Diagram Timer Mesin Cuci 3 & 6 Kabel

2 min read

diagram timer mesin cuci 6 kabel

Hometronik.web.id — Timer dengan 6 kabel biasanya diperuntukkan bagi mesin cuci yang dilengkapi dengan motor drain. Memahami diagram timer mesin cuci 6 kabel dan mengubah timer mesin cuci 6 kabel jadi 3 kabel bisa dilakukan dengan mudah. Misalnya pada timer mesin cuci sanken 6 kabel.

Diagram Timer Mesin Cuci 6 Kabel
Diagram Timer Mesin Cuci 6 Kabel

Kamu tidak perlu menjadi teknisi berpengalaman untuk melakukannya. Kamu hanya memerlukan ketelitian dan ketelatenan untuk mempelajari diagramnya. Setelah itu kamu bisa mempraktekkannya dengan mengikuti langkah-langkah yang akan kita pelajari berikut ini.

Baca Juga : Jalur Kabel Mesin Cuci 2 Tabung

Memahami Diagram Timer Mesin Cuci 6 Kabel

Timer yang menggunakan 3 kabel biasanya ada pada mesin cuci 2 tabung yang tidak memiliki motor drain. Mesin cuci ini tidak memiliki fitur mode putaran cepat dan lambat yang dapat diatur sesuai jenis cucian yang akan dicuci. Jadi kenop drain digunakan hanya untuk menutup atau membuka saluran drainage atau pembuangan air pada mesin cuci.

Selain untuk membuka atau menutup saluran pembuangan air, motor drain selector memuat pengaturan mode pencucian yang menentukan cepat/kuat atau lambat putaran mesin saat mencuci. Nah, mesin cuci yang memiliki fitur ini memiliki 6 kabel pada timer yang disambungkan pada motor drain. Jika kamu ingin merangkai mesin cuci bekas dengan instalasi baru, maka ikuti pembahasan berikutnya.

Merangkai Instalasi Mesin Cuci

Untuk merangkai instalasi mesin cuci, kamu perlu memahami cara kerja mesin cuci. Mesin cuci 2 tabung memiliki masing-masing 1 motor yang berfungsi untuk mencuci dan mengeringkan. Motor untuk mencuci atau wash motor menggerakkan mesin dengan putaran ke kanan dan ke kiri yang fungsinya dikendalikan oleh sebuah timer. Kecepatannya pun bisa diatur sesuai dengan jenis cucian menjadi lambat atau cepat/kuat. Fitur ini terdapat pada mesin cuci dengan jenis timer yang memiliki 6 kabel.

Merangkai Instalasi Mesin Cuci
Merangkai Instalasi Mesin Cuci

Tabung lainnya pada mesin cuci adalah tabung pengering. Tabung ini memiliki 1 motor yang disebut spin motor yang bergerak 1 arah. Tabung dibuat berlubang seperti keranjang dan kecepatan diatur sangat cepat agar pakaian bisa setengah kering. Fungsinya seperti kita memeras pakaian sebelum dijemur. Perhatikan diagram berikut ini.

judul gambar
Skema Rangkaian Mesin Cuci
Skema Rangkaian Mesin Cuci

Skema rangkaian mesin cuci ini pun terdapat pada bagian belakang bodi mesin cuci yang dilengkapi dengan komponen sambungan kabel dan warnanya untuk memudahkan perbaikan.

Artikel Terkait :

Merangkai Timer dengan 6 Kabel

Ada perbedaan panjang kabel pada timer mesin cuci dengan 6 kabel. Ini bertujuan untuk memudahkan kamu memasangnya. 3 kabel yang pendek disambungkan dengan spin motor sedangkan sisanya yang panjang disambungkan pada kapasitor dan jalur listrik.

Merangkai Timer dengan 6 Kabel
Merangkai Timer dengan 6 Kabel

Titik hitam pada gambar adalah sambungan kabel. Timer wash pada gambar memiliki 3 kabel pendek yang terdapat 3 titik sambungan pada spin motor. Ada 2 lagi kabel terpisah di bagian paling atas yang akan disambungkan pada jalur listrik.

Kabel abu-abu pada wash timer menyambung pada kabel pada spin motor dengan warna yang sama. Sementara kabel hijau dan coklat tua pada spin motor disambungkan pada 2 kabel pendek selebihnya.

Berikutnya ada 3 kabel panjang pada timer mesin cuci, yang coklat akan disambungkan ke jalur listrik AC bersama kabel listrik dari dinamo pencuci. Dengan demikian sisa 2 kabel panjang yang belum tersambung. Salah satu dari sisa 2 kabel ini akan disambungkan dengan kapasitor. Penyambungan kabel ini tidak masalah jika terpasang bolak-balik.

Ketahui :

Diagram timer mesin cuci 6 kabel di atas bisa kamu gunakan sebagai panduan untuk mengubah timer 6 kabel menjadi 3 kabel.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *