur untuk membeli setrika uap Philips berdiri maupun yang model standar. Namun alangkah lebih baik jika anda mengetahui terlebih dahulu bagaimana cara perawatan dari alat ini, agar setrika uap tidak mudah rusak dan awet. Berikut intip tipsnya.

  1. Kosongkan Tangki Air

Apa yang digunakan setrika uap untuk sistem pemanasnya ? Setrika uap ini mengandalkan uap air sebagai sumber panasnya. Sehingga anda pastinya akan mengisi tangki dengan air. Namun, banyak orang yang membiarkan sisa air tetap di tangki setelah proses setrika selesai. Padahal sisa air ini dapat menyebabkan tumpukan kerak yang bisa menjadi masalah serius.

Maka dari itu, sebaiknya jangan isi air di tangkai sampai batas maksimal ketika pakaian yang disetrika tidak terlalu banyak. Selain itu, buang sisa air yang ada di dalam tangki setiap selesai digunakan lalu lap hingga kering. Ini tentu juga menjawab pertanyaan apakah setrika uap bisa digunakan tanpa air. Jawabannya adalah tidak, karena uap air merupakan sumber panas untuk setrika uap.

  1. Tidak Menambah Cairan Lain

Selain selalu menjaga tangki tetap kering ketika setrika tidak digunakan, cara menjaga setrika uap Philips berdiri agar tetap awet yaitu jangan menambahkan cairan lain ke dalam tangki. Banyak yang bertanya bolehkah setrika uap diisi pewangi, agar pakaian menjadi lebih wangi. Ternyata hal ini malah dapat menyebabkan kerugian. Sebaiknya gunakan pewangi sebelum proses setrika dimulai.

Itulah seputar informasi yang perlu diketahui dalam penggunaan setrika uap, termasuk merk Philips tipe berdiri maupun standar. Penggunaan setrika uap ini bisa menjadi solusi bagi anda yang memiliki berbagai jenis pakaian. Mengingat bahwa setrika uap sangat cocok dan aman digunakan untuk segala jenis pakaian, mulai dari bahan tebal, halus, hingga yang memiliki banyak varian aksen.

Leave a Reply

Your email address will not be published.