Harga Ganti Layar LCD TV Polytron 32 Inch

2 min read

harga ganti lcd tv polytron 32 inch

Salah satu kendala yang sering dihadapi oleh para pengguna TV Polytron adalah masalah pada layarnya yang eror atau rusak. Padahal, harga ganti LCD TV Polytron 32 inch terbilang cukup mahal yakni dapat mencapai 60% – 80% dari harga TV itu sendiri.

harga ganti lcd tv polytron 32 inch

Hal semacam ini tentu menjadi dilema bagi mereka yang mengalami kerusakan layar pada TV Polytron. Apalagi untuk ukuran layar yang lebih lebar seperti ukuran 32 dan 42 inch yang mana harganya juga akan jauh lebih mahal. Untuk itu, disini kami ingin memberikan rincian informasi seputar harga ganti LCD serta biaya service TV lengkapnya. Yuk simak informasinya!

Jenis-Jenis Kerusakan LCD TV Polytron

Walau tidak semahal layar tipe LED Panel, LCD tetap saja memiliki harga yang mahal jika dibandingkan dengan layar TV tabung atau sejenisnya. Jadi, sebelum memutuskan untuk men-servicenya, silakan untuk mengetahui penyebab kerusakan-kerusakannya terlebih dahulu seperti berikut ini.

a) Layar Terdistorsi / Muncul Garis-Garis

Layar yang muncul garis-garis atau biasa disebut “terdistorsi” umumnya disebabkan karena beberapa hal. Diantaranya ialah layar pernah terbentur benda keras, pernah terjatuh, kerusakan pada kabel LVDS di papan controller dan papan bord, ataupun kerusakan pada panel itu sendiri. Untuk mengatasinya, kalian bisa mencoba melakukan beberapa pemeriksaan yakni:

  • Kabel LVDS pastikan tidak longgar.
  • Reset PCB yang ada di papan controller.
  • Soket kabel LVDS pastikan tidak bermasalah.

Baca Juga :

b) Layar Gelap namun Suara Normal

Kerusakan semacam ini sering ditemui pada TV LCD yang sudah tua sehingga panel LCD sudah rusak yang ditandai dengan tidak mampu menampilkan gambar lagi. Namun kondisi ini juga bisa diakibatkan dari beberapa hal, berikut diantaranya:

  • PSU bagian backlight inverter rusak.
  • IC Driver inverter yang bermasalah.
  • Lampu CCPL putus.

c) Layar LCD Blang Putih atau Hitam

Terkadang layar akan tetap nyala dan mengeluarkan cahaya namun hanya menampilkan cahaya gelap atau putih tanpa ada gambar apapun yang terlihat. Kondisi semacam ini seringkali terjadi pada layar tipe LCD dan sangat jarang ditemui di versi LED. Berikut beberapa hal yang menyebabkan masalah ini:

judul gambar
  • Kerusakan PSU dan jalur koneksinya
  • Kapasitor elektroli yang bermasalah.
  • Sekering pico yang terputus.
  • Kabel LVDS yang rusak, putus, atau tidak tersambung.

Harga Ganti LCD TV Polytron berbagai Tipe

Setelah tahu jenis-jenis kerusakannya, sekarang kita lanjutkan ke pembahasan utama seputar harga ganti LCD TV Polytron beserta dengan biaya servicenya berikut ini.

No. Jenis Perbaikan Harga
1. Biaya Pengecekan Rp50.000
2. Biaya Service Rp150.000
3. Ganti LCD 19 Inch Rp700.000
4. Ganti LCD 24 Inch Rp1.000.000
5. Ganti LCD 32 Inch Rp1.600.000
6. Ganti LCD 42 Inch Rp2.500.000

Keterangan:

  • Biaya pengecekan merupakan biaya yang ditetapkan oleh jasa teknisi untuk mengecek kondisi layar melalui pembongkaran TV secara total. Biaya ini hanya akan ditarik apabila pihak teknisi tidak sanggup memperbaiki TV tersebut atau jika ada alasan lain yang mendasarinya.
  • Biaya service tersebut merupakan biaya umum yang diterapkan di perkotaan seperti daerah Jabodetabek. Harga tersebut meliputi biaya service lengkap namun belum termasuk pembelian komponen. Jadi, misalkan LCD rusak dan bisa diperbaiki maka kalian hanya membayar biaya service dan biaya komponen tersebut.
  • Penggantian LCD memiliki harga yang beragam sesuai dengan tipe masing-masing TV serta merk layar yang digunakan. Beberapa teknisi ada yang menggunakan layar OEM buatan Polytron asli namun ada juga yang menggunakan merk layar buatan lain yang sesuai dengan spesifikasinya.

Baca Juga :

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan seputar harga ganti LCD TV Polytron 32 inch dan biaya servicenya. Semoga bermanfaat!

judul gambar

Leave a Reply

Your email address will not be published.