Cara Menggunakan Setrika Uap Baju Gantung Philips Low Watt

2 min read

Kali ini Hometronik.web.id akan berbagi cara menggunakan setrika uap gantung. Baik untuk merek Philips atau merek lainnya yang ada di pasaran. Jika Anda baru saja membeli setrika uap baju gantung perlu mengetahui cara yang benar untuk menyetrika baju agar rapi. Selain itu, pemakaian yang benar juga akan membuat setrika jadi lebih awet, hemat listrik dll. Apalagi setrika uap gantung low watt yang mana cukup hemat listrik.


Menyetrika pakaian bisa menjadi kegiatan yang membantu seseorang untuk terlihat rapi setiap hari. Sayangnya, banyak orang yang enggan untuk teliti dalam menyetrika agar pakaian tidak berkerut. Kini, ada solusi untuk anda yang enggan menyetrika karena memakan banyak waktu. Dengan setrika uap gantung Philips, menyetrika lebih mudah dan cepat. Berikut cara penggunaannya.

Cara Menggunakan Setrika Uap Model Gantung

setrika uap gantung low watt

1. Siapkan Area

Area untuk menyetrika pakaian dengan mengandalkan setrika uap tentunya tidak sama layaknya setrika konvensional umumnya. Dimana anda tidak memerlukan papan setrika untuk menggunakan setrika uap baju gantung ini. Pasalnya setrika uap model ini tidak digunakan dalam posisi horizontal, melainkan vertikal.

Oleh sebab itu, anda memerlukan hanger atau gantungan baju untuk membantu proses setrika ini. Untuk area atau tempat menggantungnya sendiri bisa bebas di mana saja, yang penting mudah untuk dijangkau oleh setrika. Ada baiknya anda mencari ketinggian yang pas, tidak terlalu tinggi dan tidak terlalu rendah, agar proses setrika menjadi lebih nyaman.

2. Cek Label pada Pakaian

Cara menggunakan setrika uap gantung berikutnya yaitu jangan lupa untuk mengecek label pada pakaian yang akan disetrika. Setiap produsen pakaian memang lazimnya memberikan informasi terkait apakah produk pakaian tersebut boleh disetrika atau tidak pada bagian label. Selain informasi tersebut, biasanya juga akan ada petunjuk menyetrikanya yang benar.

Cara menggunakan setrika uap baju gantung
Cara menggunakan setrika uap baju gantung

Dimana pada label akan tercantum bagaimana pengaturan setrika yang sesuai dengan bahan seperti kain berbahan polyester, katun, atau wol. Dengan melihat label pakaian, maka dapat mencegah anda melakukan kesalahan atau membuat pakaian gosong ketika disetrika. Namun jika tidak ada keterangan di label, anda bisa mencari informasi mengenai jenis bahan pakaiannya sendiri.

3. Isi Air pada Tangki

Setrika uap bekerja dengan panas yang sumbernya berasal dari panas uap air. Oleh karena itu setrika ini memiliki wadah untuk mengisikan air di dalamnya. Wadah ini lazimnya ada di bagian atas setrika, buka tutupnya untuk memasukkan air ke dalam tangki. Pastikan anda menggunakan air suling, agar terhindar dari timbunan kalsium yang dapat menyumbat saluran uap pada setrika.

4. Panaskan Setrika

cara menggunakan setrika uap gantung
Cara menggunakan setrika uap gantung

Apabila air sudah diisi sesuai kebutuhan anda dan pakaian sudah dihamparkan dengan benar, nyalakan tombol untuk mengatur panas pada setrika uap gantung low watt. Dan seperti yang telah disebutkan, sesuaikan pengaturan panas ini dengan bahan dari pakaian yang akan anda setrika untuk menghindari pakaian menjadi gosong atau tidak licin.

Tunggu selama beberapa detik hingga lapisan logam yang ada pada setrika mulai menjadi panas. Lalu mulailah menyetrika pakaian dari satu sisi kemudian ke sisi lainnya. Namun pada langkah pertama, lakukan semprotan uap beberapa kali dari jauh. Ini dilakukan untuk mengecek apakah setrika masih berfungsi dengan baik atau tidak.

5. Mulai Menyetrika

cara menggunakan setrika uap gantung
Cara menggunakan setrika uap gantung Philips

Apabila diketahui setrika masih berfungsi dengan baik, letakkan setrika hanya beberapa inchi saja dari pakaian agar uap panasnya benar benar mengenai pakaian dan bisa merapikannya. Lakukan dengan gerakan vertikal dari atas ke bawah, dan ulangi langkah ni sampai kerutan yang ada di pakaian menghilang.

Dan seperti yang telah disinggung sebelumnya, lakukan proses menyetrika menggunakan setrika uap ini dengan cara menyetrika pakaian dari satu sisi ke sisi lainnya. Jika sudah selesai dengan satu sisi, maka balik pakaian untuk menghaluskan sisi yang belum tersentuh. Trik agar pakaian cepat halus menggunakan setrika uap yaitu, lakukan proses ini ketika pakaian masih dalam keadaan lembap.

6. Biarkan Pakaian Menggantung

setrika uap gantung philips
Setrika uap gantung philips

Setrika uap mengeluarkan panas dari uap air, sehingga pakaian mungkin terasa tidak terlalu kering ketika prosesnya selesai. Namun ini adalah salah satu keunggulan dari alat ini, selain harga setrika uap gantung yang terjangkau. Karena uap airnya bisa sekaligus membunuh bakteri yang menempel di baju. Akan tetapi, pastikan anda menggantungnya hingga kering sebelum melipat pakaian.

Menggunakan setrika uap bukanlah perkara yang sulit. Bahkan cara penggunaannya sama mudahnya dengan menggunakan setrika listrik konvensional. Hanya saja sistem pemanas yang digunakan oleh alat ini berasal dari panas uap air. Untuk model setrika uap yang gantung, anda perlu melakukannya secara vertikal untuk membuat pakaian menjadi rapi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Privacy | Contact Us | Disclaimer | Sitemap | About
2021 © Copyright by Hometronik.web.id